Daihatsu & Toyota Perluas Pasar Ekspor Avanza ke Timur Tengah

5. Photo Session with Avanza Export

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengumumkan keberhasilan memperluas pasar ekspor MPV (multi purpose vehicle) Avanza, ke negara tujuan ekspor baru di Timur Tengah. Peluncuran ekspor Avanza dilakukan tadi pagi Senin, 16 Juni 2014 di Vehicle Logistic Center (VLC) Daihatsu, di kawasan Sunter, Jakarta.

Keberhasilan membuka pasar ekspor baru Avanza ke Timur Tengah ini semakin mengukuhkan pengakuan pasar internasional atas kualitas global kendaraan produksi pabrik perakitan milik ADM di Sunter dan Karawang, yang telah dipercaya oleh Grup Toyota sebagai basis produksi mobil kompak di Indonesia.

Sesuai rencana, ekspor perdana sejumlah 5.000 CBU Avanza tahun 2014 ini akan dikirim ke Negara-negara di Timur Tengah untuk memenuhi kebutuhan akan MPV handal disana.

Sejak produksi perdana akhir tahun 2003 hingga Mei 2014, ADM telah memproduksi Avanza sebanyak 1.394.954 unit yang terdiri dari 1.183.867 unit untuk kebutuhan pasar domestic dan 211.087 unit diekspor ke 44 negara yang tersebar di Asia, Timur Tengah, Afrika dan Amerika Latin.

Proses produksi Avanza (bersama kembarannya Xenia) telah melibatkan 830 supplier dengan jumlah tenaga kerja sekitar 487.000 termasuk perusahaan value chain. Penggunaan komponen lokal pada Avanza saat ini telah mencapai 85% dan diharapkan akan terus meningkat.

“Perluasan pasar ekspor Avanza ke Timur Tengah ini semakin mengukuhkan pengakuan pasar internasional atas kualitas global produk ADM sekaligus keberhasilan koordinasi Grup Toyota” ujar Sudirman MR, Presiden Direktur ADM.

Toyota Grup akan terus mengembangkan usahanya di Negara-negara berkembang (emerging market) dengan menyediakan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Leave a Reply