Review Test Drive: All New Mazda2 mengadopsi SKYACTIV Technology

_VO_0997

Dari acara Mazda Media Drive: All New Mazda2 “Beyond Excitement” yang berlangsung di Sirkuit Sentul Bogor pada Rabu, 10 Desember 2014 dapat dijelaskan bahwa mobil hatchback All New Mazda2 mengadopsi rangkaian SKYACTIV Technology.

SKYACTIV Technology merupakan perpaduan sempurna dari performa berkendara, teknologi ramah lingkungan, serta performa keamanan terdepan.

Kombinasi dari SKYACTIV-CHASSIS dan SKYACTIV-BODY memberikan perubahan keseluruhan pada rigiditas kendaraan, sistem kemudi, safety, kestabilan saat kecepatan tinggi dan kenyamanan berkendara khususnya di perjalanan jauh.

Penggunaan rancang bangun terbaru seperti revisi posisi roda depan, penggunaan metode struktur konstruksi 10% lebih ringan namun 22% lebih kokoh, teknik pengelasan khusus dan kombinasi material yang inovatif besi baja high-tensile dan ultra-high-tensile memberikan performa yang luar biasa pada tiga area kunci, yakni keamanan saat terjadi benturan, kenikmatan berkendara dan perasaan menyatu dengan mobil.

Penggunaan mesin SKYACTIV-G 1.5L yang responsif dengan teknologi injeksi langsung serta rasio kompresi sangat tinggi, yaitu 13.0:1, berbobot ringan, dan resistensi mekanis yang rendah, mesin All New Mazda2 ini akan menciptakan standar baru untuk efisiensi bahan bakar, kontrol performa dan emisi di kelasnya. Efisiensi tersebut juga berhasil membuat mesin All New Mazda2 lebih bertenaga dan memberikan sensasi akselerasi tersendiri saat mengendarainya.

Dikombinasikan dengan transmisi SKYACTIV-MT atau SKYACTIV-DRIVE yang dilengkapi sports-mode, membuat All New Mazda2 memiliki komposisi ideal yang memberikan performa optimal disetiap putaran.

Dengan lock-up range yang dapat diperpanjang hingga 93% pada SKYACTIV-DRIVE, pengemudi dapat menikmati sensasi berkendara yang menakjubkan layaknya menggunakan transmisi manual, seperti perpindahan antar gigi yang sangat cepat dan halus serta efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, transmisi ini juga memiliki keunggulan melalui tuas paddle-shift yang memberikan akselerasi responsif dan serta bertenaga dalam beragam kondisi berkendara tanpa melepaskan lingkar kemudi.

Bagi pengemudi yang menginginkan kontrol penuh dalam perpindahan antar gigi, Mazda juga memiliki SKYACTIV-MT pada All New Mazda2.

Generasi terbaru dari transmisi manual enam percepatan ini menawarkan shift stroke yang sama pendek dan perpindahan positif serta ringan, yang dicapai melalui perancangan ulang dari mekanisme perpindahan internal untuk aksi yang lebih efisien dan friksi yang minimum. Hasilnya, transmisi ini memberikan perpindahan gigi yang akurat dan sangat cepat yang sejalan dengan semangat Zoom-Zoom milik Mazda.

Melalui acara All New Mazda2 “Beyond Excitement” dimana awak media termasuk OTOSL.com yang sudah melakukan test drive, mendapatkan informasi secara komprehensif tentang All New Mazda2 di sekitar Sirkuit Sentul Bogor berupa sesi Thrill Track, Citydrive Ground dan Unexpected Ride.

Berikut ini adalah penjelasannya dilengkapi dengan video rekaman suasana test drive yang hanya di shoot dari dalam kendaraan All New Mazda2 menggunakan kamera GoPro.

Thrill Track

Berkendara di kecepatan tinggi membutuhkan fokus dan energi berlebih. Menyadari hal tersebut All New Mazda2 hadir dengan serangkaian teknologi dan didesain untuk menawarkan performa optimal yang memberikan kemudahan dan kenikmatan berkendara terbaik di kelasnya. Di area Thrill Track para peserta All New Mazda2. Beyond Excitement, akan merasakan impresi terbaik dari gabunganSKYACTIV Technology dan KODO – Soul of Motion yang memungkinkan pengendara All New Mazda2 melahap setiap tikungan di sirkuit sentul dengan lebih percaya diri namun tetap aman dan nyaman.

Citydrive Ground

Sebagai compact hatchback, All New Mazda2 berusaha memberikan pengalaman berkendara terbaik pada berbagai kondisi perjalanan dalam kota yang berliku, stop and go serta seringkali bergelombang. Di area Citydrive Ground, melalui kombinasi SKYACTIV Technology, i-ACTIVSENSE dan i-STOP, All New Mazda2 akan memperlihatkan kemudahan dan kenikmatan berkendara terbaik serta akan mendobrak stigma yang dimiliki compact hatchback sebagai mobil dengan kemampuan terbatas.

Pergerakan All New Mazda2 yang lahir dari adopsi SKYACTIV-CHASSIS akan memberikan sensasi perasaan menyatu. Hal ini dimungkinkan dari perombakan geometri suspensi pada sasis yang diikuti dengan kalibrasi electronic power steering (EPAS) yang sesuai, sehingga kendaraan akan benar-benar mengikuti input dari sang pengendara. Perasaan menyatu antara pengendara dan kendaraannya yang juga dalam teknik equestrian Jepang juga disebut “Jinbai-Ittai” akan membuat pengendara merasa percaya diri dalam menaklukkan kondisi jalan perkotaan yang cukup kompleks.

Unexpected ride

Pada kesempatan ini para peserta akan diperlihatkan kemampuan All New Mazda2 dalam bermanuver pada kondisi-kondisi yang cukup ekstrim. Berbagai handicap dan tantangan akan disajikan untuk mengupas keunggulan seluruh kombinasi teknologi dan fitur yang ada di All New Mazda2.

 

Leave a Reply