Launching MICHELIN Pilot Road 4, Ban Radial Sport Touring

IMG_9606

 

Untuk  memenuhi kebutuhan konsumen di segmen sport touring, PT Michelin Indonesia (MICHELIN) hari ini memperkenalkan ban radial terbaru yaitu MICHELIN Pilot Road 4. Acara perkenalan ban baru Michelin tersebut berlangsung di salah satu cafe di kawasan Kemang, Jakarta Selatan yang dihadiri sejumlah awak media. 

Country of Sales & Marketing 2Wheels Division PT Michelin Indonesia, Bayu Surya Pamugar Sugeng mengatakan, “Saat ini, Pilot Road 4 merupakan ban radial terbaik Michelin di segmen sport touring saat ini. Pilot Road 4 merupakan hasil penyempurnaan dari produk Pilot Road sebelumnya yang sudah diakui kualitas dan performance di segmen sport touring”.

Pilot Road 4 dirancang untuk penggunaan di jalanan dalam kota maupun lintas kota. Dengan teknologi XST+, produk ban ini merupakan jenis ban yang paling mumpuni untuk kegiatan touring di jalanan licin basah maupun basah. Hasil tes internal yang dilakukan oleh lembaga independen, Dekra Test Center pada tahun 2013 mencatat, Pilot Road 4 dapat berhenti 24% lebih cepat di jalanan licin basah dan 17% lebih cepat pada permukaan jalan yang basah, dibandingkan kompetitor ban kelas dunia lainnya.

​Mengusung teknologi radial terbaru, Pilot Road 4 di desain dengan kontruksi yang mampu memberikan daya cengkeram lebih kuat dan usia pakai 20% lebih lama ketimbang produk sebelumnya.

Fungsi dari sebuah ban menjadi hal utama bagi Michelin, untuk Pilot Road 4 hal ini bisa dilihat dari distribusi compound yang ada dari ban dimana semua disesuaikan dengan fungsi antara ban depan sebagai penunjang daya cengkram kendaraan dan ban belakang untuk menunjang kestabilan dalam kondisi jalan yang ekstrim.

IMG_9545

konbinasi antara ketahanan di bagian tengah dan daya cengkeram di bagian sisi

 

Dengan keunggulan Pilot Road 4, MICHELIN ingin mengajak para bikers di Indonesia merasakan pengalaman berkendara dengan ban radial berkualitas terbaik.

Sejak menjadi distributor tunggal pemasaran ban roda dua di Indonesia pada akhir tahun 2012, MICHELIN Indonesia telah memperkenalkan sejumlah ban radial seperti MICHELIN Pilot Street Radial dan MICHELIN Pilot Power 3. Sebagai pemimpin pasar dalam teknologi radial di dunia, MICHELIN telah membuktikan bahwa ban radial mampu memberikan jaminan keselamatan dan kenyamanan berkendara yang lebih baik.

“MICHELIN bangga dapat menjadi bagian dari upaya peningkatan keselamatan dan keamanan berkendara di Indonesia melalui penggunaan ban radial. Kami berharap kehadiran MICHELIN Pilot Road 4 dapat merespons permintaan pasar, khususnya para bikers di Indonesia terhadap ban berkualitas tinggi di segmen sport touring,” kata Bayu Surya pada peluncuran Pilot Road 4 di Kemang, Jakarta, Jumat (10/4).

Hadirnya Pilot Road 4 merupakan langkah strategis MICHELIN dalam merespon tingginya pertumbuhan motor sport di Indonesia. Data Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat bahwa penjualan motor sport di Indonesia pada tahun 2014 mencapai 1,10 juta unit dengan pangsa pasar 13,99% terhadap total penjualan motor nasional.

Sementara lima tahun lalu (2009), pangsa pasar penjualan motor sport baru 8,07% dengan penjualan sebanyak 474.538 unit. Peningkatan populasi motor sport di Indonesia yang terus membesar ini sejalan dengan bertambahnya jumlah kelas menengah baru yang memiliki daya beli yang semakin tinggi.

“Motor sport telah menjadi bagian gaya hidup masyarakat kelas menengah Indonesia yang terus bertambah besar. Sebagai produsen ban terdepan di dunia, MICHELIN ingin menjadi bagian penting perubahan di Indonesia dengan menghadirkan ban radial yang terbukti memiliki tingkat keamanan dan kenyamanan yang lebih baik,” ujar Bayu.

Menurut Bayu, perbedaan utama antara ban radial dan bias terletak pada kontruksinya. Pada ban radial kontruksinya menggunakan lapisan serat baja, sementara ban bias memakai serat nilon. Perbedaan kontruksi tersebut memiliki dampak yang sangat signifikan pada ban.

Pertama, saat beradu dengan jalan, dinding ban radial yang fleksibel mampu mencengkram dengan erat. Tapak ban yang lebar membuat daya cengkram semakin kuat pada sudut yang lebih kecil, terutama ketika berbelok.

Kedua, tekanan pada area kontak permukaan ban radial dengan jalan terdistribusi dengan baik, hal ini akan menghasilkan gesekan yang merata pada permukaan ban. Sehingga usia pakai bisa lebih lama.

Ketiga, ban radial memberikan tingkat keamanan pada kecepatan tinggi, karena sisi ban dapat meredam tekstur permukaan jalan. Keempat, lapisan kawat yang terjalin secara bersambung diseputar puncak terluar ban membuat ban radial saat dipacu dengan tetap stabil dan tahan lama.

Untuk menjangkau pasar, saat  ini MICHELIN  memiliki enam distributor utama yang mampu mendistribusikan produknya merata ke seluruh Indonesia. Didukung oleh lebih dari 500 toko yang tersebar luas untuk membantu distribusi ban sepeda motor.

Semua produk MICHELIN Pilot Road 4 tersedia dalam jenis tubeless dengan ukuran 120/60 R17 dan 120/70 R17 untuk ban depan, dan 160/60 R17, 180/55 R17 dan 190/50 R17 di Indonesia mulai Maret 2015.

*Dekra Test Center tahun 2013

Daftar harga ban Michelin Pilot Road 4 (per April 2015) yang beredar dipasaran sebagai berikut:

  • 120/60-17 FTL Rp. 1.350.000
  • 120/70-17 FTL Rp. 1.390.000
  • 150/70-17 RTL Rp. 1.750.000
  • 160/60-17 RTL Rp. 1.790.000
  • 180/55-17 RTL Rp. 1.950.000
  • 190/50-17 RTL Rp. 2.090.000
Please follow and like us:

3 thoughts on “Launching MICHELIN Pilot Road 4, Ban Radial Sport Touring

  1. […] touring dari Bandung ke Paris, menggunakan ban Michelin Pilot Road 4. Hal ini terungkap dalam acaralaunching MICHELIN Pilot Road 4 sebagai ban radial khusus untuk motor kelas Sport […]

  2. […] 4) dipasarkan oleh PT Michelin Indonesia (MICHELIN) yang telah diperkenalkan kepada publik pada 10 April 2015. Ban ini memang ditujukan kepada sepeda motor sport touring premium, namun bisa juga digunakan […]

  3. […] Indonesia. Ban ini secara resmi diluncurkan oleh PT Michelin Indonesia pada bulan April 2015 lalu (artikel launching) dan faktanya sudah banyak pemilik moge berbagai klub maupun privateer yang sudah […]

Leave a Reply