All New Honda Civic Type R & All New Honda NSX tampil di Geneva Motor Show 2015

All New NSX

 

Honda menampilkan secara perdana generasi terbaru dua mobil legendaris yaitu All New Honda Civic Type R dan All New Honda NSX di Geneva Motor Show 2015, Swiss. Selain itu, Honda juga resmi meluncurkan Honda HR-V dan All New Honda Jazz versi Eropa.

 

Civic Type R

All New Honda Civic Type R tampil dengan konsep pengembangan sebagai sebuah “A Hot Hatch Icon Reborn: Engineered to be a race car for the road”. Desain ekstrim All New Honda Civic Type R terlihat mulai dari penggunaan Sporty Front Grill, Sporty Front & Rear Bumper, Sporty & Rear Lower Bumper, Sporty Bonnet, Front & Rear Fenders, Sporty Alloy Wheel, serta ban berukuran 235/35R19 dengan logo “Type R”. Untuk sistem pengeremannya, All New Honda Civic Type R menggunakan paket sistem pengereman dari Brembo.

Selain desain, performa All New Honda Civic Type R juga ekstim dibekali mesin Honda VTEC Turbo Earth Dreams Technology 2.0 liter 4 silinder, direct injection segaris yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 310 PS pada 6.500 rpm, serta torsi maksimum sebesar 400 Nm pada 2.500 rpm, serta memenuhi standar emisi Euro 6.

Akselerasi All New Honda Civic Type R juga fantastis, dimana mobil dapat mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dalam 5.7 detik saja. All New Honda Civic Type R menggunakan 6 percepatan manual dan perangkat turbonya membuat mobil dapat menyentuh angka 7.000 rpm. All New Honda Civic Type R menampilkan fitur baru berupa tombol “+R” yang memberikan sensasi berkendara pada pengemudi.

All New Honda Civic Type R menggunakan fitur baru Adaptive Damper System pada keempat rodanya dan juga terintegrasi dengan fitur “R+” dan juga fitur City Brake Active System. Selain itu, All New Honda Civic Type R menggunakan sistem kemudi baru Dual Pinion Electric Power Steering. All New Honda Civic Type R menawarkan lima pilihan warna sporty, yaitu Championship White, Milano Red, Brilliant Sporty Blue Metallic, Crystal Black Pearl dan Polished Metal Metallic.

All New Honda Civic Type R juga ditawarkan dalam versi “GT Pack”, dimana terdapat perbedaan fitur seperti Front & Rear Parking Sensor, Dusk Sensing Headlamps, Rain Sensing Automatic Wipers dan Electric Fold Door Mirrors.

Selain itu fitur lain yang terdapat pada versi “GT Pack” adalah Dual Zone Climate Control Air Conditioning, Integrated Garmin Satellite Navigation serta 8 buah Premium Speaker untuk sistem audionya. Selain itu versi “GT Pack” juga menampilkan “Honda’s Advanced Driver Assist System”, berupa Forward Collision Warning, Lane Departure Warning, Traffic Sign Recognition System, High-Beam Support System, Blind Spot Information serta Cross Traffic Monitor.

New Honda NSX

Sementara itu, All New Honda NSX merupakan sebuah Supercar yang mempunyai konsep mengedepankan pengalaman berkendara yang sepenuhnya baru, serta disetiap bagian mobil dibuat berdasarkan teknologi canggih (terdepan). Pengendara dapat menyatukan jiwanya secara emosional dan terkoneksi dengan mobil ini.

All New Honda NSX menggunakan mesin Twin Turbocharged berkonfigurasi 75 derajat DOHC V6 dengan sistem 9 percepatan Dual Clutch Transmission (DCT) dan tiga motor elektrik pada sistem Sport Hybrid-nya.

Tak hanya itu, All New Honda NSX juga menampilkan teknologi Super Handling All Wheel Drive (SH-AWD). Bagian belakang mobil digerakkan oleh motor elektrik yang ditempatkan antara mesin dan transmisi, dan berfungsi untuk mendukung akselerasi, pengereman serta pergantian transmisi pada saat berkendara. Sementara pada bagian roda depan, digerakkan oleh motor elektrik yang berfungsi untuk memberikan respons serta distribusi pada torsi.

All New Honda NSX juga dilengkapi dengan “Advanced Sport Package”. Kendaraan ini menggunakan suspensi depan dan belakang berbahan dasar alumunium, velg 19 inchi dengan ContiCportContactTM . Untuk pertama kalinya, All New Honda NSX menampilkan fitur Agile Handling Assist (AHA) untuk mengaplikasikan brake torque agar respons dan stabilitas mobil tetap dinamis.

Untuk desain interiornya, All New Honda NSX menggunakan konsep “Human Support Cockpit” yang sepenuhnya berorientasi pada kebutuhan pengemudi agar dapat mengemudi dengan nyaman, visibilitas yang baik serta ergonomis.

Selain Honda Civic Type R dan All New Honda NSX, Honda juga menampilkan mobil konsep lainnya yaitu Honda FCV Concept. Kendaraan ini merupakan konsep terbaru Honda berbahan bakar energi alternatif yang akan menjadi generasiterbaru kendaraan fuel cell Honda. Rencananya, Honda FCEV Concept akan mulai diproduksi pada akhir tahun 2015 untuk pasar Jepang, Amerika Utara dan Eropa.

Booth Honda juga menampilkan display mobil balap F1 McLaren Honda MP4-30 untuk menandai kembalinya kerjasama legendaris antara Honda dan McLaren pada musim balap F1 tahun 2015 ini. Honda Divisi Eropa juga meluncurkan dua mobil produksi massal andalannya, yaitu Honda HR-V dan All New Honda Jazz versi Eropa. Sebelumnya, Honda HR-V dan All New Honda Jazz versi Eropa versi prototype telah tampil pada ajang Paris Motor Show Oktober 2014 lalu di Paris, Perancis.

2015 Honda HR-V

Honda HR-V versi Eropa menggunakan mesin Earth Dreams Technology 1.5 liter i-VTEC (bensin) dengan tenaga maksimum 128 PS dan 1.6 liter i-DTEC (diesel) dengan tenaga maksimum 118 PS. Honda HR-V menggunakan sistem transmisi CVT 7 percepatan. Sementara itu All New Honda Jazz versi Eropa menggunakan mesin Earth Dreams Technology berkapasitas 1.3 liter i-VTEC (bensin) dengan tenaga maksimum  102 PS. All New Honda Jazz menawarkan dua pilihan transmisi yaitu 6 percepatan manual dan CVT 7 percepatan. All New Honda Jazz juga menampilkan fitur Honda Advanced Driver Assist System.

Geneva Motor Show merupakan ajang pameran otomotif terbesar di Eropa dan tertua di dunia karena telah diselenggarakan sejak tahun 1905 hingga sekarang. Geneva Motor Show berlangsung mulai dari tanggal 3 hingga 15 Maret 2015, bertempat di Palexpo, P.O.Box 112, GH-1218 Grand-Saconnex, Geneva, Switzerland. Geneva Motor Show diadakan setiap tahun pada awal bulan Maret menandai awal Musim Semi di Eropa.

Please follow and like us:

Leave a Reply