IIMS 2014: Visi Tata dengan Design Concept NEXON

IMG_1477

Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) menampilkan sebuah mobil desain konsep yang diberi nama Nexon pada ajang Indonesian International Motor Show 2014 (IIMS) ke 22 di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Presiden Direktur TMDI, Biswadev Sengupta, mengatakan, “Design Concept NEXON adalah sebuah compact SUV yang tenaganya disuplai oleh mesin bensin 1,2 liter smart-boosted, dan motor listrik penggerak kedua roda belakangnya untuk kemampuan berkendara secara 4WD – sistem penggerak terbaru hasil pengembangan Tata Motors.”

“Mesin bensin 3-silinder ini mampu menghasilkan output yang impresif dengan tenaga maksimal 81 kW dan torsi puncak 170 Nm. Torsi tambahan sistem penggerak 4WD yang dihasilkan oleh motor listrik dari kedua roda belakangnya membuat Design Concept NEXON dapat mencapai kecepatan maksimal 180 kpj,” tambahnya.

Tampilan modern desain NEXON yang minimalis dan rapih, terinspirasi dari paduan warna grey jalanan perkotaan dan birunya angkasa.

Kedalaman warna biru eksteriornya yang cerah menggambarkan keindahan sebuah batu permata yang sempurna, birunya dapat menangkap cahaya dan memancarkan kilauan energi khas batu permata. Sementara itu padanan warna neutral grey dan garis aksen berwarna putih berhasil menyelaraskan tampilan interiornya dengan warna eksteriornya secara harmonis.

Design Concept NEXON melanjutkan identitas bahasa desain terbaru Tata Motors lewat pintu DLO (day-light opening) yang pertama kali ditampilkan pada mobil konsep Tata Megapixel, garis bahu memanjang yang menonjolkan kesan atap melayang (floating roof), dan siluet lekuk bodi SUV yang ramping dan dinamis. Semuanya itu berhasil membuat NEXON terlihat compact dan sporty.

Ekspresi kekar yang menyelimuti Design Concept NEXON ditampilkan secara elegan oleh gril depan bergaya baru yang menyatu dengan lampu utama inovatif tanpa lensa berteknologi LED. Elemen desain yang juga untuk pertama kalinya dimunculkan pada Tata Megapixel itu khusus dirancang agar dapat menghasilkan ekspresi lebar dan gagah pada bagian wajahnya.

Tubuh kekarnya semakin ditunjang oleh garis lingkar roda yang tegas di setiap sudutnya seolah memberi kesan bahwa NEXON selalu siap mengajak pemiliknya untuk berpetualang. Elemen desain eksteriornya juga merefleksikan gaya dan kehandalannya.

Pilar depan yang aerodinamis menghasilkan area kaca depan yang lebar untuk visibilitas maksimal, dan atap panoramic glass yang membiarkan cahaya masuk ke dalam interiornya berhasil menciptakan ilusi ruang kabin yang luas. Sistem double-sliding door dan absennya pilar-B juga memudahkan akses keluar masuk kendaraan.

Terdapat pola ornamen konstruksi Jali (ukiran khas India yang biasanya terdapat pada bangunan istana di India) yang sekarang telah menjadi identitas bahasa desain Tata Motors.

Jali diaplikasikan dalam elemen desain Design Concept NEXON dengan cara menghubungkannya dengan elemen-elemen alam, seperti suara (pola kisi-kisi speaker di panel pintu), udara (pola lubang udara gril depan), dan cahaya (detail desain atap dan lubang kisi-kisi ac). Ditambah desain detail lampu kabut yang tampil dominan, semuanya itu bersatu dan menciptakan satu identitas desain yang unik dan harmonis.

NEXON juga menampilkan arsitektur mahakarya interior inovatif dengan panel instrumen yang melayang di dalam satu ruang kabin tak bersekat. Tujuannya untuk menciptakan nuansa dan kesan interior yang lapang. Layar instrumen panel yang lebar ini juga menjadikannya yang pertama di kelasnya yang menyediakan display untuk kursi belakangnya.

Perangkat ini memungkinkan baik pengemudi dan penumpang belakangnya untuk mendapatkan akses terhadap beragam informasi berkendara dan multimedia di dalam ruang kabin yang penuh gaya.

Suhu kabinnya dapat terjaga secara optimal lantaran lubang ventilasi penyejuk kabin tersembunyi pada celah yang membelah dashboard. Cara ini jauh lebih rapin dah ergonomis jika dibandingkan dengan lubang ventilasi ac konvensional.

Tema interiornya yang inovatif ditunjang oleh kursi depannya yang duduk di atas struktur batang penyangga yang selain juga berguna untuk menghubungkan sisi kiri dan kanan mobil juga sekaligus dapat meningkatkan kekokohan konstruksi rangkanya. Absennya pilar B selain dapat menambah kelapangan ruang kabin juga berhasil membuat lantai kendaraan menjadi datar.

Kursi belakangnya dapat dilipat untuk menghasilkan kapasitas bagasi yang lebih besar. Konfigurasi pelipatannya juga mudah dan sangat beragam sehingga dapat membantu untuk beragam aktivitas outdoor. Desain interior yang harmonis dan kaya fitur ini disempurnakan oleh infotainment system dengan smart media controller pada kursi depannya untuk akses pengaturan sistem hiburan kendaraan yang intuitif dan mudah.

Please follow and like us:

Leave a Reply