Teknologi di balik Mesin Fiesta EcoBoost 1.0 L

New Fiesta EcoBoost 1.0 L Media Ride & Drive Bali

New Fiesta EcoBoost 1.0 L Media Ride & Drive Bali

Pada acara New Fiesta EcoBoost 1.0 L Media Ride & Drive, di Bali Senin dan Selasa (11-12/08/2014) kemarin, PT Ford Motor Indonesia (FMI) juga membahas teknologi baru yang tersemat dalam EcoBoost, termasuk semua kelebihan yang dimiliki hatchback asal Amerika Serikat ini, tapi tidak dimiliki mobil lain.

“EcoBoost 1.0 liter adalah mesin 3 silinder pertama Ford, mesin ini diriset di pusat penelitian dan pengembangan di Jerman dan Inggris. Yang membedakan mesin ini dari mobil lainnya adalah adanya turbocharger mini serta minimnya vibrasi yang kerap ditimbulkan oleh mesin dengan jumlah silinder ganjil,” kata Gumgum Prijadi, Marketing Director PT FMI, di sela-sela test drive Bali.

Turbocharger Mini
Gumgum memaparkan teknologi turbocharger itulah yang menjadi kunci kehebatan mesin EcoBoost 1.0 liter. Turbocharger mini ini dapat berputar dengan cepat sehingga menghasilkan dorongan tenaga yang kuat, dan menimbulkan karakter fun-to-drive New Fiesta EcoBoost 1.0L.

Split Cooling
Seperti turbo pada mesin konvensional, tentu dibutuhkan sistem pendinginan mesin yang prima. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Ford menciptakan sistem split-cooling sebagai pengganti intercooler. Sistem split-cooling ini bekerja dengan cara mendinginkan blok mesin dan head cylinder terbukti efisien dalam mengelola suhu mesin.

Pompa minyak variabel
Pelumasan berdasarkan kecepatan dan beban mesin menghemat energi dengan hanya memberikan jumlah pelumas seperlunya, berbeda dari mesin biasa yang memberikan pelumas pada tingkat yang telah ditetapkan. Pengurangan energi yang terbuang menghasilkan penghematan bahan bakar yang lebih baik.

Offset crankshaft
Piston diposisikan dalam silinder untuk efisiensi yang optimal, mengurangi gesekan mesin. Pengendara merasakan respons yang lebih baik dan akselerasi yang lebih cepat untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Timing belt mesin yang direndam dalam pelumas
Hal ini mengurangi gesekan dan menurunkan kebisingan dibandingkan dengan sabuk kering. Bagian dalam mesin tersegel erat yang juga berfungsi untuk mengurangi kebisingan. Hal ini menghasilkan mesin yang berjalan lebih senyap dan sabuk tidak pernah perlu diganti, sehingga menurunkan biaya perawatan.

Exhaust manifold
Manifold ini dicetak ke kepala silinder, bukan sekadar ditempelkan seperti pada sebagian besar mesin, sehingga mengurangi berat hampir satu kilogram. Hal ini memastikan campuran bahan bakar dan udara yang optimal dan membantu pemanasan mesin yang lebih cepat sekaligus meningkatkan penghematan bahan bakar.

Sistem pemasangan mesin optimal
Komponen logam dan karet yang menghubungkan mesin ke bodi mobil merupakan hak cipta dan telah dipatenkan. Sistem ini melindungi kerangka kendaraan dari daya getar mesin, menghasilkan kemulusan ekstrem pada semua kecepatan.

“Semua inovasi inilah yang membuat EcoBoost 1.0 liter mendapatkan nilai tertinggi dalam sejarah penghargaan International Engine of the Year. Ford merupakan satu-satunya dari tiga produsen mobil yang mencatat kemenangan beruntun selama tiga tahun berturut-turut. Ini kampanye buat menandingi kekuatan brand lain,” tutup Gumgum.

Leave a Reply