IIMS 2014: All-New Alfa Romeo 4C and Giulietta diluncurkan

IMG_1408Peluncuran Alfa Romeo Giulietta serta dihadirkannya Alfa Romeo 4C pada Indonesia International Motor Show 2014 (IIMS 2014) menandakan kembalinya brand ternama asal Italia, Alfa Romeo ke Indonesia. Kedua mobil dari Alfa Romeo menarik perhatian seluruh pengunjung pada ajang IIMS 2014 pada Hall B-1 JiEXPO Kemayoran, Jakarta.

“Dengan menggunakan bahan yang ringan serta memiliki teknologi tinggi yang diambil dari motorsport, mid-engine yang proposional demi pengendalian yang menyenangkan berpadu dengan desain yang indah dan aerodinamis – showcase all-new 4C pada IIMS 2014 bukan hanya untuk memanjakan konsumen tetapi sebagai simbol kembalinya Alfa Romeo ke segmen premium supercar di Indonesia,” ujar Muhammad Al Abdullah, Chief Executive Officer, PT Garansindo Inter Global.

Alfa Romeo 4C diciptakan dengan penuh inovasi dan revolusioner. All-new Alfa Romeo 4C berpegang pada DNA Alfa Romeo yang memposisikan dirinya sebagai salah satu supercar terbaik:

  • Direct-injection 240 HP 1750 Turbo Petrol engine
  • 6-speed Alfa TCT dual dry clutch transmission
  • Top speed 258 km/h dengan catatan waktu 0 – 100 km/jam dalam 4.5 detik
  • Lateral g-force saat deselerasi berada pada angka 1.2g, dan lateral g-force saat akselerasi berada lebih dari 1.1g
  • Weight to power ratio kurang dari 4 kg/HP dengan bobot total yang ringan sebesar 895 kg.
  • Bobot carbon fibre monocoque sebesar 65 kg
  • Produksi 4C dilakukan di pabrik Maserati di kota Modena, Italia

Arti 4C

Alfa Romeo 4C terinspirasi dari sejarah Alfa Romeo yang berawal dari 100 tahun yang lalu dan mencerminkan nilai dan teknologi Alfa Romeo masa kini, yaitu: Italian style, performa dan teknologi terbaik, yang memaksimalkan pengemudian serta tetap menjaga keselamatan penumpang.

Nama ‘4C’ mengikuti tradisi motorsport Alfa Romeo, seperti; 8C dan 6C pada tahun 1930 dan 1940, yang merupakan mobil on-road serta mobil balap dengan kapasitas mesin 8-silinder dan 6-silinder. All-new Alfa Romeo 4C melanjutkan tradisi Alfa Romeo dengan menghadirkan mesin 4-silinder, 1750cc turbocharged direct injection.

Mesin berteknologi tinggi 1750 Turbo berpadu dengan Alfa TCT untuk menghasilkan performa hebat

Mesin yang hebat dan berteknologi tinggi merupakan jantung dari sebuah Alfa Romeo, dan pada Alfa Romeo 4C, mesin all-aluminum 1750cc direct-injection yang menghasilkan 237 horsepower memastikan 4C siap digunakan di sirkuit maupun di jalan raya.

Mesin ini menggunakan teknologi direct-injection, intercooler, dual continuous variable-valve timing (VVT), camshaft with eight counterweights, dan sistem intake dan exhaust untuk mengoptimalkan mid-engine layout dari Alfa Romeo 4C.

Mesin ini berpadu dengan Alfa TCT twin-clutch transmission dengan paddle-shift, yang telah dirancang khusus untuk Alfa Romeo 4C.

Transmisi ini tersambung dengan sebuah software yang dapat menyesuaikan karakter pengendaraan sesuai keinginan pengemudi melalui Alfa DNA selector system, dengan tiga pilihan; Dynamic, Normal dan All-weather. Alfa TCT juga terintegrasi dengan ‘launch control’ – yang memaksimalkan seluruh tenaga mesin dan traksi pada roda.

Ultra-lightweight: carbon fiber, aluminum dan struktur berbahan komposit

Untuk menciptakan bobot yang sangat ringan guna memaksimalkan performa dan pengendalian yang dinamis, para insinyur menggunakan mobil Formula 1 dan supercar terbaik sebagai contoh dalam mengembangkan Alfa Romeo 4C.

Hasilnya adalah monocoque yang seluruhnya terbuat dari carbon fiber, menghadirkan kekuatan yang sempurna untuk performa yang hebat. Terpasang pada monocoque Alfa Romeo 4C adalah cell structure depan dan belakang, roof reinforcements dan kerangka engine-mounting berbahan aluminum yang ringan.

Alfa Romeo 4C diciptakan menggunakan bahan-bahan berteknologi tinggi dan menciptakan body yang seluruhnya terbuat dari SMC (Sheet Molding Compound),dengan ketebalan yang rendah namun kuat dan ringan serta lebih kaku dibandingkan besi.

Penggunaan SMC mampu untuk mengurangi bobot hingga 20% serta penggunaan bahan PUR-RIM (injected polyurethane) pada fascia dan spoiler belakang sehingga lekukan desain dapat dirancang dengan sempurna. Alfa Romeo 4C menggunakan kaca depan dan samping yang 10% lebih tipis dan bobot berkurang hingga 15%.

Tradisi Keindahan dan Fungsional Alfa Romeo

Alfa Romeo 4C terinspirasi dari Alfa Romeo 33 Stradale tahun 1967 yang merupakan sebuah karya desain yang mewah dan indah dari Alfa Romeo serta berperforma tinggi pada jamannya.

Seperti 33 Stradale yang memiliki kombinasi performa dan desain, Alfa Romeo 4C mengikuti nilai yang dipegang pada 33 Stradale dengan desain yang mengalir dan aerodinamis berbahan carbon fiber dan sasis aluminium dan memiliki mesin 4-silinder dengan output besar berkat penggunaan turbocharger.

Cockpit 4C juga terinsipirasi design 1967 33 Stradale, yang memberikan aura mobil balap berperforma tinggi, dimana hanya memiliki komponen dan fitur yang penting dan menunjang pengemudi dalam berkonsentrasi penuh saat mengemudikan 4C.

Sport seats berbahan komposit yang ringan, dashboard berbahan thermoformed serta bahan carbon fiber yang terdapat pada interior, memperkuat 4C sebagai mobil berperforma tinggi. Posisi yang mengemudi yang sempurna mampu untuk didapatkan saat kita berada dalam 4C.

Lingkar kemudi flat-bottom dengan paddle shift, dan pedal gas berbahan alumunium menghasilkan aura kental motorsport. Pada instrument cluster terdapat TFT (thin-film transistor) berukuran 7-inch dan yang menampilkan beragam informasi pengendaraan 4C serta fitur-fitur yang sedang digunakan.

All-new Alfa Romeo Giulietta 2015

Alfa Romeo Giulietta terbaru merupakan premium hatchback 5-pintu dengan desain yang unik berpadu dengan teknologi terbaru yang menempatkan Giulietta sebagai yang terbaik dikelasnya.

Efisiensi: Terlahirnya performa terbaik dengan efisiensi bahan bakar dan rendah emisi

Performa terbaik yang serta system pembakaran yang canggih menjadikan Giuelietta mobil yang efisien. Semua ini dapat tercapai berkat penggunaan transmisi Alfa TCT. Dengan transmisi otomatis terbaru, Giueliatta mampu untuk memberikan kombinasi yang sempurna antara performa maksimal serta efisiensi bahan bakar.

Mesin 1.4-Liter Turbocharged MultiAir menghasilkan 170 Horsepower – yang disalurkan ke setiap roda melalui TCT memberikan akselerasi yang cepat serta tetap menjaga efisiensi bahan bakar dan memiliki nilai CO2 yang rendah dan terbaik dikelasnya.

Mesin dan transmisi berteknologi tinggi menghasilkan akselerasi 0-100 km/jam dapat diraih dalam waktu 7.7 detik dengan top speed 218 km/jam. Performa yang hebat berkat tradisi yang kuat, Alfa Romeo Giulietta dan transmisi TCT memberikan kenikmatan berkendara dengan kombinasi performa dan kenyamanan. Transmisi inovatif Alfa TCT twin clutch transmission melengkapi teknologi Giulietta yang komprehensif.

Pengendaraan yang Sempurna

Giulietta menempatkan dirinya sebagai salah satu mobil dalam line-up Alfa Romeo yang bersejarah, dengan performa dinamis, mengedepankan efisiensi dan nyaman untuk digunakan sebagai kendaraan sehari-hari. Rahasia dibalik kesempurnaan Giulietta terdapat pada riset serta pengembangan teknologi yang dilakukan secara terus menerus.

Hal ini dapat terlihat dari desain arsitektur ‘Compact’ yang dibuat menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi dan kokoh. Desain ini berpadu dengan Dual Pinion active steering dan konfigurasi suspensi MacPherson pada kaki-kaki depan dan Multilink pada kaki-kaki belakang.

Selanjutnya, pengendaraan yang sempurna diraih melalui fitur Alfa DNA selector, yang mengatur suspensi, transmisi, serta tenaga mesin sesuai dengan keinginan pengemudi maupun kondisi jalan.

Desain Alfa Romeo dirancang untuk menyesuaikan dengan beragam kondisi jalan serta gaya mengemudi dan memanfaatkan tiga pengaturan Alfa DNA selector (Dynamic, Normal dan All Weather). Fitur Alfa DNA selector bekerja secara sempurna dan berpadu dengan mesin, transmisi, Q2 electronic differential serta Electronic Stability Control system (ESC).

Kenyamanan interior yang lapang dan mewah

Penggunaan material berkualitas tinggi untuk menciptakan kenyamanan yang sempurna. Penempatan suspensi yang mampu
untuk menciptakan kenyamanan dan kedinamisan dalam berkendara, serta desain pada ruang penyimpanan barang atau bagasi, fender dan pedal gas telah dirancang untuk menjadikan Giuelietta hening saat berkendara.

Kenyamanan merupakan suatu hal yang diutamakan: kualitas dashboard serta kelapangan interior yang menjadikan Giulietta mobil yang mewah untuk berada didalamnya. Ruang penyimpanan yang lapang dengan kapasitas 350 liter berkat jarak antar roda yang lebar.

Uconnect 5″ touchscreen

Dirancang untuk menghasilkan pengalaman berkendara yang sempurna dan menyatu dengan desain interior, sistem multimedia inovatif, Uconnect 5” inch touch-screen dengan voice command, yang menghadirkan kenyamanan dan kemudahan dalam menggunakan fitur-fitur multimedia yang terdapat didalamnya.

Di dalam sistem Uconnect terdapat fitur yang mampu untuk memainkan mediaplayer, iPod, iPhone, dan smartphone yang dapat terkoneksi melalui USB port atau Aux-in.

Sistem ini juga memiliki Bluetooth interface untuk akses fitur tambahan berupa call management maupun membaca SMS melalui text-to-speech technology, serta Audio Streaming yang tersambung dengan perangkat multimedia anda.

Exterior

Moonlight Pearl, Anodizzato Blue and Bronze: warna terbaru yang dihadirkan untuk memperkuat desain all-new Alfa Romeo Giulietta yang mewah dan sporty. Desain grill pada bagian depan serta chrome-plated frame pada fog-light menghadirkan keindahan desain khas Alfa Romeo.

Desain depan Alfa Romeo Giulietta merupakan awal dari keseluruhan desain seluruhnya, yang mengkombinasikan energic personality, elegan dan mewah. Lampu depan memiliki fitur DRL (Daytime Running Lights) dengan teknologi LED. Lampu belakang juga menggunakan LED yang memiliki fungsi keselamatan dan keindahan desain.

Velg berdiameter 17-inci menyatu dengan profil Alfa Romeo Giulietta. Desain jendela samping menyerupai bentuk mobil coupé dan mempertegas garis desain yang mengalir secara sempurna, berkat penggunaan handle pintu belakang yang tersembunyi.

Desain samping dan bahu Giulietta memiliki desain yang bersih, sehingga mobil terlihat lebih panjang dan desain belakang memiliki garis yang sporty.

Interior

Perhatian terhadap detil dan penggunaan bahan berkualitas tinggi yang mencerminkan khas Italia dapat terlihat pada Giulietta. Desain panel pintu serta dashboard yang mewah dan sporty berbahan scratch proof.

Warna interior yang berpadu dengan sempurna memberikan kehangatan dan kesejukan saat kita berada didalam Giulietta. Lingkar kemudi serta jok terbaru menyempurnakan kenyamanan dalam berkendara bagi pengemudi.

Desain yang sporty dengan penggunaan bahan aluminum, serta jahitan pada jok dan bagian – bagian interior pada Giulietta

Alfa Romeo Giulietta memiliki harga Rp 499 juta (off the road) dan sudah dapat dipesan pada 2014 Indonesia International Motor Show.

Brand Alfa Romeo

Desain khas Alfa Romeo yang tegas serta lekukan yang mengalir sempurna merupakan cerminan sejarah Alfa Romeo sebagai brand yang menghasilkan mobil sport premium kelas dunia. Setiap produk Alfa Romeo memiliki perpaduan sempurna desain, performa, kenyamanan dan keselamatan.

Hasil dari inovasi yang dilakukan secara terus menerus serta penggunaan bahan-bahan berkualitas tinggi yang ringan dan mesin berteknologi tinggi, produk Alfa Romeo merupakan yang terbaik dikelasnya dari segi performa dan pengendalian serta pengalaman berkendara.

Leave a Reply