FORD Sustainability Report 2013-2014: Menyoroti Inisiatif Masa Depan

hp_heroslide_sustainability2014b_1001x527

Ford Motor Company lebih jauh lagi menjalankan komitmennya untuk secara agresif meningkatkan program konservasi air di fasilitas global miliknya dan di antara para pemasok perusahaan, menurut Sustainability Report tahunan ke-15 perusahaan, yang disiarkan hari ini.

Para pemimpin di Ford percaya bahwa memiliki air minum  bersih yang terjangkau dan akses ke sanitasi merupakan hak dasar manusia, dan tahun lalu Ford mengurangi penggunaan air per kendaraan sebanyak 30 persen secara global dari patokan tahun 2009, meraih tujuannya dua tahun lebih awal dari jadwal yang telah ditetapkan.

Rencana masih berjalan untuk lebih jauh mengurangi penggunaan air sebanyak 2 persen lagi tahun ini serta  menetapkan sasaran jangka panjang baru.

“Sebagaimana Ford melanjutkan ekspansi global terbesarnya selama lebih dari 50 tahun,    perusahaan juga menyadari bahwa bekerja di wilayah yang mengalami kesulitan dengan kelangkaan air akan dengan segera membuat air menjadi komoditas yang mahal,” ujar John Fleming, executive vice president, Global Manufacturing and Labor Affairs untuk Ford Motor Company.

“Dari perspektif bisnis, memahami kendala masa depan dan segera mengurangi konsumsi air Ford menjadi masuk akal.” tambahnya.

Pada bulan April, President dan CEO Ford Alan Mulally mendukung CEO Water Mandate untuk secara lebih jelas mendefinisikan misi perusahaan. Inisiatif publik-swasta yang diluncurkan oleh  Sekretaris Jenderal PBB pada tahun 2007 ini mengharuskan seluruh perusahaan yang ikut serta untuk melaporkan kemajuan manajemen air mereka setiap tahun.

Pada akhir tahun ini, Ford akan mulai meminta para pemasok yang menggunakan air dalam jumlah tinggi dan mereka yang bekerja di wilayah yang sulit air untuk secara sukarela melaporkan konsumsi air mereka. Ford kemudian akan bekerja  dengan para pemasok untuk mencapai  pengurangan air. Harapannya adalah

agar inisiatif yang sukses dapat dicontoh  oleh para pemasok lainnya secara global, membantu Ford untuk secara signifikan mengurangi jejak lingkungannya.

Di seluruh dunia,  sudah banyak contoh kesuksesan Ford dalam hal konservasi air. Di Asia Pasifik, Ford telah mengimplementasikan proses produksi yang dinamai Minimum Quantity Lubricant atau MQL di pabrik mesin Ford Changan di Chongqing. MQL secara drastis mengurangi pemakaian cairan pendingin dan air dibandingkan dengan wet machining konvensional.

Untuk jalur produksi yang memproduksi 450.000 mesin, teknologi MQL menghemat sekitar 282.000 galon air setiap tahunnya. Selain itu, pabrik Ford di India, Thailand, dan Cina menggunakan teknologithree-wet paint dan teknologi rotated-entry dip paint untuk mengurangi air serta penggunaan energi dan material.

Di Chennai, India, pabrik perakitan kendaraan dan pabrik mesin Ford sekarang mendaur ulang 100% limbah airnya, sementara itu, kedua pabrik perakitan Ford di Chingqing, Cina, mendaur ulang hingga 100.000 galon air setiap harinya. Hal ini dan proses penghematan air lainnya membawa penghematan air dari tahun ke tahun sebesar 18% per kendaraan di tahun 2013 di seluruh wilayah Asia Pasifik.

“Kami mewujudkan penghematan air melalui teknologi dan proses baru, serta melalui  penggunaan kembali dan juga pemikiran cerdas,” ujar Todd Walton, manager, New Business, Environmental Quality Office, Ford Motor Company Asia Pasifik.

“Konservasi air sangat penting di seluruh dunia terutama di area dengan populasi dan perkembangan yang terus meningkat. Air yang kita hemat membantu untuk  mempertahankan kesehatan dan kemakmuran suatu wilayah dan komunitasnya.” jelas Walton.

Ford mulai bekerja secara strategis untuk meningkatkan dampak pengurangan air perusahaan secara global pada tahun 2000 dengan menetapkan target pengurangan dari tahun ke tahun sebagai bagian dari Global Water Management Initiative.Kesuksean inisiatif tersebut dapat diukur.

Tidak hanya perusahaan telah mencapai tujuan penggunaan air per kendaraan dua tahun lebih awal dari jadwal, perusahaan juga mengurangi penggunaan air global sebanyak 61 persen, atau lebih dari 10 milyar galon, antara tahun 2000 dan 2013.

Penghematan tersebut setara dengan jumlah air yang  dipakai untuk mandi selama 5 menit sebanyak 1 milyar kali, menurut U.S. Environmental Protection Agency. Jumlah total penggunaan air di seluruh dunia di fasilitas Ford juga berkurang dari 64 juta meter kubik per tahun menjadi 25 juta meter kubik.

Hal lain yang disoroti Sustainability Report Ford termasuk:

  • Penjualan hampir 2,5 kali lipat lebih banyak kendaraan bertenaga listrik di tahun 2013 dibandingkan tahun 2012
  • Tindakan Ford untuk meningkatkan transparansi rantai pasokan dan memastikan bahwa mineral di seluruh produk Ford berasal dari sumber yang bertanggung jawab
  • Pengurangan emisi CO2 sebesar 18 persen di fleet Eropa antara tahun 2007 dan 2013
  • Prioritas Ford untuk mempercepat pengembangan produk baru. Peluncuran produk global pada tahun 2014 menampilkan 23 kendaraan baru atau refreshed signifikan, merupakan jumlah terbanyak dibandingkan tahun lainnya selama satu abad

Untuk membaca Sustainability Report Ford Motor Company 2013/2014, kunjungi: http://corporate.ford.com/our-company/sustainability

Leave a Reply