Mesin Ford 1.0-liter EcoBoost raih The International Engine of the Year 2014 untuk tahun ketiga

Ford 1.0L EcoBoost

Mesin bensin kecil yang mentenagai kendaraan Ford seperti new Fiesta ini telah mengungguli persaingan dari brand premium dan supercar untuk memenangkan “piala Oscar” dunia mesin tiga kali berturut-turut untuk pertama kalinya.

Mesin 1.0-liter EcoBoost milik Ford Motor Company – yang mengurangi konsumsi bahan bakar tanpa mengorbankan tenaga – dinobatkan sebagai International Engine of the Year 2014 untuk kenyamanan berkendara, performa, ekonomi bahan bakar, penyempurnaan dan teknologi.

Panel yang terdiri dari 82 jurnalis otomotif dari 35 negara ini juga menobatkan 1.0-liter EcoBoost sebagai “Best Engine Under 1.0-litre” untuk tahun ketiga secara berturut-turut di Engine Expo 2014, di Stuttgart.

“Mengantarkan paket lengkap dari penghematan bahan bakar dan performa yang mengejutkan, kesenyapan serta kehalusan yang membuat terpana, kami tahu mesin kecil 1.0-liter ini akan menjadi game changer,” ujar Bob Fascetti, vice president, Ford Powertrain Engineering. “Melalui pendekatan One Ford kami terhadap pengembangan, EcoBoost terus menetapkan tolok ukur untuk tenaga yang dikombinasikan dengan efisiensi bahan bakar dari mesin bensin kecil.”

Mesin ini sekarang telah memenangkan 13 penghargaan utama. Selain mengumpulkan tujuh penghargaan International Engine of the Year dalam tiga tahun – termasuk Best New Engine pada tahun 2012 – 1.0-liter EcoBoost juga telah memenangkan International Paul Pietsch Award 2013 untuk inovasi teknologi di Jerman; Dewar Trophy dari Royal Automobile Club di Inggris Raya; dan Breakthrough Award dari majalah Popular Mechanics di AS. Ford juga merupakan produsen mobil pertama yang memenangkan trofi Ward’s 10 Best Engines untuk mesin tiga silinder.

“Tahun ini merupakan kompetisi terketat yang pernah ada, namun 1.0-liter EcoBoost terus bersinar dengan segala keunggulannya – penyempurnaan hebat, fleksibilitas mengejutkan dan efisiensi yang luar biasa,” kata Dean Slavnich, co-chairman penghargaan International Engine of the Year ke-16 dan editor majalah Engine Technology International. “Mesin 1.0-liter EcoBoost adalah salah satu contoh teknik rekayasa powertrain yang paling sempurna.”

Langkah maju 1.0-liter EcoBoost

Diluncurkan di Eropa pada tahun 2012 bersama Ford Focus, 1.0-liter EcoBoost kini tersedia lebih jauh di sembilan kendaraan: Fiesta, B-MAX, EcoSport, C-MAX dan Grand C-MAX, Tourneo Connect, Tourneo Courier, Transit Connect dan Transit Courier.

All-new Mondeo akan melanjutkan perguliran mesin 1.0-liter EcoBoost di Eropa saat diluncurkannya pada akhir tahun ini; mesin terkecil untuk spesifikasi seperti mobil keluarga yang besar ini.

Telah tersedia dalam 100 PS dan 125 PS, Ford baru saja menampilkan versi 140 PS baru mesin ini dalam model new Fiesta Red Edition dan Fiesta Black Edition; produksi volume mobil jalanan 1.0-liter yang paling bertenaga selama ini, dapat mencapai 0-100 km/jam (0-62 mph) dalam waktu 9 detik, kecepatan atas 201 km/jam (125 mph) dan mengantarkan 4,5 I/100 km (62,8 mpg) dan 104 g/km CO2*.

Kendaraan Ford yang dilengkapi dengan 1.0-liter EcoBoost sekarang bertanggungjawab atas satu dari lima kendaraan Ford yang terjual di 20 pasar Eropa tradisional Ford **. Selama lima bulan pertama di tahun 2014, pasar dimana 1.0-liter EcoBoost terbukti paling populer adalah Belanda (38 persen dari seluruh kendaraan yang dibeli), diikuti oleh Denmark (37 persen) dan Finlandia (33 persen).

Fasilitas Ford Eropa di Cologne, Jerman dan Craiova, Romania, memproduksi mesin EcoBoost baru setiap 42 detik dan baru-baru ini melewati milestone 500,000 unit.

“Tiga tahun telah berlalu dan banyak mesin tiga silinder baru yang bermunculan, namun Ford 1.0-liter EcoBoost tetap menjadi yang terbaik, “kata Massimo Nascimbene, juri dan penulis, Italia.

Kekuatan Global

Kendaraan Ford yang dilengkapi dengan mesin 1.0-liter EcoBoost sekarang tersedia di 72 negara di seluruh dunia. Pelanggan di AS pada akhir tahun ini akan dapat membeli new Focus 1.0-liter EcoBoost, dengan Fiesta 1.0-liter EcoBoost sudah tersedia di dealer sekarang.

Vietnam chose the 1.0-litre EcoBoost engine.

Ford baru-baru ini memulai produksi 1.0-liter EcoBoost di Chongqing, Cina, mendukung permintaan di Asia Pasifik. Untuk kuartal pertama tahun 2014, lebih dari satu per tiga pembeli new Fiesta di Vietnam memilih mesin 1.0-liter EcoBoost.

“Kesuksesan mesin 1.0-liter EcoBoost melesat dengan cepat. Semenjak peluncurannya kami kini telah memperluas ketersediaan mesin 1.0-liter EcoBoost melalui jajaran kendaraan Ford dan melalui pasar di seluruh dunia untuk menetapkan tolok ukur global baru dalam teknik rekayasa powertrain yang mengantarkan manfaat langsung kepada pelanggan – baik dalam hal efisiensi bahan bakar maupun performa,” kata Barbara Samardzich, Chief Operating Officer, Ford Eropa.

Teknik rekayasa inovatif

Lebih dari 200 ahli mesin dan desainer dari pusat penelitian dan pengembangan Ford di Aachen dan Merkenich, Jerman, dan Dagenham dan Dunton, Inggris – menghabiskan lebih dari lima juta jam mengembangkan mesin 1.0-liter EcoBoost.

Mesin kompak, dengan turbocharger inertia rendah berputar hingga 248.000 rpm – lebih dari 4.000 kali per detik dan hampir dua kali lipat rpm maksimum dari turbocharger mesin mobil balap F1 tahun 2014.

Turbocharger pada mesin 1.0-liter EcoBoost 140 PS dapat mengantarkan 1.6 bar (24 psi) tekanan gas awal. Tekanan tembakan puncak sebesar 124 bar (1.800 psi) setara dengan gajah Afrika dengan berat lima ton yang berdiri di atas piston.

Dengan blok mesin cast iron yang cukup kecil untuk muat di dalam kompartemen bagasi atas kepala penumpang pesawat, mesin ini juga dilengkapi kepala silinder aluminium dengan knalpot terintegrasi yang dapat menurunkan temperatur gas buang untuk mengoptimalkan rasio bahan bakar terhadap udara. Desain flywheel dan katrol depan yang inovatif menghasilkan kehalusan yang lebih baik dibandingkan dengan desain mesin 3-silinder tradisional.

Gesekan mesin dikurangi dengan piston berlapisan khusus, cincin piston tegangan rendah, penutup crank friksi rendah dan desain cam-belt-in-oil. Penggantian variabel oil pump menyesuaikan kebutuhan pelumasan dan pengoptimalan tekanan minyak, untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

“1.0-liter EcoBoost diciptakan sebagai mesin lebih kecil radikal untuk memenuhi tantangan terbesar otomotif di dunia – tidak ada kompromi untuk penyempurnaan, performa dan ekonomi bahan bakar yang luar biasa,” kata Andrew Fraser, manager, Gasoline Calibration, Ford Eropa. “Rahasia dari kesuksesan EcoBoost adalah rangkaian teknologi inovatif yang mengantarkan manfaat mobil besar dari mesin yang kecil.

Please follow and like us:

Leave a Reply