Suzuki Indonesia Resmikan Pabrik Keempat di Cikarang

Suzuki Cikarang 13

PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM) hari ini (29/05/2015) meresmikan pabrik barunya di Kawasan Industri Greendland International Industrial Center (GIIC) Blok AC No.1 Kota Deltamas, Cikarang Pusat – Bekasi, Jawa Barat. Selain memiliki fasilitas perakitan mobil, pabrik keempatnya ini juga memproduksi mesin dan transmisi mobil dengan total investasi sebesar US$ 1 Milliar.

Pabrik ini adalah pabrik perakitan mobil PT. SIM yang ke-2 setelah Tambun Plant 2, Jl. Raya Diponegoro Km, 38,2 Tambun-Bekasi, Jawa Barat, serta pabrik produksi engine/ mesin dan transmisi ke-2 setelah Cakung Plant, Jl. Raya Penggilingan, Jakarta Timur.

Berdiri diatas luas tanah 130,7 Hektar/ 1.307.000 m2 dan luas bangunan 11 Hektar, pabrik baru PT. SIM di Cikarang ini merupakan pabrik terluas dan terbesar diantara pabrik – pabrik yang dimiliki PT. SIM di Indonesia saat ini.

Pabrik yang memiliki berbagai fasilitas dengan teknologi terkini dan modern dengan mengikuti standar global prinsipal Suzuki Motor Corporation Japan, hari ini tepat tanggal 29 Mei 2015 dilakukan seremoni peresmian oleh Osamu Suzuki – Chairman Suzuki Motor Corporation (SMC), Japan, Subronto Laras – Komisaris PT.SIM, Shuji Oishi – President Director PT. Suzuki Indomobil Motor & PT. Suzuki Indomobil Sales beserta jajaran manajemen PT.SIM/SIS, serta dihadiri oleh para pejabat tinggi negara, diantaranya Rahmat Gobel – Menteri Perdagangan RI dan Yasuaki Tanizaki – Duta Besar Jepang untuk Indonesia.

“Suzuki hari ini telah membuktikan komitmen investasi nya di Indonesia dengan diresmikannya pabrik mobil baru PT. Suzuki Indomobil Motor di GIIC Cikarang. Di pabrik baru ini, kami PT. SIM akan memenuhi kebutuhan industri otomotif dengan mengembangkan dan menghasilkan produk – produk berkualitas lebih baik yang berstandar global demi memenuhi kebutuhan pasar nasional dan ekspor serta pelanggan Suzuki saat ini dan kedepan. ” ujar Shuji Oishi selaku President Director PT. SIM.

Suzuki Cikarang 01

Pabrik PT. SIM Cikarang didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas produk kendaraan roda empat bagi pasar otomotif nasional/ domestik dan ekspor. Pabrik yang menyerap tenaga kerja dengan total jumlah ± 1.152 orang ini memiliki areal yang terbagi menjadi 2 (dua) bangunan dengan 2 (dua) proses produksi, yaitu:

1. Power Train Production:
– Luas bangunan : 35.200 m2
– Jumlah karyawan: 484 orang
– Proses yang terdapat di dalam Power Train Production meliputi :
Engine : Casting, Machining, Assembling
Transmisi : Casting, Forging, Machining, Assembling

2. Assembly Production
– Luas bangunan : 71.050 m2
– Jumlah karyawan: 668 orang
– Proses aktifitas dalam Assembly Production meliputi:
Pressing, Welding, Painting Body, Resin, Seat, Assembling, Final Inspection

Pabrik yang memiliki kapasitas 106.000 unit / tahun ini dilengkapi dengan mesin dan robot berteknologi terkini dan modern. Teknologi robotic tersebut yang menjadi keunggulan dari pabrik PT. SIM Cikarang sehingga dapat melakukan proses kerja lebih akurat, efektif dan efisien, serta keunggulan lainnya adalah pabrik ini juga memiliki fasilitas Forging (membuat Gear sendiri) dan Seat (membuat Jok mobil).

Ertiga dan Karimun Wagon R

Untuk saat ini, pabrik PT. SIM Cikarang memproduksi produk mobil Ertiga seluruh tipe untuk pasar domestik (Indonesia) & ekspor (Thailand & Brunei), dan mesin/ engine Ertiga (K14B / 1.400cc) & Karimun Wagon R (K10B/ 1.000cc), serta transmisi kendaraan roda empat (untuk pasar nasional & ekspor ke Thailand, Pakistan), namun untuk kedepan akan memproduksi tipe – tipe produk mobil baru Suzuki.

Untuk melengkapi hasil produksi lebih sempurna, maka pabrik ini dilengkapi juga dengan High way test track. Untuk menguji produk mobil yang telah keluar dari proses final inspection. Selain fasilitas produksi, pabrik ini dilengkapi juga dengan fasilitas bagi karyawan, seperti fasilitas ibadah (mesjid), kantin, dan poliklinik.

Suzuki Cikarang 21

Please follow and like us:

Leave a Reply