Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) ajak anak-anak ikut kontes karya menggambar

TDCAC 2

 

Sejak 2004, Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) telah diselenggarakan sebagai bagian dari inisiatif kontribusi sosial yang dilakukan oleh Toyota Group. TDCAC merupakan aktivitas global Toyota yang bertujuan untuk mengedukasi anak-anak tentang lingkungan melalui kontes menggambar.

TDCAC mengundang anak-anak di seluruh dunia untuk berbagi ide mengenai mobilitas masa depan dengan cara menggambar mobil impiannya. Setiap ide cemerlang berawal dari sebuah mimpi, dan Toyota berharap aktivitas ini dapat mendorong dan memelihara kreativitas anak-anak sebagai generasi penerus di masa depan.

Kontes ini terdiri dari dua tahap, yaitu national Contest (Tahap Nasional) dan World Contest (Tahap Internasional). Untuk tahap nasional, kontes akan diselenggarakan di masing-masing negara peserta yang berlangsung pada Februari 2015 (termasuk Indonesia), yang terdiri dari tiga kategori usia.

Kategori usia untuk kompetisi TDCAC ke-9 adalah sebagai berikut:

  • Kategori 1: anak-anak usia di bawah 8 tahun
  • Kategori 2: anak-anak usia 8­—11 tahun
  • Kategori 3: anak-anak usia 12—15 tahun

Dari ketiga kategori tersebut, juara dari masing-masing kategori berhak mendapatkan:

  1. Juara I: Rp 10.000.000
  2. Juara II: Rp 5.000.000
  3. Juara III: Rp 3.000.000
  4. Juara harapan bagi 5 pemenang : Rp 1.000.000/orang

Sementara itu, tiga peserta terbaik dari masing-masing kategori di atas secara otomatis akan diikutsertakan dalam kontes internasional yang diselenggarakan di Jepang pada Mei 2015, di mana dewan jurinya akan memilih juara dengan level:

  • Gold (1 orang juara dari tiap kategori)
  • Silver (2orang juara dari tiap kategori)
  • Bronze Award (3 orang juara dari tiap kategori)

Setelah melalui proses penyeleksian dari 2.626 karya yang masuk ke panitia TDCAC, tiga karya terbaik di masing-masing kategori usia sudah terpilih sebagai juara, sedangkan 5 karya lainnya terpilih sebagai juara harapan.

Para pemenang di kategori 1, yaitu kelompok umur di bawah 8 tahun, terdiri dari Amanda Dewi Nasya dari Serang, Rhyver Bhanoea Jees dari Jakarta, dan Tiara Mahardhika dari Magelang.

Para pemenang di kategori 2, yaitu kelompok umur 8—11 tahun, terdiri dari Kiddya Fastabiul dari Semarang, Zeva Su’azra dari Lampung, serta Fabian Jonathan dari Tangerang.

Sementara itu, para pemenang di kategori 3, yaitu kelompok umur 12—15 tahun, terdiri dari Grace Timothy dari Bogor, Fatahillah Faisal dari Semarang, dan Leas Anggara dari Bantul.

Adapun, lima pemenang harapan terdiri dari Celine Lasmana dari Jakarta, Juan Edwin Kusmartin dari Jakarta, Marvel Primananda dari Purwokerto, Evelyn Giovanie dari Jakarta, dan Naila Rizka Salsabila dari Kudus.

Dengan begitu, 9 orang pemenang dari Indonesia akan berkompetisi dengan juara dari tingkat global untuk mendapatkan kesempatan bagi 18 juara yang akan terpilih untuk hadir menerima penghargaan di Jepang pada September 2015 nanti.

Pada TDCAC yang memasuki penyelenggaraan ke-9, program ini bertujuan untuk mewadahi generasi muda untuk mengembangkan bakat seni dan sekaligus apresiasi bagi karya dan ide anak-anak Indonesia, mengenai kendaraan masa depan.

Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Suparno Djasmin, menyebutkan bahwa aktivitas CSR Toyota Indonesia berpedoman pada empat pilar, yaitu Lingkungan, Pendidikan, Keselamatan Berkendara, dan Pengembangan Masyarakat.

TDCAC ini, menurut Suparno Djasmin, diharapkan dapat menjadi sarana untuk memberikan edukasi tentang lingkungan kepada anak-anak, sebagai ajang untuk saling berbagi ide mengenai mobil impian masa depan, serta meningkatkan skill dan memelihara kreativitas mereka sebagai generasi penerus bangsa.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung penyelenggaraan  TDCAC. Tak lupa, kami ucapkan selamat kepada seluruh pemenang lomba. Harapannya, para pemenang tersebut dapat mengharumkan nama Indonesia dengan terpilih sebagai salah satu juara di tingkat global,” ucapnya, mengomentari hasil lomba TDCAC, hari ini.

Sejak digelar pertama kali oleh Toyota Motor Corporation pada 2004, Indonesia sudah tiga kali berpartisipasi pada Toyota Dream Car Art Contest, yaitu pada 2008, 2011, dan 2012. Dari ketiga TDCAC tersebut, Indonesia berhasil menorehkan prestasi yang baik.

Pada TDCAC ke-4 (2008), Indonesia berhasil meraih posisi gold. Pada TDCAC ke-5 (2011), Indonesia meraih dua kemenangan yaitu silver dan bronze. Sementara pada TDCAC ke-6 (2012), Indonesia berhasil meraih juara bronze.

Please follow and like us:

Leave a Reply