Shell Wajibkan Armada Truk Menyalakan DRL

IMG_20141217_093414

Terhitung mulai hari ini (17/12/2014) PT Shell Indonesia mewajibkan seluruh armada truk distribusi bahan bakar di Indonesia untuk menyalakan lampu DRL (Daytime Running Light). Kebijakan ini diluncurkan bersamaan dengan berlangsungnya acara “Shell Road Safety Competition 2014” di Sasana Kriya TMII, Jakarta Timur.

Mengacu pada hasil penelitian oleh sejumlah ahli, menyalakan lampu DRL pada kendaraan di siang hari dapat mengurangi frekuensi kecelakaan kendaraan sebesar 3-35 %. Hal ini disebabkan penggunaan DRL dapat meningkatkan visibilitas sekaligus laju kecepatan sebuah kendaraan oleh pengguna jalan lainnya. Selain itu penggunaan DRL juga telah diatur dalam pasal 107 UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

IMG_20141217_093135

“Kami berharap penerapan kebijakan menyalakan lampu DRL pada armada truk kami dapat ikut menekan angka kecelakaan kendaraan di Indonesia. Kami juga senang hal ini juga mendapat dukungan positif dari Direktorat Perhubungan Darat,” terang Country Chairman & President Director Shell Indonesia, Darwin Silalahi.

Darwin juga menambahkan dalam waktu dekat, kebijakan ini juga akan diterapkan pada lingkungan perusahaan seperti terminal pengisian, rute perjalanan, dan SPBU.

IMG_20141217_093219

Peluncuran kebijakan menyalakan lampu DRL ini dilakukan oleh Lip Sufriza, selaku Downstream Road Safety & Corporate HSSE PT Shell Indonesia didampingi oleh Ahmad Yani, Kasubdit Promosi dan Kemitraan Keselamatan Transportasi Darat Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Darat; dan Kombes Pol Drs Pujiono Dulrahman MH, selaku Kabid Pendidikan Masyarakat Korps Lalin Polri.

Di tahun ini, Korlantas Polri mencatat telah terjadi kenaikan angka kecelakaan truk dari 3.832 di semester pertama menjadi 4.222 di semester kedua.

Leave a Reply