Toyota gelar National Aftersales Service Skill Contest (NASSC) 2014

aftersale toyota 1

Sebagai bagian dari komitmen Toyota untuk memberikan the best total customer ownership experience, Toyota secara konsisten berusaha memberikan pelayanan yang berkualitas dan dapat memberikan kepuasan bagi pelanggan.

Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Toyota secara berkelanjutan. Untuk itu, Toyota Indonesia kembali menggelar National Aftersales Service Skill Contest (NASSC) 2014 yang digelar di Toyota Training Center, Cibitung, pada 14—15 Juni 2014.

NASSC merupakan bagian dari skema pengembangan SDM di area aftersales yang diinisiasi oleh Toyota Motor Corp (TMC), yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SMD dalam menyediakan pelayanan purna jual sekaligus memilih role model dengan keahlian teknis terbaik.

Acara ini dilaksanakan secara tahunan oleh seluruh distributor Toyota di berbagai negara, di mana para pemenang dari setiap negara akan berpartisipasi dalam acara TMC Annual Assembly di Jepang, yang merupakan ajang apresiasi tertinggi berskala internasional.

Di Indonesia, NASSC pertama kali dilaksanakan pada 1981 dan awalnya hanya diperuntukkan untuk kategori teknisi General Repair. Namun, seiring dengan kebutuhan untuk mengembangkan kualitas SDM aftersales secara lebih menyeluruh, pada akhirnya NASSC diperuntukkan pula bagi berbagai kategori aftersales lainnya seperti Foreman, Teknisi Body, Teknisi Paint, dan Partsman.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Suparno Djasmin, menyebutkan bahwa peningkatan kualitas layanan secara berkelanjutan merupakan tanggung jawab bersama seluruh SDM Toyota di berbagai lini.

“NASSC diharapkan dapat menjadi salah satu tools Toyota Indonesia untuk meningkatkan kualitas SDM dalam menyediakan layanan purna jual kepada para pelanggan setia, sekaligus memilih role model dengan keahlian teknis terbaik,” ujar Suparno, dalam acara Awarding NASSC 2014, hari ini.

Melalui NASSC ini, tuturnya, diharapkan dapat mencetak SDM di area aftersales yang mempunyai keterampilan teknis yang handal dan berkualitas, sehingga mampu memberikan pelayanan yang berkualitas bagi para pelanggan setia Toyota.

Dia menyebutkan, NASSC tahun ini dilaksanakan untuk dua kategori yakni teknisi General Repair dan Foreman. Ajang NASSC 2014 mengangkat tema “Quality Is Ours”. Tema tersebut, lanjutnya, merupakan bentuk komitmen Toyota untuk selalu memberikan pelayanan purna jual dengan kualitas terbaik yang mampu melampaui harapan pelanggan.

Di bagian lain, Suparno mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan seperti NASSC ini semakin menegaskan akan komitmen Toyota dalam memberikan The Best Total Ownership Experience kepada para pelanggan.

Dengan terus melakukan standarisasi keahlian secara nasional dan meningkatkan kualitas mekanik/teknisi, lanjutnya, Toyota juga semakin siap dan optimis dalam menghadapi kebutuhan para pelanggan.

Salah satunya, urainya, adalah memenuhi kebutuhan pelanggan untuk melakukan perawatan rutin atau servis berkala, terutama dalam mempersiapkan kendaraan yang aman, nyaman, dan dalam kondisi prima untuk keperluan perjalanan mudik Lebaran yang tidak lama lagi.

Leave a Reply