Ferrari 488 GTB (Gran Turismo Berlinetta) mulai debutnya di Geneva Motor Show 2015

Ferrari 488-GTB_1

 

Memulai debutnya di Geneva Motor Show, Ferrari 488 GTB mengukirkan tolak ukur baru dalam ranah sports car. Empat puluh tahun sejak peluncuran Ferrari mid-rear-engined V8 berlinettaikonik yang pertama, yaitu model 308, Ferrari 488 GTB kini membuka babak baru dalam sejarah mobil dengan rancangan khusus ini.

Penghargaan atas pencapaian ini sepantasnya ditujukan pada solusi revolusioner milik Ferrari 488 GTB yang menghadirkan sebuah mobil terbaik di kelasnya terutama dalam hal power output (670 cv) dengan kecepatan mesin dan respon terhadap perintah hanya 0,8 dan 0,06 detik.

Akan tetapi, dibekali dengan kontrol mesin yang canggih dan dinamis, kekuatan yang besar ini tetap dapat dikendalikan sepenuhnya sekalipun dikemudikan secara maksimal oleh pengemudi dari segala tingkat kemampuan, sehingga menciptakan sensasi mengemudi unik yang hanya bisa dihadirkan oleh Ferrari.

Ferrari secara luas juga menerapkan keahlian yang didapat dari pengalamannya di Formula One dan endurance racing – teknologi yang telah mengantarkan pada kemenangan dalam dua edisi 24 Hours Le Mans dan gelar kejuaraan di WEC (World Endurance Championship) juga diterapkan pada mobil ini.

XX program juga menyumbangkan kontribusi penting dalam pengembangan mobil ini, para teknisi Ferrari berhasil memformulasikan suatu ilmu unik hasil pengamatan terhadap tingkat kedinamisan mobil ekstrim ini bila dikemudikan oleh pengemudi non profesional.

Angka 488 pada moniker mobil menunjukkan kesatuan perpindahan mesin (engine’s unitary displacement), sementara huruf GTB merupakan singkatan dari Gran Turismo Berlinetta, mengacu pada akar sejarah Ferrari.

Didesain oleh Ferrari Style Centre, setiap lekukan dari Ferrari 488 GTB merupakan rancangan yang benar-benar baru. Desain yang menonjolkan kesan sporty dari mobil tersebut namun tetap mempertahankan garis-garis klasik halus dan murni yang merupakan ciri khas dari gaya legendaris Ferrari. Perpaduan halus antara bentuk dan fungsi terlihat jelas dalam setiap detilnya. Elemen desain tertentu juga merupakan penghormatan nyata terhadap masa lalunya, tidak terkecuali gaya pada bagian sayap yang terinspirasi oleh 308 GTB.

Kekuatan ekstrim yang dibutuhkan oleh mobil ini dihantarkan oleh mesin turbo 3.902 cm3 yang dipasangkan dengan dual-clutch gearbox F1 bergigi tujuh, yang menampilkan Variable Boost Management yang secara optimal mendistribusikan torsi (maksimum 750 Nm pada gigi ketujuh). Ferrari 488 GTB menjamin performa penuh gairah yang benar-benar dapat dimanfaatkan sepenuhnya dalam kondisi mengemudi apapun ditemani dengan soundtrack yang dalam dan menggoda khas semua mesin Ferrari.

Aerodinamika revolusioner dari Ferrari 488 GTB ini menggabungkan solusi yang telah dipatenkan, seperti blown rear spoiler, dan fitur-fitur inovatif seperti underbody aerodinamis yang terdapat pada 458 GT dilengkapi dengan vortex generators. Hasilnya adalah tingkat efisiensi baru dari sebuah mobil Ferrari (E=1,67). Downforce meningkat hingga 325 kg pada 250 km/jam, yang sebagian disebabkan oleh alat-alat aerodinamika aktif yang mampu menurunkan drag dan dalam waktu yang sama menghasilkan downforce saat dibutuhkan.

Kendali mesin (Vehicle Control) dinamis dari Ferrari 488 GTB ini juga telah dikembangkan lebih jauh lagi. Kendali ini sekarang menggunakan versi baru dari Side Slip Control System (SSC2), yang, selain memadukan F1-Trac dsan E-Diff, juga mengendalikan peredam aktif. Semua ini menghasilkan respon yang lebih datar dan stabil pada saat Ferrari 488 GTB ini melakukan manuver kompleks, sehingga pengemudi yang bukan ahli pun dapat menikmati potensi mobil sepenuhnya, dan merasakan pengalaman mengemudi yang menakjubkan.

Ferrari 488 GTB memulai debutnya dalam balutan warna merah Rosso Corsa Met dengan cabin trim berbahan teknis warna hitam dan merah, dan warna abu Grigio Ferro Met dengan interior trim berbahan kulit berwarna hitam dan Beige Tradizione.

Dalam hal kinerja ekstrim, tahun ini dipamerkan juga F12 berlinetta yang merupakan mobil bertenaga terkuat dalam jajaran Ferrari, berkat mesin V12 bertenaga 740 cv dan rancangan transaxle. Mobil ini terus meraih sukses besar di seluruh penjuru dunia sehingga waktu tunggu pemesanannya mencapai lebih dari satu tahun di beberapa negara.

Dua versi dari F12 berlinetta yang dipamerkan di Jenewa, yaitu: versi pertama memamerkan livery dengan desain three-layer bergaya modern-tradisional khas Rosso Maranello dengan interior berbahan kulit dan carbon-fibre trim, dan yang kedua adalah Tailor Made yang merupakan penghormatan terhadap tim Ecurie Francorchamps, khususnya 250 GTO yang memenangkan Tour de France tahun 1964.

Mobil ini memiliki tampilan luar yang menawan berkat warna Argento Auteil yang sama seperti 250 GTO dengan tiga lapis garis balap melintang di kapnya. Berbicara tentang Tailor Made, program pribadi eksklusif Ferrari ini kini memiliki lebih dari 450 bahan baru yang telah disahkan untuk dapat digunakan pertama kalinya dalam dunia otomotif.

Melengkapi mobil-mobil sport ini, hadir pula model-model GT lainnya seperti: California T coupé-cabriolet dalam balutan two-tone Nero Sellato dan Grigio Brunio yang elegan dan dilengkapi dengan cabin Tortora yang berdampingan dengan model FF berfitur four-wheel drive dengan 4 tempat duduk berdesain Bianco Italia yang modern dan dilengkapi dengan Sterling interior.

Kedua model ini memiliki fitur CarPlay yang menghadirkan dengan cara sangat sederhana, aman, dan sangat menghibur untuk menggunakan iPhone di dalam mobil. CarPlay memiliki intuisi luar biasa dan mampu membantu dalam mengakses telepon, peta, musik, dan pesan melalui kontrol suara (voice control) atau sentuhan pada layar utama. Sistem ini tengah populer, terutama untuk model FF, dimana setengah dari para pemilik telah memesannya.

Dipamerkan juga mobil single-seater Formula One yang merupakan cerminan yang tepat terhadap keterkaitan Ferrari dengan ajang motorsport pada malam sebelum musim balap F1 yang baru.

Please follow and like us:

Leave a Reply