ERCI Chapter SUMUT Juara 1 Olimpiade Pertamax

IMG_20141207_192719

Setelah digelar di lima seri di kota-kota besar di tanah air, Olimpiade Pertamax akhirnya sukses mencapai putaran Grand Final. Lomba mengemudi hemat antar komunitas mobil digelar PT. Pertamina (Persero) dan Majalah Auto Bild Indonesia dan dimenangkan oleh ERCI SUMUT juara 1 Olimpiade Pertamax

ERCI SUMUT sukses mengalahkan 4 pemenang dari masing-masing seri yang sebelumnya telah digelar yaitu, Bali, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta.

Dengan hanya berbekal 4 (empat) liter Pertamina Pertamax para finalis ditantang mengemudikan mobil sejauh-jauhnya untuk membuktikan kehandalan serta efisiensi Pertamina Pertamax.

Yanuar Budi Hartanto, Commercial Retail Fuel Marketing Manager, PT. Pertamina Persero mengatakan, “Olimpiade Pertamax dibuat untuk menunjukkan kontribusi Pertamina Pertamax dalam menciptakan efisiensi penggunaan bahan bakar. Dengan adanya pengetesan ini, masyarakat luas akan tahu bahwa dengan menggunakan Pertamax konsumsi BBM mobil masyarakat akan lebih irit dan bisa mendapatkan jarak tempuh yang lebih panjang.”

Olimpiade Pertamax adalah kompetisi mengemudi hemat bahan bakar antar komunitas mobil di Indonesia. Peserta menggunakan mobil dengan merek, tipe, dan jenis transmisi sama yang disediakan oleh penyelenggara. Metode kompetisinya mudah. Semua mobil yang dipakai berlaga akan dikuras bahan bakarnya hingga habis dan tidak bisa dihidupkan. Kemudian setiap mobil peserta diisi Pertamina Pertamax dengan jumlah yang sama, dan dari satu pompa pengisian yang sama.

Atas kemenangan ini, Muliadi, ketua tim ERCI SUMUT berkomentar, “Awalnya kami tidak menargetkan untuk menjadi juara, namun demikian kami optimis bisa berada di 3 besar. Kami belum terpikir hadiah 1 unit mobil Datsun Go+ Panca nanti apakah akan dilelang atau tidak,”

Muliadi yang teredukasi melalui event ini juga berharap agar di masa mendatang Olimpiade Pertamax bisa diselenggarakan tidak hanya di kota besar, tetapi juga di kota-kota kecil di Indonesia.

Hal senada juga diungkapkan Editor in Chief Auto bild Indonesia, Soni Riharto, “Rencananya tahun depan kami akan menggelar event ini lagi, kemumngkinan cakupan kota-kotanya akan lebih luas lagi.” jelas pria berkacamata ini saat ditemui OTOSL.com usai penyerahan hadiah utama Olimpiade Pertamax.

Dalam event ini tiap-tiap tim wajib mengendarai mobil hingga bahan bakar Pertamina Pertamax yang ada di dalam tangki habis. Tim dengan jarak tempuh paling jauh menjadi pemenang dan berhak melaju ke babak final untuk memperebutkan hadiah utama satu unit mobil.

IMG_20141207_094311_1

Pada gelaran Grand Final ini, peserta start dari  SPBU Pertamina COCO Kuningan, Jakarta Selatan. Kemudian mereka akan menuju tiga buah checkpoint yang berada di Kawasan Kota Tua, Cilandak Town Square, Plaza Festival, dan finish di Pisa Cafe Flavor Bliss Alam Sutra.

Aneka permainan di setiap checkpoint juga akan digelar dan memperebutkan berbagai hadiah menarik. Selain itu, peserta juga dapat mengikuti permainan di media sosial, yaitu GROFIE (Group Selfie) untuk memperebutkan hadiah-hadiah di kategori Most Like yang diunggah ke Instagram, serta live tweet (twitter) dengan angka re-tweet terbanyak.

Adapun para finalis yang berpartisipasi pada seri Grand Final adalah Juara 1 ERCI (Ertiga Club Indonesia) Chapter Medan kemudian posisi runner up diraih oleh GCC (Great Corolla Club) Chapter Bali.

Sementara finalis lainnya dari Kakitua Racing Team, Surabaya terkena diskualifaikasi karena melanggar aturan lomba. untuk JSC (Jogja Slalom Community), Yogyakarta dan ERCI (Ertiga Club Indonesia), Jakarta mendapat hadiah hiburan.

Leave a Reply