Ratusan Siswa SMU Dapat SIM Gratis melalui Program Michelin “Tunjukkin Safetymu! Ayo Uji SIM”

Michelin Road Safety 2

Michelin Indonesia bekerjasama dengan Ditlantas Polda Metro Jaya hari ini (22/11/2014) menggelar Ujian SIM bagi ratusan pelajar di kelas 12 Sekolah Menengah Atas (SMA), dimana mereka telah memasuki tahap akhir dari “Program Tunjukkin Safetymu! Ayo Uji SIM” yang telah berlangsung sejak September yang lalu. Dalam tahap Michelin memberikan SIM A dan C secara cuma-cuma kepada ratusan siswa tersebut.

Program Tunjukkin SafetyMu! Ayo Uji SIM merupakan bagian kampanye Road Safety Michelin yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai keselamatan berlalu lintas di kalangan remaja, khususnya bagi calon pengemudi baru yang berusia 17 tahun. Program tersebut terdiri dari 3 tahap yaitu: Road Safety Seminar ke beberapa sekolah SMA di bulan September; kegiatan driving school yang berupa pemberian materi teori dan praktek mengemudi di bulan Oktober; serta ujian teori dan praktek SIM yang berlangsung hari ini.

“Kami merasa bangga karena pada prosesnya, anak-anak SMA tersebut memiliki keingintahuan yang tinggi terhadap rangkaian program Road Safety. Seluruh pelajar mengikuti program dari tahap awal hingga akhir untuk kepemilikan SIM, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku. Ini merupakan suatu langkah awal yang baik dari mereka sebagai remaja yang peduli terhadap keselamatan berkendara,” kata Jean Charles SIMON, Country Director PT Michelin Indonesia di Jakarta, Sabtu (22/11).

Michelin Road Safety 7

Program Tunjukkin SafetyMu! Ayo Uji SIM ini merupakan salah satu aksi konkret untuk mengurangi tingkat kecelakaan remaja di jalan raya. Dalam program yang komprehensif selama 3 bulan ini, para pelajar diberikan pemahaman mengenai tata tertib dan etika berlalu lintas. Di tahap sekolah mengemudi, para pelajar tidak hanya belajar teori dan praktek mengemudi yang benar dan aman, tetapi diedukasi agar peduli dan melakukan praktek untuk mengecek kondisi kendaraan, tekanan angin ban, termasuk mengganti ban di saat darurat, karena ban merupakan salah satu faktor penting untuk kontrol kemudi dan satu-satunya titik yang memiliki kontak langsung dengan jalan.

Menurut Jean-Charles, sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya keselamatan berkendara sudah sangat mendesak untuk kalangan remaja, mengingat tingginya tingkat kecelakaan di kelompok usia tersebut. “Hal ini sebenarnya bisa dicegah jika mereka mempunyai pengetahuan dan pemahaman yang baik mengenai keselamatan berkendara,” ungkapnya melanjutkan.

Polda Metro Jaya mencatat, selama tahun 2013 angka kecelakaan di tingkat pelajar dan mahasiswa 6.498 kasus dengan jumlah korban meninggal sebanyak 95 orang, luka berat 409 orang dan luka ringan 703 orang. Salah satu penyebabnya tingginya angka kecelakaan di tingkat pelajar adalah jumlah pengemudi yang tidak memiliki SIM.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, yang diwakili Wadir Lantas Polda Metro Jaya AKBP Bakharuddin Muhammad Syah memberikan penghargaan kepada Michelin atas konsistensi dan inisiatifnya dalam menyiapkan wadah pembinaan dan edukasi kepada anak-anak remaja secara menyeluruh. Kampanye Road Safety yang digaungkan MICHELIN ini sejalan dengan upaya Polri untuk memasyarakatkan program Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas yang dicanangkan mantan Presiden SBY pada awal tahun 2014.

Michelin Road Safety 1

“Sesuai dengan Instruksi Presiden No 4 Tahun 2013 tentang Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan, memang sudah semestinya permasalahan keselamatan berlalu lintas menjadi tanggung jawab bersama para pemangku kepentingan. Michelin merupakan salah satu contoh pelaku di sektor otomotif yang sangat aktif berperan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat bahwa keselamatan adalah sebuah kebutuhan dalam berlalu lintas,” jelas Bakharuddin.

Sebagai komitmen Polri untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan berkendara di jalan raya, Polri sangat peduli terhadap program Pendidikan Keselamatan di sekolah sejak usia dini, khusus untuk kalangan SMA kegiatan program “Tunjukkin SafetyMu! Ayo Uji SIM” merupakan pembelajaran yang sangat penting guna mendukung kesiapan berkendara yang aman di jalan raya.

“Sebagai perusahaan yang mempunyai tanggung jawab sosial, Michelin secara konsisten dan aktif akan terus mengadakan Kampanye Road Safety untuk membantu mengurangi resiko kecelakaan berkendara. Untuk itulah, program ini akan kami lanjutkan tahun depan. Kami percaya bahwa strategi Michelin yang fokus kepada performance tidak akan berarti tanpa komitmen dan konsistensi dalam memberikan mobilitas yang lebih baik dan keselamatan dalam berkendara,” ungkap Jean-Charles menjelaskan.

Leave a Reply