Peringatan 40 tahun Yayasan Toyota & Astra (YTA)

Yayasan Toyota dan Astra 1

Pada hari Rabu 9 Oktober 2014, Yayasan Toyota & Astra (YTA), merayakan hari jadinya yang ke-40 tahun. Selama eksistensinya di Indonesia, YTA telah berkontribusi dalam melaksanakan berbagai aktivitas CSR yang berkaitan dengan dunia pendidikan

Hal itu dilakukan untuk berpartisipasi aktif dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan  di Indonesia, melalui pemberian beasiswa, bantuan penelitian, maupun donasi sarana dan prasana pendidikan lainnya.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Hiroyuki Fukui, menyebutkan bahwa kehadiran dan aktivitas yang dilakukan YTA dalam kurun waktu 40 tahun terakhir menjadi bukti komitmen dan semangat berkelanjutan Toyota Indonesia untuk selalu tumbuh bersama (growing together) dengan masyarakat Indonesia.

“Hal itu sejalan dengan filosofi kami “Toyota Berbagi” yang melambangkan semangat Toyota untuk berperan serta dalam membangun Indonesia bersama seluruh pihak terkait baik pemerintah dan masyarakat demi Indonesia yang lebih baik di masa kini dan masa datang,” ujar Fukui, dalam acara syukuran 40 tahun YTA, hari ini.

Di masa depan, ucapnya, Toyota Indonesia berkomitmen untuk dapat melanjutkan aktivitas-aktivitas yang telah berjalan selama ini sebagai bagian dari komitmen YTA dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Warih Andang Tjahjono, mengatakan bahwa sejalan dengan semangat growing together yang menjadi prinsip pengembangan aktivitas Toyota secara global, dalam beberapa tahun terakhir ini memperkuat implementasinya dengan mengembangkan semangat Toyota Berbagi di kalangan keluarga besar Toyota Indonesia, baik melalui aktivitas bisnis maupun sosial.

Dalam aktivitas usaha, Toyota akan semakin menekankan kontribusi pada upaya membangun perekonomian nasional, dengan mendukung setiap kebijakan pemerintah dalam mengembangkan industri otomotif seperti meningkatkan kandungan lokal dan mendorong ekspor agar produk otomotif Indonesia lebih dikenal di pasar dunia.

“Sementara itu, di bidang kegiatan sosial, Toyota Indonesia menetapkan empat pilar kegiatan yaitu melalui pendidikan, program peningkatan kualitas lingkungan hidup, traffic safety, dan pengembangan masyarakat,” katanya.

40 tahun silam, YTA berdiri dengan dilandasi oleh semangat bahwa Toyota dan Astra tidak hanya fokus pada pengembangan aktivitas bisnisnya, melainkan juga ingin turut serta tumbuh bersama dengan masyarakat Indonesia.

Menurut pandangan YTA, pendidikan merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong kemajuan suatu bangsa. Atas dasar itulah YTA hadir dengan mengusung visi untuk berkontribusi dalam meningkatkan kecerdasan bangsa melalui pemberian beasiswa, bantuan penelitian, maupun donasi sarana dan prasana di bidang pendidikan lainnya.

Hingga saat ini, YTA telah memberikan beasiswa dan bantuan penelitian di bidang pendidikan kepada 91.617 siswa Sekolah Dasar hingga universitas yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan total bantuan mencapai Rp 62 miliar.

Khusus untuk merayakan hari jadinya yang ke-40 tahun, YTA melaksanakan serangkaian aktivitas yang dimulai dengan pemberian donasi berupa 40 mesin Toyota ke berbagai SMK di seluruh Indonesia.

Baru-baru ini, untuk melengkapi rangkaian donasi 40 mesin Toyota tersebut, YTA secara simbolis telah memberikan donasi kepada 10 SMK terpilih, yang dilakukan pada saat penyelenggaraan Indonesia International Motor Show 2014.

Tidak hanya memberikan donasi berupa 40 mesin Toyota, YTA juga melaksanakan serangkaian acara lainnya guna memperingati HUT ke-40. Dalam waktu dekat guna memberikan motivational education demi pengembangan soft skill YTA akan menggelar Kuliah Umum.

Kegiatan ini akan berlangsung di 5 universitas besar nasional sepanjang Oktober—November 2014, di Universitas Indonesia,Institut Teknik Surabaya, Universitas Gajah Mada, Universitas Diponegoro, dan Institut Teknik Bandung.

Sejumlah keynote speaker ternama akan turut hadir dalam Kuliah Umum tersebut seperti dari Kementerian BUMN, Persatuan Insinyur Indonesia (PII), wirausahawan, maupun praktisi dari media nasional.

Selain Kuliah Umum, YTA juga akan menggelar Seminar Nasional yang salah satu temanya akan membahas mengenai berbagai tantangan Indonesia di masa depan dan strategi dalam menghadapi kompetisi.

“Dalam jangka panjang, YTA akan terus melanjutkan aktivitas-aktivitas yang telah berjalan selama ini seperti pemberian beasiswa, bantuan penelitian, maupun donasi sarana dan prasana pendidikan, sebagai bagian dari komitmen YTA dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia,” tutup Fukui.

Bantuan pendidikan yang telah diberikan YTA dalam kurun 40 tahun eksistensinya:

 

Activity Target Achievement until 2014
Beasiswa Khusus Sekolah Dasar—Sekolah Menengah Atas 73.968 siswa
Beasiswa Regular Universitas 17.569 mahasiswa
Beasiswa S2 Strata 2 80 siswa
Bantuan riset Dosen 410 dosen
Riset teknologi Peneliti 16 peneliti
Kegiatan sains Universitas 242 kegiatan
Bantuan alat pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan 340 engines stand, 5 axle, 7 robot
Donasi buku Universitas & SMK 59.165 buku
Wall Chart Sekolah Menengah Kejuruan 1.619wall charts

 

Leave a Reply