Pelumas Pertamina Diakui Konsumen Luar Negeri

PertadiAusie-4
Jakarta, 27 November 2009
. Mungkin dari kita ada yang memperhatikan iklan televisi tentang Pelumas Pertamina yang beredar di Australia. Selain di Australia, ternyata pelumas Pertamina juga sudah dipasarkan ke Belgia, Pakistan, UEA, Myanmar, Singapura, Taiwan, dan beberapa negara yang lainnya. Ini merupakan salah satu bukti bahwa pelumas Pertamina diakui oleh konsumen dunia.

Sebagaimana kita ketahui bahwa PT. Pertamina (Persero) melalui Unit Bisnis Pelumas sudah meluncurkan perlumas berkualitas tinggi untuk pasar Australia (lihat artikel sebelumnya).  Namun demikian, acara resmi peluncuran baru saja dilakukan oleh Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Achmad Faisal, Ministry of Transportation NSW (New South Wales), beserta dengan Konjen Republik Indonesia di Wisma Negara Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Sydney pada 23 Oktober 2009 lalu.

Achmad Faisal menjelaskan, segmen pelumas yang dipasarkan ke konsumen Australia meliputi segmen otomotif dan industri dengan mereka pelumas berkualitas tinggi seperti jenis Fastron, Prima XP, Meditran SX dan lain-lain.

‘”Bukti pelumas kami berkualias tinggi adalah dari sertifikat yang diberikan oleh API (American Petroleum Institute),  JASO (Japanese Automobile Standard Organization), ACEA (Assosiation des Constructeurs European d’Automobiles), Volvo dan DaimlerChrysler untuk sektor otomotif. Serta mendapatkan sertifikat dari industri pabrikan Komatsu, Niigata, Caterpillar, Wartsila, dan lain-lain untuk segmen pelumas Industri,” papar Faisal.

Pasar Australia sangat menarik bagi Pertamina, selain karena jaraknya yang relatif dekat dengan Indonesia, juga memiliki nilai yang cukup prestisius karena termasuk negara western country ‘negara barat’. Informasinya  bahwa kebutuhan pelumas Australia sekitar 550.000KL/th.

Sumber artikel: Press Release Pertamina

Sasaran pasar awal penjualan pelumas Pertamina adalah segmen otomotif, baik top-tier maupun mid-tier, dengan kebutuhan 260.000KL (48 persen dari kebutuhan nasional). Jaringan pemasaran yang dibidik adalah independent garage, taxi pool, bus/truck pool, dan toko-toko pengecer autoparts yang sifatnya independent (non-chain).

Menurut Faisal, untuk tahun pertama pihak Pertamina akan menargetkan penjualan sekitar 3-5 container per buIan.”Dengan perkiraan pertumbuhan bisnis 15-20 persen per tahun, diharapkan pada tahun 2015 bisnis pelumas Pertamina di Australia sudah mencapai di atas 5.000KL/tahun,” ujarnya.

Dalam mendistribusikan pelumas dan melayani konsumen di Australia, Pertamina telah menunjuk satu Country Distributor, Offshore Lubricants, Pty Ltd yang ber-alamat di 28 Bryant Street, Padstow NSW 2211 Australia. Saat ini Offshore Lubricant telah memesarkan Pelumas Pertamina  ke beberapa independent garage, perusahaan taksi, gas station, dan lain-lain.

Penetrasi pelumas Pertamina di berbagai kota dan negara bagian Australia terus ditingkatkan, sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama pelumas Pertamina akan semakin mudah diperoleh konsumen Australia.

Pertamina sebagai produsen minyak dan gas yang telah berusia 52 tahun menjalankan bisnis yang ter-interigasi dari eksplorasi dan produksi, pengolahan hingga pemsaran produk, baik didalam negeri maupun keluar negeri. Di dalam negeri, pelumas Pertamina merupakan market leader yang menguasai lebih dari 54 persen pasar domestik.

Sementara itu, diluar negeri, pelumas Pertamina sudah dipasarkan di Belgia, Pakistan, UEA, Myanmar, Sianmgpura, Taiwam, dan negara lainnya. Ini menunjukkan kualitas pelumas Pertamina sudah diakui oleh konsumen dunia.

Please follow and like us:

2 thoughts on “Pelumas Pertamina Diakui Konsumen Luar Negeri

  1. […] Produk pelumas Pertamina telah diterima di pasar international, lihat artikelnya di sini. […]

  2. Hebat euy produk lokal bisa diterima di luar negeri…..

    Hal semacam ini niy yang patut di tiru…

    Good Job

    :iloveindonesia :tabrakan: :heart:

Leave a Reply