IIMS 2014: Honda HR-V Tampil Perdana di Asia Tenggara

DSC_0097

Meski masih berbentuk purwarupa (prototype), pengunjung dapat memesan Honda HR-V yang pertama kali hadir di kawasan Asia Tenggara, tepatnya di ajang IIMS 2014.

Di ajang ini Honda Prospect Motor, selaku APOM Honda di Indonesia menampilkan Honda HR-V Prototype untuk pertama kalinya di Asia Tenggara pada pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, hari ini (18/09/2014).

Honda HR-V merupakan model Crossover Utility Vehicle (CUV) pertama Honda di Indonesia. Honda HR-V pertama kali melakukan debut dunia pada ajang Tokyo Motor Show 2013, 21 November 2013 lalu dengan menggunakan nama Honda Vezel. Model ini mulai dipasarkan di Jepang pada tanggal 20 Desember 2013 dan menjadi CUV dengan penjualan tertinggi di Jepang hingga akhir semester pertama tahun ini.

Sejak awal, Honda HR-V dirancang sebagai sebuah model yang tidak hanya memenuhi semua yang dibutuhkan dari sebuah CUV, namun dapat membawa standar kualitas tinggi dan performa sporty yang menjadi ciri khas produk Honda. Untuk pasar Indonesia, Honda HR-V ditawarkan dalam 4 varian yang terdiri dari tipe 1.5 liter A M/T, 1.5 liter S M/T dan CVT, 1.5 liter E CVT, serta 1.8 liter CVT Prestige.

Honda HR-V hadir dengan tampilan desain eksterior yang tangguh (Tough) namun menggoda (Seductive) dengan menampilkan desain yang mengambil konsep “Dynamic Cross Solid.” Bagian depan mengadopsi karakter Solid Wing Face khas Honda yang tajam dan sporty.

Desain menggunakan konsep “Expansible Cockpit,” interior Honda HR-V dirancang untuk memberikan perpaduan antara kabin yang lapang, rasa personal, serta fungsionalitas dalam balutan material berkualitas tinggi. Dimensi mobil sepanjang 4.295 mm merupakan ukuran ideal untuk menciptakan kabin yang lapang dan luas melalui ruang kaki dan ruang kepala yang lega sehingga memberikan kenyamanan saat duduk di bangku depan maupun bangku belakang.

DSC_0199

Honda HR-V Prototype memiliki ground clearance dengan tinggi minimum 185 mm untuk varian mesin 1.5 liter. Wheel-base sepanjang 2.610 mm serta tinggi yang optimum menghasilkan tingkat manuver sekaligus stabilitas yang baik. Dimensi yang dirancang dengan sangat teliti tersebut, ditambah desain yang dinamis dan sporty, serta efisiensi bahan bakar yang tinggi menghasilkan paket yang sangat kompetitif. Kabin Honda HR-V juga didukung dengan fitur ULTRA Seat yang memungkinkan berbagai konfigurasi tempat duduk dan ruang kargo yang amat fungsional.

Model ini juga akan menghadirkan standar keselamatan tinggi yang menjadi ciri khas dari setiap produk Honda. Fitur keselamatan yang disematkan pada Honda HR-V di antaranya sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD) + Brake Assist (BA), Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), dan Dual SRS Airbags.

Selain itu, terdapat dua fitur baru yang untuk pertama kalinya diaplikasikan pada mobil Honda di Indonesia seperti Electric Parking Brake dan Auto Break Hold. Electric Parking Brake berfungsi untuk mengoperasikan rem parkir secara elektris untuk mengaktifkan maupun melepaskan rem parkir dilakukan dengan tombol.

DSC_0103

Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, ”Honda HR-V akan menjadi produk istimewa bagi Honda karena selain menjadi model Crossover pertama untuk Honda di Indonesia, model ini juga akan diproduksi di Indonesia. Kami percaya Honda HR-V akan menjadi pilihan baru di pasar otomotif Indonesia dan juga diterima dengan baik oleh konsumen di Indonesia.”

Pada kesempatan yang sama, Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT HPM mengatakan, “Honda HR-V menawarkan kombinasi antara ketangguhan sebuah SUV, desain menarik dan rasa personal dari sebuah coupe, serta fungsionalitas dari sebuah minivan. Dengan perpaduan tersebut, Honda HR-V sangat sesuai untuk konsumen upgrader yang menginginkan sebuah mobil Crossover berkualitas tinggi maupun sebagai model alternatif untuk konsumen SUV.”

Kisaran harga yang ditawarkan untuk pemesanan Honda HR-V adalah Rp. 240 – 280 juta untuk varian 1.5 liter dan ± Rp. 350 juta untuk varian mesin 1.8 liter harga ini merupakan Harga OTR Jakarta.

DSC_0100

Fitur Honda HR-V 1.5 liter A M/T
Tipe dasar Honda HR-V ini didukung mesin 1.5 liter SOHC i-VTEC 4 silinder yang menghasilkan tenaga sebesar 120 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 145 Nm 4.600 rpm, dan transmisi manual 6 percepatan. Pada bagian eksterior, tipe ini telah dilengkapi dengan Halogen Headlight, Auto Off Headlight, dan Alloy Wheel 17”.

Sementara di bagian interior, tipe ini memiliki Beige interior color, 2 DIN Audio dan Tilt & Telescopic Steering Wheel.

Sementara dari sisi keselamatan, tipe ini telah memiliki standar fitur yang lengkap termasuk Dual SRS Airbags, Pretensioner + Load Limiter Seatbelt, Auto Brake Hold + Electric Parking Brake, Emergency Stop Signal, ABS+ EBD+BA, dan Hill Start Assist + Vehicle Stability Assist. Untuk varian mesin 1.5 liter A M/T tersedia warna Alabaster Silver Metallic, Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic, dan Rallye Red.

Fitur Honda HR-V 1.5 liter S M/T & CVT
Tipe ini memiliki semua fitur dari tipe 1.5 liter A, dengan tambahan di bagian eksterior berupa Door Mirror with Side Turning Signal, Retractable Door Mirror dan Front Fog Lamp. Sementara di bagian interior tipe ini telah menggunakan audio dengan 6.1” touchscreen. Untuk transmisi CVT pada tipe ini telah menerapkan dengan Earth Dream Technology, sementara pada sisi keamanan telah dilengkapi dengan Security Alarm. Untuk varian mesin 1.5 liter S M/T dan CVT tersedia warna White Orchid Pearl, Alabaster Silver Metallic, Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic, Rallye Red serta warna baru yaitu Morpho Blue Pearl.

Fitur Honda HR-V 1.5 liter E CVT
Tipe ini memiliki semua fitur dari tipe 1.5 liter S CVT dengan tambahan di bagian eksterior berupa fitur Smart Entry. Bagian interior untuk tipe ini menggunakan warna hitam dan Leather Seat. Tipe ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan seperti One Push Ignition system, Auto AC, Paddle Shift, Cruise Control, Audio Steering Switch, dan Tweeter speaker. Untuk varian mesin 1.5 liter E CVT tersedia warna White Orchid Pearl, Alabaster Silver Metallic, Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic, Rallye Red serta warna baru yaitu Morpho Blue Pearl.

Fitur Honda HR-V 1.8 liter CVT Prestige
Tipe teratas ini memiliki semua fitur dari tipe-tipe di bawahnya, dengan didukung oleh mesin 1.8 liter SOHC i-VTEC 4 silinder yang menghasilkan tenaga sebesar 139 PS pada 6.500 rpm dengan torsi maksimal 169 Nm pada 4.300 rpm.

Pada bagian eksterior, tipe ini telah dilengkapi dengan Panoramic Roof dan Sport Design Alloy Wheel. Selain itu, lampu depan telah menggunakan LED Projector Headlight dengan Auto Leveling dan Daytime Running Light. Sementara di bagian belakang terdapat Shark Fin Antenna, Exhaust Pipe Finisher dan Rear Camera.

Di dalam kabin, tipe ini menggunakan Leather Interior dengan paduan warna hitam dan putih. Sistem audio menggunakan layar sentuh 7 inchi dengan Smartphone Connection. Sedangkan untuk fitur keselamatan juga telah dilengkapi dengan Side Curtain Airbags, Side Airbags, dan Assistant Seatbelt Reminder. Untuk varian mesin 1.8 liter CVT Prestige tersedia warna Alabaster Silver Metallic, Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic, Rallye Red, Purplish Gray Metallic, serta warna spesial yaitu White Orchid Pearl Two Tone.

Please follow and like us:

Leave a Reply