Philo Paz Armand Mengikuti Uji Coba Resmi Formula Renault 3.5 World Series

Philo Armand, Pons, test FR3.5 Jerez-1

 

Pebalap Indonesia berdarah Ambon, Philo Paz Patric Armand, mengikuti uji coba resmi ajang Formula Renault 3.5 World Series (WSR) yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol selama dua hari, pada 5-6 Maret lalu.

Pada hari pertama sebagian besar tim dan pebalap mengujicoba konfigurasi high downforce sementara di hari kedua mereka mencoba setingan low downforce. Perbedaan konfigurasi ini memberi pengaruh pada mobil saat melibas trek lurus maupun tikungan.

Di hari pembuka uji coba, Philo maupun Roberto Merhi, rekan setim Philo di Pons Racing, sempat terganggu oleh seringnya red flag dikibarkan akibat berbagai insiden di lintasan. Hal itu membuat Philo tidak dapat melakukan ujicoba dengan maksimal.

Namun pada hari kedua, dengan kondisi trek yang relatif lebih bagus, Philo membukukan waktu cukup memuaskan dengan mencatat waktu terbaik 1menit 30,061 detik. Catatan waktu itu menjadi waktu terbaik kedua dari 22 pebalap yang turut berujicoba di sesi kedua hari terakhir. Namun secara overall di hari kedua Philo berada di urutan ke 9.

Kendati demikian, secara keseluruhan hasil uji coba sangat memuaskan bagi Philo, mengingat ini adalah kali pertama pebalap kelahiran 12 Maret 1996 tersebut berlaga di ajang Formula Renault 3.5 WSR.

“Saya bisa katakan bahwa mobil ini sangat kencang,” ucap Philo. “Berbeda dengan Formula Renault 2.0 yang pernah saya kendarai, mobil ini jauh lebih enak. Super good!”

Jika dibandingkan dengan ajang yang diikuti Philo pada tahun lalu yaitu Formula Renault 2.0 Alps., mobil  Formula Renault 3.5 memiliki spesifikasi yang lebih tinggi. Dengan kapasitas mesin yang besar yaitu 3.396cc, mobil ini mampu menyemburkan tenaga hingga 530bhp. Dari sisi teknologi, mobil ini lebih dekat dengan mobil Formula 1 karena dilengkapi pula oleh sistem Drag Reduction System atau DRS.

Keikutsertaan Philo dalam uji coba ini merupakan bagian dari persiapan untuk mengikuti musim balap Formula Renault 3.5 World Series 2015 yang rencananya akan berlangsung sebanyak 9 kali. Balapan Pertama akan berlangsung di Sirkuit Motorland Aragon Spanyol pada 25-26 April dan akan ditutup di Sirkuit Jerez pada 17-18 Oktober 2015.

Formula Renault 3.5 World Series merupakan ajang balap single seater yang secara jenjang berada satu tingkat di bawah Formula 1, dan setara dengan ajang GP2.

Leave a Reply