IIMS 2014: Sejarah Dodge Brand dan 100th Anniversary

IMG_1360

Brand Dodge meluncurkan Dodge Journey 100th Anniversary limited edition pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 dalam rangka merayakan hari ulang tahun Brand Dodge yang ke 100 (artikel ini). Brand Dodge menginjak usia 100 tahun sebagai salah satu produsen otomotif di Amerika serikat, pada tanggal 1 Juli 2014.

Dodge memiliki komitment untuk berinovasi serta menghadirkan produk yang lebih bertenaga, lebih baik dan lebih pintar serta melanjutkan nilai-nilai yang telah ditanam oleh Dodge Brothers, seratus tahun yang lalu.

John dan Horace Dodge mencipatakan all-steel bodied cars pada tahun 1914 dan mencetak rekor dalam pembuatan mobil generasi pertama pada sebuah brand, yaitu sebesar 45,033 unit pada masa nya. Seratus tahun kemudian, nilai yang telah ditanamkan oleh Dodge Brothers telah berkembang yang menjadikan Dodge sebagai brand otomotif termuda dan paling berkembang di Amerika Serikat.

Dengan sejarah 100 tahun yang kuat serta semangat berinovasi yang telah ditanamkan, Dodge telah meraih beragam kesuksesan seperti, teknologi-teknologi yang terdepan di era 1930 – 1940, evolusi desain pada tahun 1950, motorsport atau balap pada tahun 1960, era horsepower pada 1970, era efisiensi pada 1980 dan era desain pada 1990 dan akan terus berkembang di masa yang akan datang.

Seiring dengan berkembangnya brand Dodge dan bergabungnya brand SRT (Street and Racing Technology), Dodge telah menanamkan performa terbaik terhadap seluruh line-up nya. Dodge dan SRT akan menghadirkan line-up produk berperforma tinggi yang akan diminati oleh konsumen.

Brand Dodge akan mencerminkan ‘mainstream performance’ sedangkan SRT akan mencerminkan ‘ultimate performance’. Bersama-sama, kedua brand ini akan menghasilkan produk terbaik berperforma tinggi dengan satu visi dan satu kata.
Kunjungi website http://www.dodge.co.id/ untuk informasi lebih lanjut.

Sejarah Brand Dodge

Dodge didirikan oleh Horace Elgin Dodge dan John Francis Dodge pada tahun 1900 sebagai pemasok sparepart untuk perusahaan otomotif di kota Detroit. Perusahaan Dodge Brothers bertumbuh dan memulai untuk memproduksi mobil pada tahun 1914, dengan nama Dodge Brothers Model 30.

Mobil Dodge Brothers Model 30 digunakan oleh tentara Amerika Serikat dan mendapatkan penghargaan pada tahun 1916 oleh pemerintah Amerika Serikat sebagai mobil yang tangguh dan teruji saat digunakan oleh para tentara dalam medan perang di San Miguelito, Sonora, Mexico. Pada perang dunia pertama, hanya mobil Dodge Brothers yang digunakan tentara Amerika Serikat.

Kesuksesan Dodge Brothers terlihat pada tahun 1919, pabrik Dodge Brothers mampu untuk memproduksi 500 mobil per hari namun itupun masih belum mampu untuk mencukupi pemesanan yang ada. Sayangnya kesuksesan ini tidak dapat terus dinikmati oleh Dodge Brothers, dikarenakan penyakit penyakit tubercolosis yang menimpa John Dodge hingga beliau meninggal pada 14 Januari 1920.

Kesedihan menyelimuti keluarga Dodge, terutama saudara kandungnya Horace Dodge, dimana beliau kehilangan rekan kerja, saudara kandung dan teman yang selama ini menemani beliau dalam membangun perusahaan Dodge Brothers. Pada bulan December 1920, Horace Dodge mengakhiri hidupnya akibat penyakit cirrhosis yang menimpa dirinya.

Perusahaan Dodge Brothers dibeli oleh perusahaan otomotif Dillon, Read & Co pada tahun 1925 dan kemudian diakuisisi oleh Chrysler pada tahun 1928. Chrysler melanjutkan kesuksesan Dodge Brothers dan memproduksi mobil legendaris dengan brand Dodge yang hingga hari ini dikenal diseluruh dunia.

Beberapa diantaranya adalah muscle car Dodge Charger & Dodge Challenger, supercar Dodge Viper serta SUV Dodge Durango. Pada tahun 1981, Dodge menciptakan mobil dan segmen baru, yaitu Dodge Caravan yang menempati segmen minivan. Kesuksesan ini diikuti oleh perusahaan otomotif dunia lainnya untuk turut berpartisipasi, memproduksi jenis mobil minivan.

Please follow and like us:

Leave a Reply