IIMS 2014: Suzuki Luncurkan LCGC Mewah “Karimun Wagon R GS”

DSC_0134

Suzuki Indonesia memperkenalkan produk baru, Karimun Wagon R GS pada gelaran ‘22nd Indonesian International Motor Show’. Karimun Wagon R GS, mobil ramah lingkungan dengan harga terjangkau (Low Cost Green Car/ LCGC) didisain khusus bagi pasar Indonesia terutama keluarga muda dan modern. Karimun Wagon R GS hadir dan tampil dengan ‘muka’ baru yang segar untuk melengkapi jajaran varian Karimun Wagon R yang telah ada saat ini.

Sampai saat ini, SIS telah mengembangkan 4 (empat) model di jajaran Karimun Wagon R, yakni GA, GL, GX, dan DILAGO (Limited Edition), untuk memberikan konsumen sebuah pilihan model untuk memenuhi kebutuhan berkendaranya, selera individu dan gaya hidup. Dengan hadirnya Karimun Wagon R GS, Suzuki telah mengembangkan varian yang ada untuk memenuhi permintaan pasangan/ keluarga muda dan urban akan sebuah mobil yang gaya dan terkini dimana sesuai gaya hidup mereka.

Dengan perkembangan ‘muka’ baru yang berbeda dan sejumlah penambahan baru terkini, Karimun Wagon R GS menawarkan keseimbangan sempurna antara penampilan dan performa, bentuk dan fungsi, keanggunan dan kegunaan. Hal – hal tersebut dapat memperluas pangsa pasar karimun Wagon R terhadap target pengguna dan pembeli, yaitu pasangan/ keluarga muda dan urban.

Secara konsep & desain Karimun Wagon R GS dikembangkan sebagai kendaraan yang memiliki kabin yang luas, Multi guna, praktis, bahan bakar yang efisien.

DSC_0132

Karimun Wagon R merupakan mobil kompak dengan bentuk kotak dan stabil. Untuk menjadikan tampilan yang lebih gaya dan segar maka bentuk Karimun Wagon R GS diperhalus dari model Karimun Wagon R yang sudah ada saat ini. Desain baru ini memberikan ‘muka’ Karimun Wagon R yang berbeda dan gaya, dengan buritan garis yang diperhalus pada desain depan bumper baru yang mengintegrasikan lampu kabut/ fog lamp yang dinamis dengan chrome garnish, stylish straight-line reflector grille, dan projector headlamps yang kilau dan ekspresif sinarnya. Logo Suzuki ‘S’ disematkan di tengah ‘wajah’ agar terlihat ekspresi karakter yang kuat dan kontemporer. Untuk menambah lekuk garis yang stylish maka Karimun Wagon R GS hadir tanpa roof rail yang terintegrasi.

Sentuhan halus yang sama memberikan desain baru pada bumper belakang, dan posisi logo ‘Garuda’ yang khas yang terletak di tengah bagian pintu bagasi seperti yang ada di jajaran model Karimun Wagon R. Karimun Wagon R GS tersedia dalam 8 warna menarik yang sesuai dengan pengguna berjiwa muda: Splash Green, Lagoon Turquoise, Pearl White, Silky Silver, Graphite Grey, Cool Black, Radiant Red, dan Burgundy Red.

Interior
Walaupun bentuk luar Karimun Wagon R GS terlihat kompak, namun bentuk kotak yang proporsional dan tinggi membuat model Karimun Wagon R dapat mengoptimalkan ruang yang ada di dalam nya/ bagian interior dapat mengakomodir 5 orang dewasa dengan nyaman, bahkan pada saat berkendara jauh.

Nuansa premium black/ hitam pada bagian interior Karimun Wagon R GS memberikan kesan stylish dan berkelas. Warna hitam digunakan secara elegan, terutama di kain pelapis/ upholstery pada tempat duduk Karimun Wagon R GS. Ventilasi AC pada Dashboard mobil didesain dengan sentuhan berwarna hitam, yang menampilan chrome bezel. Penggunaan aksen chrome pada pegangan pintu mobil, dan aksen silver pada stir mobil membuat interior mobil menjadi semakin elegan dan gaya.

Karimun Wagon R GS memiliki sejumlah kompartemen di dalam interiornya, seperti kantong dan juga nampan yang terletak di jok depan mobil. Lalu, pintu belakang yang terbuka dengan lebar, memudahkan penumpang ketika hendak meletakan koper. Dengan jarak 725mm dari dasar ke atas permukaan/ tanah, koper yang besar dan berat dapat dimuat secara lebih mudah. Untuk dapat membawa koper yang besar dan berukuran panjang, ruang bagasi secara cepat dapat diperluas dengan melipat tempat duduk belakang mobil.

Mesin dan Performa
Karimun Wagon R GS menggunakan mesin K10B, DOHC. Mesin 998 cc, 3-silinder dan 12-valve engine ini memiliki daya maksimum/ output maximum dari 68PS/6,200rpm dan torque 90N・m/3,500rpm. Mesin ini berimbang dengan transmisi manual 5-percepatan, membuat sensasi berkendara lebih nyaman dan “hidup”, ditambah pula dengan bahan bakar yang efisien dan baik.

Dikenal ringan dan output yang kuat/ powerful, mesin K10B menggabungkan metal timing chain sehingga memperpanjang kualitas dari mesin mobil dan tentunya menghemat biaya servis. Penghalusan yang dapat membuat mesin mobil terasa ringan dan efisiensi bahan bakar, serta, juga dilengkapi dengan plastic intake manifold, dan mengadopsi multi-point fuel injection.

Untuk membantu pengemudi untuk dapat mengemudi lebih ekonomis, mobil ini terdapat sebuah in-meter gearshift indicator (GSI) untuk menunjukkan pengemudi kapan waktu baiknya untuk mengganti gigi/ persneling yang mana merupakan perlengkapan standarnya.

Keamanan dan Keselamatan
Karimun Wagon R GS dirancang dengan menggabungkan fitur keamanan dan juga keselamatan, sehingga penumpang akan merasa tenang ketika mengendarai mobil ini. Fitur keamanan pada mobil ini diantaranya Sistem Immobilizer yang menggunakan signal dari kunci elektronik sebelum mesin ECU (Engine Control Unit) bekerja. Sistem Keyless Entry menjadi pelengkap dari fitur mobil ini.

Mobil ini juga dilengkapi fitur keselamatan untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari bahaya kecelakaan yakni adanya sabuk pengaman/ seat belt 3-point ELR (Emergency Locking Retractor), yang secara otomatis mengunci dan menahan penumpang ketika terjadi hantaman/ tabrakan secara tiba-tiba. Lalu, Karimun Wagon R GS juga dilengkapi pula dengan child proof rear door locks pada pintu belakang mobil.

Please follow and like us:

Leave a Reply