Komunitas Korea Otomotif Indonesia (KOI) Goes To Bangkok

KOI_003

 

Komunitas pengguna mobil Korea di Indonesia yang tergabung di Korea Otomotif Indonesia (KOI), pada tahun 2015 ini melakukan kegiatan internasional yakni melihat langsung pameran International Bangkok Motor Show. Pameran otomotif di Bangkok ini sudah memasuki umur ke-36 dan merupakan event otomotif terbesar No.5 di dunia.

Kegiatan international ini sendiri sudah dilakukan oleh KOI semenjak tahun 2012 hingga 2015 kemarin, dimulai pada  tahun 2012 melakukan kunjungan ke Hyundai dan KIA Singapura termasuk melihat outlet shop spare part dan accessories. Tahun 2013 melakukan kunjungan ke Hyundai dan Pabrik perakitan KIA di Malaysia.

Kemudian pada tahun 2014, KOI melakukan kunjungan ke Hyundai dan KIA Ho Chi Minh City, dan tahun 2015 melihat 36th International Bangkok Motor Show sekaligus wisata Kuliner, Belanja, Pariwisata dan kawasan Toko Spare part.

Kegiatan International tahun ini dilakukan antara 31 Maret – 3 April 2015, dengan total peserta 24 orang termasuk kesemua 3 Founder KOI, yang terdiri dari anggota resmi KOI dan Keluarga yang berdomisili dari Jakarta, Bekasi, Bogor, Gunung Putri, Tangerang Selatan, Cilegon. Mereka ini adalah pengguna Hyundai Atoz, i10, Accent, Grand Avega, Getz, i20, Trajet, Tucson, New Tucson, New Santa Fe, H1 dan KIA Visto, Pride, Carnival, Sportage 1, Sportage II, All New Sportage

Tujuan dari kegiatan ini adalah menambah wawasan Industri Otomotif dari anggota KOI, sehingga diharapkan anggota KOI dapat mengikuti perkembangan industri Otomotif Mobil Korea di luar Indonesia secara langsung dan nyata maupun industri otomotif lainnya pada umumnya.

Berikut ini cerita yang disampaikan oleh Don Azwar member Korea Otomotif Indonesia  (KOI 004) kepada redaksi StephenLangitan.com:

Setibanya di Bangkok, kami langsung check in di hotel yang kemudian makan siang bersama. Acara dilanjutkan dengan wisata mall, mulai dari Mall MBK, Mall Paltinum, Mall Siam Center/Paragon/ Square.

Pada pada malam harinya kami berwisata di Night Market yang berlokasi di Pratunam Market, Siam Market dimana Night Market baru dibuka pukul 19.00 hingga tengah malam. Night market disini khusus menjual berbagai pakaian, accessories untuk pakaian, street food. Tak lupa kami juga mencoba makanan khas Thailand, antara lain Spicky Rice  Mango (Mangga Ketan), Nasi ketan Durian, Cemilan Serangga Goreng, dan sebagainya.

Hari berikutnya kami menuju 36th International Bangkok Motor Show (IBMS) yang berlokasi di Impact Hall, tiket masuk yang ditawarkan cukup murah hanya sekitar 100Bath = Rp. 40.000 – 41.000/orang. Dan pada pameran tersebut tidak hanya mobil melainkan ada motor, accessories kendaraan hingga mobil modifikasi dari kreatifitas anak-anak muda Bangkok.

Bisa dikatakan stand-stand mobil yang ada di IBMS lebih besar dari pada yang terdapat di IIMS dan kami pun menyempatkan mampir ke stand Hyundai. Di Bangkok untuk kendaraan Korea tidak terlalu banyak pemakainya namun terlihat Hyundai Bangkok lebih agresif mendatangkan kendaraan seperti Hyundai Tucson 2.0 4WD, Elantra Sporty, H-1 dan Veloster. Untuk Hyundai Elantra Sporty yang ditampilkan pada stand disana dengan kapasitas mesin 1.8Mpi, inline 4 DOHC 16V D-CVVT VIS, 6 speed AT, tehnologi Euro4, Velg R17, LED Light Guide,Engine Start Button, Steering Remote Audio for Mobile Phone and Head Unit Audio dengan Warranty 3 tahun/100.000 KM

Selanjutnya kami cukup kaget dan terkesima dengan adanya stand mobil SSyangyong yang mana mobil Ssyangyong ini merupakan keluaran Korea namun keberadaannya sendiri di Indoneisa sudah tidak ada. SSyangyong hadir dengan SUV Stavic kapasitas 4 Baris.

Berikutnya kami mencoba mencari mobil Korea lainnya yakni KIA, namun sangat disayangkan KIA tidak ikut dalam pameran ini yang merupakan pameran No. 5 Terbesar di Dunia, sehingga kami lanjutkan perjalanan kami di IBMS ke hall accessories dan kendaraan modifikasi untuk melihat ragam accessories yang dijual pada saat pameran dan modifikasi kendaraan.

Kegiatan kami lanjutkan ke Huang Road dimana kawasan tersebut merupakan kawasan toko spare part beserta Mall Spare part dan accessories. Luar biasa kawasan ini melebihi Jakarta sekitarnya dan Ho Chi Minh City. Dikawasan ini kami dapat melihat tumpukan kardus ditrotoar jalanan dimanas isi-isi kardus adalah spare part mulai dari fast moving, body parts seperti kaca, bagasi dan bagian bagian casis kendaraan

Hari ketiga di Bangkok kami menuju Madam Tussaud, dimana para peserta dari KOI ingin berselfie ria dengan tokoh idolanya. Patung yang tokoh Negara Mulai dari Ir Soekarno hingga Doraemon terdapat disin.

Kami juga mencoba beragam transportasi yang ada, mulai dari BTS (kereta diatas). MRT (kereta bawah tanah), Taksi Meter, hingga transportasi khasnya yakni Tuk tuk dan Water Boat.

Sebagai wisatawan dengan menggunakan BTS biaya yang ditawarkan cukup menarik yakni hanya 130Bath yang setaran dengan Rp. 52.000 – 53.000 untuk penggunaan 1 hari = 24 Jam, mau naik dan turun diberapa pun Station BTS tidak ada masalah. Namun untuk menggunakan seperti Taxi Meter ataupun tuk-tuk harus pintar menawar karena memang tariff yang ditawarkan cukup fantastis.

Wisata kami lanjutkan ke Wisata Budaya diantaranya Wat Arun yakni candi-candi, Wat Pho Patung Budha, Wat Phra Kaew yakni Kuil tempat sembahyang dan Grand Palace istana Kerajaan yang mana keluarga dari Raja Thailand masih tinggal disana

Hari terakhir kami menyempatkan untuk ke Government Shop Game Stone yang menjual batu cincin mulai dari safir, opal, ruby yang berlokasi di sekitar National Monumen Bangkok. Namun sayang sekali kami tidak diperkenankan untuk melakukan photo dikarenakan toko yang kami masuki tersebut konon merupakan langganan dari Pemerintah Thailand apabila ada tamu Negara lain yang datang dibelikan batu cincin dari toko tersebut.

Walaupun kegiatan kami tidak menggunakan kendaraan namun itulah yang kami terapkan bahwa komunitas mobil tidak harus melakukan kegiatan yang membawa mobil terus, namun ilmu yang kami dapatkan dapat berguna bagi para anggota KOI. Walalupun rasanya cuaca di Bangkok terasa lepih panas dari Jakarta, namun antusias dan kepuasan terdapat disemua peserta … sampai berjumpa di kegiatan KOI International berikutnya.

Untuk teman-teman pemerhati/ pemilik/ pengguna mobil Korea dimanapun berada yang ingin bergabung di keluarga besar KOI dengan menghubungi 085101272900 / Pin BB 2264A567/ Whatsapp+628987765438 atau email koikoreamobil@yahoo.co.id

Please follow and like us:

Leave a Reply