HTML Jadi Pelopor Tertib Berlalu Lintas?

423693_419614171428740_597501569_n
14 Desember 2009
. Betulkah komunitas HTML menjadi pelopor tertib lalu-lintas? Hm.. secara jujur rasanya terlalu berat jika HTML mau menjawab pertanyaan ini. Buktinya dilapangan masih ada saja beberapa pelanggaran-pelanggaran yang kerap dilakukan oleh member HTML  sendiri, walaupun yang bersangkutan sudah pakai stiker resmi HTML atau NRA HTML (red=nomor anggota resmi).

Sebut saja salah satu contoh jenis pelanggaran, yaitu masih ada bikers  HTML yang yang pakai sirene dan lampu strobo, meskipun secara jelas UU Lalu Lintas Angkutan Jalan (UU LLAJ) No. 22 Tahun 2009 telah mengatur siapa saja yang berhak memakai peralatan tersebut. Belum lagi pelanggaran etika berkendara sepeda motor secara kelompok/konvoi yang sering menimbulkan kesan buruk atau negatif di mata masyarakat umum.

Namun demikian, sebenarnya inilah tantangan terberat dari sebuah klub atau komunitas motor yang semakin eksis dan populer, bahkan jika sudah dikenal luas oleh masyarakat. Mereka belum bisa terbebas atau bersih dari berbagai pelanggaran,  dan pelanggaran itu memang selalu terjadi dalam banyak faktor. Namanya seorang bikers, ia juga adalah seorang manusia, apalagi kalau ia sudah berada didalam satu kelompok besar klub/komunitas maka sikap ego dan arogansi cenderung muncul dengan sendirinya.

Sebuah nama klub/komunitas motor yang sudah makin besar, maka sering kali indentitas ‘kebesaran’ ini dipakai oleh para anggotanya untuk menunjukkan arogansi berkendara motor di jalan umum. Hal ini terjadi bukan saja di dalam tubuh HTML (Honda Tiger Mailing List), tetapi juga terjadi hampir di semua jajaran klub/komunitas motor dengan berbagai merek motor mulai dari kelas moge HD hingga sampai motor bebek.

Nah.. bagusnya disini, komunitas HTML sudah menyadari sepenuhnya soal berbagai pelanggaran lalu lintas yang terjadi di masyarakat pengguna sepeda motor. Demikian pula HTML juga sadar dengan kebiasaan buruk yang sering terjadi di kalangan internal HTML sendiri.

Berangkat dari persoalan ini, maka HTML telah menetapkan soal aturan dan kampanye atau sosialisasi program safety riding dalam berkendara motor yang sudah dimulai sejak tahun 2003/2004 yang lalu. Sejak saat itu HTML sudah membentuk sebuah divisi khusus yang disebut dengan HTML Safety Riding Team (HSRT).

Proses soliasasi soal teori dan praktek aman berkendara motor dan pemahaman tentang isi dari UU LLAJ sudah dimulai oleh divisi HSRT ketika para anggota mendaftar di milis HTML (honda-tiger@yahoogroups.com), kemudian saat kopdar, dilanjut dengan touring, serta pada saat mereka ingin mendapatkan NRA HTML melalui training dan coaching khusus dari HSRT.

Bro ‘Idhoy’ mewakili BOS HTML periode 2009-2011 pada pembacaan deklarasi di puncak acara Ultah HTML ke-9 di Bandung (Sabtu, 12/12/09) menegaskan kembali bahwa, HTML adalah komunitas pengendara motor Honda-Tiger dari kalangan profesional muda, memiliki intelektual, dan memiliki perhatian tinggi dalam menumbuhkan budaya aman dan sopan bagi pengendara motor di jalan raya.

Maka dari itu HTML di hari ultah-nya yang ke-9 perlu mengingatkan kembali dan bersama-sama mengajak seluruh masyarakat, serta seluruh anggota HTML diseluruh Indonesia untuk dapat menciptakan budaya lalu-lintas jalan raya yang aman, sopan dan ramah lingkungan, dengan 3 dasar motivasi:

  1. Menjalankan amanah Keluarga, dalam hal ini orang-orang di rumah
  2. Menjalankan amanah Anggota, dalam hal ini forum Sarasehan HTML
  3. Menjalankan amanah Bangsa, dalam hal ini UU Lantas 22/09

Usai pembacaan deklarasi diatas adalah acara simbolis pencopotan  semua peralatan sirene dan lampu strobo yang dilakukan oleh bro Dinar selaku founder HTML dengan NRA HTML 001. Peristiwa ini disaksikan oleh para member HTML, maupun tamu yang hadir di lokasi acara ultah HTML di Bandung. Semoga hal ini menjadi contoh dan diikuti oleh semua bikers di seluruh Indonesia!

Kesimpulan penulis:

Sebaiknya lepaskan atau copot semua peralatan sirene dan strobo dari sepeda motor sekarang juga! Ikuti semua aturan UU Lalu Lintas Angkutan Tahun 2009 serta UU yang terkait dengan lalu-lintas.

Yakinkan pada diri kita sendiri bahwa kita sendirilah yang menjadi pelopor tertib lintas. Tidak usah menunggu siapa yang jadi pelopor soal tertib lalu-lintas, hanya perlu dimulai oleh satu orang saja, yaitu diri kita sendiri. Itu saja  sudah sangat baik!

PHOTO GALLERY

9 thoughts on “HTML Jadi Pelopor Tertib Berlalu Lintas?

  1. Kasihan motornya dikeroyok rame-rame …

  2. padahal terdengar ada teriakan.. bakar! tapi untung masa HTML terkendali..
    yg pasti aksi pelepasan sirene/strobo berlangsung dgn damai.. :shakehand2

  3. Wakakakakakaka, nasibnya B.O.S Selatan, kok ya masih pake strobo. Kalo mau dibakar, sebaiknya jenggot kepangnya aja *garuk-garuk kepala*

  4. Memang sebaiknya menaati perauran lalu lintas yang sudah diterapkan, sukses ya buat HTML…

  5. Baru saja artikel ini sedikit di revisi sekaligus menambah text. Harap maklum.

  6. ayo patuh ama UU yang berlaku…

  7. HTML gito lho xixixixi

    wahh . . .asikk ada emoticonnya..nyobain ahh

    Pak iksa . . . . Stefen
    :ngacir2 :tkp

    waaa..lucuuu

    :alay

  8. @taufik..
    :cd:

Leave a Reply