Test Drive RENAULT KOLEOS 2.5L Bose Edition

IMG_7467

Akhir pekan yang lalu pada 6-9 Juni 2014, OTOSL mendapat pinjaman unit mobil SUV (sport utility vehicle) RENAULT KOLEOS 2.5L Bose Edition. Mobil milik Renault Indonesia tentu saja ikut dicoba oleh istri dan adik. Kesimpulan singkat atas komentar mobil ini adalah nyaman, enak, bahkan galak yang mampu melesat kencang 10.3 detik untuk jarak 0-100 km.

Renault Koleos 2.5L Bose Edition memiliki kenyamanan saat berkendara apalagi audio sound systemnya dilengkapi dengan merek Bose. Handlingnya mudah, tarikannya enak, suara mesin halus, suspensinya empuk dan setidaknya OTOSL sudah mencoba sendiri dan merasa puas dengan mobil ini.

Bagi sebagian orang masih merasa asing dengan bagian eksteriornya karena memiliki lekukan bodi yang berbeda dengan merek lain. Namun menurut info yang ada, Renault Koleos merupakan merupakan hasil karya penggabungan antara dua merek terkenal yaitu Renault dan Nissan.

Tak heran jika bodi Renault Koleos ini rada nyeleneh seperti dengan bodi Nissan Juke. Uniknya Nissan Juke dulu disebut orang memiliki tampilan bodi yang aneh, mengundang perhatian. Yang semula dirasa aneh tapi belakangan malah semakin disukai. Apakah kehadiran Renault Koleos ini bakal sama seperti Nissan Juke tersebut? Entahlah.. waktu akan bicara lebih banyak.

Dari segi interior, Koleos tidak terlalu mewah bahkan bisa dibilang kaku dan sederhana seperti mobil-mobil Eropa yang lainnya, tapi yang menarik bagi OTOSL mobil ini memiliki fitur yang lengkap yang memberikan banyak kemudahan dalam banyak hal disaat pengemudi sedang berkendara Renault Koleos.

OTOSL merasakan kenyamanan saat berkendara di dalam kota Jakarta, baik di kemacetan, jalan sempit maupun jalan tol yang semuanya memberikan kenikmatan. Sewaktu dijalan tol OTOSL sekali-kali memainkan tuas transmisi AT dengan pilihan manual, hal ini diperlukan saat mendahului kendaraan didepan dengan cepat dan mobilpun menjadi lebih gesit.

Selain Koleos 2.5L Bose Edition, Renault menawarkan pilihan kedua yaitu Koleos 2.5L Standard. Kedua mobil ini sama-sama mengusung mesin berkapasitas 2.488 cc CVT Automatic Transmission 6 Speed, tenaga disalurkan pada putaran roda depan, bahan bakar bensin, kompresi rasio 9.6, dengan maximum power 126 PS / 6000 rpm dan masimum torsi 226 Nm / 4400 rpm.

Fitur-fitur Koleos antara lain warning sensor (sensor peringatan), reserve camera (kamera parkir), blind spot detector, rem parkir elektrik, dual-zone climate control, cruise control, dan peta (navigasi satelit), airbag depan, airbag samping, ABS with EBD and EPA, fog lamps, auto dual zone AC, speed limiter, dan key smart card. USB pun sudah tersedia, dan beruntung OTOSL sering membawa USB untuk menikmati berbagai pilihan lagu.

Renault Koleos 2.5L ini dijual dengan harga Rp. 452,5 juta (Bose Edition) tapi ini belum dilengkapi dengan fitur Sun Roof atau Panoramic Roof yang sudah menjadi trend saat ini. Juga sistim pengaturan kursi pengemudi masih manual belum electonic.

Namun setidaknya kehadiran Renault Koleos 2.5L ini menjadi warna baru sebagai salah satu pilihan SUV modern diantara berbagai merek sudah ada seperti Honda CRV, Mazda CX5, Chevrolet Captiva, Hyundai Santa Fe dan merek lainnya. Jika anda ingin tampil beda dan ingin memiliki mobil yang tidak pasaran (jarang) bisa jadi Renault Koleos ini menjadi pertimbangan.

Leave a Reply