Toyota tingkatkan kenyamanan Hi-Ace

HI-ACE 1

Kebijakan pemerintah mendorong penggunaan transportasi umum akan membawa dampak positif terhadap pasar kendaraan komersial.  Sejalan dengan itu, persaingan di segmen ini diperkirakan akan meningkat.

“Kami mendukung kebijakan pemerintah itu karena itu kami  optimis segmen komersial untuk transportasi umum akan berkembang. Kami sudah siap mengantisipasi dengan mengembangkan kenyamanan line up Toyota di segmen ini seperti Toyota Hiace,’ kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Rachmat Samulo, saat Media Experience Hiace, Rabu (08/10).

Menurut Samulo, permintaan terhadap Hiace dalam tahun ini lebih baik dibandingkan tahun 2013 lalu sehingga market sharenya juga menjadi jauh lebih besar. Dari data penjualan Januari-Agustus lalu, penjualan  Hiace tercatat meningkat 5,6% bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Pangsa pasar mobil ini mengalami pertumbuhan sangat signifikan, naik 29,1% menjadi 80,4% atau meningkat 29,1% dibandingkan pada tahun 2013.  Permintaan terbesar datang dari pengusaha travel dan rental. “Ini membuktikan Toyota Hiace nyaman digunakan sebagai kendaraan transportasi sehingga mampu menjanjikan keuntungan yang lebih baik kepada pengusaha travel dan rental,” kata Samulo.

Sebagai kendaraan jenis van, Hiace sejak awal memang didisain untuk bisa digunakan sebagai kendaraan penumpang komersial. Spesifikasi mobil ini bukan didisain untuk hanya sebagai kendaraan komersial biasa yang kemudian dijadikan kendaraan penumpang. Disainnya van ini tidak hanya mempertimbangkan factor kekokohan, efisiensi, tapi fitur-fiturnya juga dirancang sedemikian rupa agar mampu menawarkan kenyamaan saat digunakan sebagai kendaraan penumpang di sektor transportasi publik.

Minat konsumen terhadap mobil ini juga terlihat saat perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) ke-22 yang baru saja usai 28 September 2014. Mobil ini berhasil menarik banyak pengunjung. Dalam kesempatan itu, hadir dalam  tema “Creating Tomorrow for Indonesia”, Toyota di commercial both menampilkan Toyota Hiace bersama line up kendaraan komersial lainnya seperti Toyota Hilux dan Dyna.

“Kami punya tiga line up komersial Hlux, Dyna dan Hiace yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar komersial, aman dan efisien dalam biaya pengoperasian, namun tetap dalam kenyamanan yang tinggi,” kata Samulo.

Toyota Dyna, selama ini dikenal tangguh untuk mendukung kegiatan usaha perkebunan, agrobisnis, logistik serta transportasi karena didukung  disainnya  yang kokoh serta efisien dalam bahan bakar. Dyna mampu menjawab kebutuhan dalam usaha agro, pertambangan, logistik, konstruksi, serta transportasi kota.

Sementara Hilux hadir dalam Single-Cab dan Double-Cab memenuhi kebutuhan perkebunan, pertambangan serta logistik menggunakan Single-Cab Chassis. Sementara Hiace melengkapi jajaran kendaraan komersial Toyota untuk usaha transportasi dalam hal rental serta travel dengan fitur kenyamanan dan kemewahan.

Mengenai Hiace, menurut Samulo, sejak 2012 lalu hadir di Indonesia dengan model generasi kelima. Line-up yang ditawarkan untuk pasar Indonesia adalah Standard dan Commuter. Ubahan yang dilakukan pada Hiace terbaru ini melingkupi lampu depan dengan bumper desain anyar, lampu belakang, serta jendela samping.

Pada interior, Hiace mengalami banyak peningkatan, antara lain tombol putar penyejuk ruangan, tachometer dengan desain yang modern serta desain jendela samping yang baru serta nyaman. Kini, Hiace Standard sudah mendapat kenyamanan tambahan berupa penyejuk ruangan yang tidak tersedia pada model terdahulu. Serta adanya fitur keamanan Dual SRS Airbag dan Pretensioner and Force Limiter Seatbelt.

“Peningkatan fitur yang kami lakukan merupakan apresiasi kami terhadap antusiasme konsumen terhadap Hiace yang menghadirkan kenyamanan kepada penumpang. Hiace yang diproduksi langsung oleh Jepang kini memiliki peminat yang semakin meningkat, tidak hanya di Indonesia melainkan juga di beberapa Negara,” tutur Samulo.

Toyota Hi-Ace Specification

Major dimensions & vehicle weights Standard Grade Hiace High Grade Hiace Commuter
KDH222R-LEMDY KDH222R-LEMDY
Overall Length                      mm 5,380
Width                       mm 1,880
Heigth                      mm 2,285
Wheelbase                                              mm 3,110
Tread Front                        mm 1,655
Rear                          mm 1,650
Seating capacity                                person   16                                          14+2 backup seats, tbc
Ground clearance                                  mm 180 (w/o side step)
Total (EC/ECE)  Min. kg

Max. kg

2,030
2,145
Min. Turning radius                               (m) 6.2
Engine type 2KD-FTV Turbocharged
No of cyls & arrangement 4 Cylinder, in-line
Valve mechanism 16-valve DOHC D-4D
Bore x stroke 92.0 x 93.8 mm
Displacement 2,494 cc
Compression rasio 18.5
Fuel type Diesel
Max output 102/3,600 PS/rpm
Max torque 26.5/2,400 kgm/rpm
Exhaust emission Euro 2
Transmission type 5-speed M/T

 

Leave a Reply