IIMS 2014: Dukung industri otomotif nasional, agar Indonesia semakin jaya

Design IIMS 2014

Sebagai pameran otomotif terbesar di Indonesia, The 22nd Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 yang akan berlangsung pada 18-28 September 2014 di Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta ingin menunjukkan dukungannya terhadap perkembangan industri otomotif lokal.

GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) sendiri telah lama mendorong majunya industri pendukung asli Indonesia, dan saat ini GAIKINDO mengharapkan penggunaan kandungan lokal dalam produksi kendaraan roda empat dapat mencapai 87% setelah sebelumnya target penggunaan kandungan lokal sebesar 80 – 85% telah dicapai.

GAIKINDO juga menjelaskan bahwa saat ini komponen-komponen kunci di dalam mobil seperti bodi, engine, transmisi, steering dan rem sudah bisa dibuat di Indonesia, sedang komponen yang hingga saat ini hanya sedikit jumlah item yang masih impor, sehingga tidak menutup kemungkinan dalam beberapa tahun kedepan penggunaan kandungan lokal akan terus meningkat.

Untuk mendukung industri lokal, IIMS 2014 bekerjasama dengan Departemen Perindustrian akan merangkul Industri kecil menengah (IKM), untuk memamerkan hasil produksi mereka selama pameran berlangsung. Selain itu IIMS juga akan memboyong beberapa karya mahasiswa teknik dari universitas ternama seperti Universitas Indonesia dan Universitas Trisakti.

“IIMS ingin memberikan dukungan untuk perkembangan industri otomotif Indonesia, dan tanpa terkecuali tahun ini, kami harapkan dengan dihadirkannya produk karya anak bangsa akan mendapatkan sorotan lebih baik dan tentunya dapat mendorong perkembangannya,” tutur Johnny Dharmawan sebagai Ketua Penyelenggara IIMS 2014 di acara prescon di Jakarta, Kamis 28/8/14.

Ia juga menambahkan bahwa harapan akhirnya agar produk buatan lokal dapat menjadi raja di negerinya sendiri. “Kami dukung industri otomotif nasional agar produk Indonesia Indonesia semakin jaya,” katanya.

Berbagai program sosial juga disasarkan untuk menfasilitasi dukungan untuk perkembangan generasi muda, tahun ini IIMS kembali mengadakan program Student Visit to APM Assembling Plant.

Melalui program ini, para siswa akan mendapatkan penjelasan serta pengalaman langsung mengenai proses kerja dari tiap-tiap APM. Selain itu IIMS juga kembali akan mendonasikan lebih dari 5.000 buku yang memiliki muatan pesan mendidik untuk balita dan usia sekolah, sasarannya adalah anak jalanan dan juga anak yang putus sekolah.

Diharapkan melalui buku anak-anak tersebut akan kembali termotivasi untuk belajar agar dapat membangun hidup yang lebih baik. Untuk mendukung program ini, IIMS juga mengajak masyarakat untuk ikut menyumbangkan buku-buku pendidikan anak usia dini ke beberapa drop box yang tersebar di 2 mal besar di Jakarta, diantaranya Tamini Square dan Mall Artha Gading.

Drop box juga akan tersedia di 6 cabang toko buku Gramedia di Jakarta, Depok dan sekitarnya, mulai dari Gramedia Matraman, Gramedia Kelapa Gading, Gramedia Grand Indonesia, Gramedia Central Park, Gramedia Pondok Indah, dan juga Gramedia Depok.

Leave a Reply