Chevrolet Tampilkan Spark Generasi Terbaru di Seoul Motor Show 2015

Next-Gen SPARK 01

 

Chevrolet hari ini menampilkan Spark generasi terbaru, sebuah kendaraan mini yang sukses secara global dengan wujud baru dan lebih anggun di acara Seoul Motor Show 2015

Spark baru menawarkan performa dan perubahan lebih baik dengan tingkat keamanan dan konektivitas lebih tinggi. Sebagai salah satu mobil global Chevrolet, mobil ini akan tersedia di lebih dari 40 negara di seluruh dunia.

“Visi kami untuk Chevrolet adalah menjadi salah satu 10 brand teratas secara global. Untuk mencapainya, kita secara khusus menyasar kaum muda dengan fokus yang sesuai dengan mereka inginkan, pikirkan dan rasakan,” kata Tim Mahoney, Chevrolet Chief Marketing Officer. “Spark generasi terbaru memiliki ubahan total penampilan baik di bagian dalam dan luar, dibekali dengan teknologi baru yang menarik. Kendaraan ini mewakili kecanggihan dan ekspresi paling murni dari ungkapan Find New Roads.”

Spark terbaru berpenampilan lebih rapi yang dikarenakan ukuran wheelbase yang lebih panjang dan tinggi keseluruhan yang 40 mm lebih rendah dibandingkan model sebelumnya. Desain yang lebih pendek ini mengurangi hambatan aerodinamik untuk meningkatkan efisiensi. Headroom yang lega masih dipertahankan walaupun bentuk interior berubah.

Spark baru memiliki arsitektur yang lebih mumpuni, menjadikan kendaraan ini lebih nyaman untuk dikendarai. Struktur body yang lebih kokoh memungkinkan para insinyur untuk mengatur kenyamanan berkendara dan handling lebih baik untuk peningkatan kontrol. Selain itu, perubahan ini membuat kabin lebih senyap.

Next-Gen SPARK 02

“Pada intinya, all-new Spark masih merupakan mobil urban yang fun dan lincah yang populer semenjak generasi pertama. Namun, mobil ini sekarang menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan jauh lebih anggun,” kata Sergio Rocha, President dan CEO GM Korea. “Sebagai sebuah mobil global yang sebenarnya, proses desain dan rancang bangun all-new Spark dipimpin oleh tim kami yang luar biasa di GM Korea dengan melibatkan insinyur lain secara global.”

Fitur tambahan dan diperbaharui mencakup:

  • Mesin all-new Ecotec 1.0L tiga silinder yang ditawarkan dengan continously variable transmission manual C-TECH generasi terbaru;
  • Fitur keamanan safety termasuk  Forward Collision Alert, Lane Departure Warning dan Side Blind Spot Alert;
  • Chevrolet MyLink generasi terbaru dengan layar sentuh ukuran 7 inch;
  • Instrumen dot-matrix LCD yang lebih canggih ;

Desain yang Matang

Dengan tampilan kontemporer global Chevrolet yang mudah dikenali, all-new Spark memiliki perbedaan dengan desain yang lebih rapi dan anggun.

Ukuran tinggi atap yang lebih rendah mengurangi kesan mobil terlihat tinggi seperti mobil kecil kebanyakan. Sedangkan, pilar yang lebih kecil dalam bentuk yang lebih efisien – dengan kemudi yang masuk ke sisi fender – menciptakan penampilan mobil yang mengutamakan unsur-unsur penting dan kokoh.

Evolusi grille dual-port yang menjadi ciri khas Chevrolet diapit oleh lampu depan yang besar berbentuk elips,  menyapu hingga ke bagian fender depan. Lampu proyektor depan memiliki penampilan yang detil disertai dengan LED daytime running dan lampu senja. Tambahan ini membuat desain Spark tampak lebih anggun.

“Secara singkat, Spark berkembang,” kata Michael Simcoe, Vice President of Design GM International. “Desainnya mempertahankan sentuhan jiwa muda, namun merefleksikan kedewasaan dari sebuah mobil mini global dan keinginan pelanggan yang mendambakan kendaraan berdesain cantik dan kaya fitur.”

Mereka yang mencari pilihan warna sesuai dengan ekspresi individu akan terkesan dengan pilihan kombinasi fitur eksterior dan interiornya.

Next-Gen SPARK 03

Di bagian dalam, para desainer mengombinasikan tinggi atap yang lebih rendah disesuaikan dengan dimensi hip-point kursi, menjaga ruang headroom yang luas dan menawarkan kelegaan dengan posisi berkendara lebih nyaman.

Material yang lebih baik dan perhatian terhadap detil, termasuk kenyamanan bahan yang berkualitas lebih tinggi disertai kursi yang lebih padat untuk meningkatkan kenyamanan, keawetan dan keanggunan.

“Anda memiliki kenyamanan lebih baik diatasnya,” kata Simcoe.

“Desain panel instrumen baru dengan fitur LCD lebih canggih yang tersusun di bagian tengah untuk infotainment dan sistem kontrol suhu. Kombinasi warna dekorasi panel instrument yang menjadi ciri khas Spark diperbarui dengan blower AC berdesain trapezoid.

Sistem hiburan Chevrolet MyLink terbaru yang disematkan pada Spark menghadirkan layar sentuh warna kapasitif, dengan ikon antar muka yang mirip dengan smartphone dan perangkat elektronik lainnya. Seperti halnya smartphone, layar dapat digeser, dicubit (pinching) dan sentuhan jari lainnya yang mudah dan cepat.

Desain baru kontrol dan tombol volume suara mengurangi kompleksitas dan menambah kemudahan.

Menyenangkan untuk dikendarai sekaligus efisien

Spark generasi terbaru digerakkan oleh mesin kecil terbaru keluarga GM global yang menjadikan mobil ini memiliki performa kuat dan unggul dalam efisiensi.

All-new Spark mempunyai arsitektur yang lebih baik, sebagai dasar untuk sebuah pengalaman berkendara yang lebih baik,” kata Salvatore Basil, Executive Chief Engineer, GM Global Mini Vehicles. “Kepadatan tenaga dan efisiensi mesin Ecotec berkontribusi terhadap pengalaman berkendara yang lebih baik.”

Mesin baru Ecotec menghadirkan blok dan kepala silinder terbuat dari aluminium yang mengurangi keseluruhan bobot Spark untuk mendongkrak performa dan efisiensi. Kepala silinder juga menggabungkan sebuah exhaust manifold yang terintegrasi yang memangkas bobot lebih banyak. Perubahan ini menambah efisiensi kendaraan dan menambah keseimbangan bobot bagian belakang dan depan, sehingga menghasilkan performa lebih responsif.

Di Korea, all-new Spark akan ditawarkan dengan mesin bensin 1.0L generasi terbaru C-TECH dual-range continuously variable transmission. Penggunaan mesin ini memungkinkan adanya teknologi stop/start yang menambah efisiensi saat kerap mengemudi berhenti dan maju terutama di jalanan kota besar yang padat.

Tingkat keamanan yang semakin baik

Rancangan all-new Spark menghadirkan keamanan penumpang yang unggul di segmen mobil ukuran mini. Di tahun 2015, Spark menjadi “Top Safety Pick” yang dilakukan oleh Badan Asuransi untuk Keselamatan Jalan AS.

Struktur body yang lebih kuat menjadi inti dari cerita keselamatan all-new Spark dan merupakan pelengkap fitur keselamatan pasif dan aktif.

Sebagai tambahan, fitur aktif baru membantu para pengemudi untuk menghindari benturan lewat teknologi berbasis kamera yang akan memberi peringatan jika ancaman benturan akan terjadi. Teknologi ini termasuk Forward Collision Alert, Lane Departure Warning dan Side Blind Spot Alert.

All-new Spark juga akan tersedia di Korea dengan sistem kamera belakang dan sensor parkir belakang.

Diproduksi di Korea

All-new Chevrolet Spark akan diproduksi di pabrik GM di Changwon yang sudah meraih sejumlah penghargaan. Pabrik ini terdepan dalam pemanfaatan energi matahari untuk produksi yang berkelanjutan di Korea. Lebih dari 1 juta Chevrolet Spark sudah dijual di berbagi belahan dunia sejak tahun 2010.

Leave a Reply