Superior Driving Dynamics tersedia di New Chevorlet Captiva

 

IMG_7528

Chevrolet Captiva dikenal karena kualitas ride-and-handling nya yang superior. Namun, apa yang benar-benar membedakannya? Desain dan teknis hanya setengah dari keseluruhan jawabannya. Bagi sebuah kendaraan untuk memiliki karakter disain dan rekayasa selama proses pembuatan, proses manufaktur harus dapat membangun kualitas terbaik ke dalam kendaraan.

Dalam hal Captiva, sebuah monocoque– struktur yang menopang badan mobil – yang kokoh adalah dasar dari rasa berkendara (handling) yang baik, kualitas mengemudi dan interior yang senyap.

Namun, karakeristik ini harus terintegrasi; bukan merupakan atribut tambahan. Yang membuat monocoque sangat kokoh adalah caranya didesain dan dibangun, termasuk diantaranya penempatan titik-titik rekatan (welding) secara strategis dan distribusi beban secara kreatif di seluruh rangka

Eksekusi desain dan proses pembuatan sangat bergantung pada banyak faktor, terutama pemotongannya yang sangat presisi dan mendetill dan pressing panel bodi serta proses pengelasan berkualitas tinggi. Karena dinamika berkendara yang buruk dan kebisingan merupakan karakteristik yang tidak dapat ‘diperbaiki’, sangatlah penting bahwa Press and Body Shops mengikuti prinsip yang disebut ‘Built-In Quality’ (BIQ).

Deputi Direktur Product Engineering, GM Indonesia Manufacturing, Rahmat Septriwan dalam acara launching New Chevrolet Captiva mengatakan,

“Built-in Quality memungkinkan kita dalam mengontrol kualitas pembentukan dengan mengendalikan proses pembentukannya. Ini berarti kualitas dibangun ke dalam kendaraan, tidak dipaksa masuk. Dengan mengontrol proses ini, kami mengontrol produk, dan kualitas.”

“Sejalan dengan prinsip BIQ, setiap proses dalam Press and Body Shop dikendalikan, berdasarkan standar global dan metode yang terangkum dalam Quality Pillars. Proses kontrol dimulai bahkan sebelum lembaran metal sampai medekati stamping dies, hingga ke akhir proses. Sebuah tim engineering ditempatkan di akhir proses untuk memastikan pembangunan kualitas sesuai dengan standar,” tambah Rahmat.

The Quality Pillars, bagian dari prinsip Built-in-Quality dari GM, adalah sebuah konsep yang diluncurkan oleh GM North America beberapa tahun yang lalu. Mereka mengkategorikan area fokus berdasarkan umpan balik dari pelanggan atau Voice of Customers, dan para pemangku kepentingan internal. Setiap bagian – Press, Body, Paint dan General Assembly, memiliki Quality Pillar sendiri, yang mengatur proses tertentu. Ini memastikan proses pembangunan benar-benar dikontrol dan kualitas produk sudah terbangun di dalamnya.

“Tujuan kami adalah untuk membangun sebaik-baiknya sejak awal, mengintegrasikan kualitas sejak awal untuk mencegah cacat produk. Kami juga memiliki standar pemeriksaan termasuk pemeriksaan secara acak (random checks) sepanjang proses produksi untuk memastikan tidak ada produk yang cacat. Kami juga terus meningkatkan proses kami secara berkesinambungan, berdasarkan masukan dari sumber eksternal dan internal,” kata Rahmat.

Setiap pembuatan dimulai dari Press Shop, di mana lembaran logam datar ditekan untuk membentuk bagian-bagian dan panel kurva dan relung Captiva. Presisi menjadi sangat penting karena dimensi yang akurat berkontribusi terhadap gap pada panel besar yang akhirnya mempengaruhi sistem aerodinamis. Selain itu, dimensi yang salah juga dapat mempengaruhi ride and handling quality.

Pengendalian mutu pada Press Shop memastikan panel ke 300 secara presisi identik dengan pressed panel yang pertama. Celah tipis antara seams, fenders, bonnets dan panel lain juga meminimalkan kebisingan angin serta menciptakan penampilan yang lebih solid seperti yang terlihat pada Captiva.

Quality pillar lain yang tak kalah penting di Press Shop adalah Surface Quality. Lembaran logam dari pemasok diperiksa untuk mencegah kekurangan dan cacat dan ini merupakan hal yang penting untuk model top-of-the-range yang seperti Captiva.

“Sebuah penyok kecil atau gelombang, yang tidak terlihat dengan mata telanjang, akan diperbesar dan akan sangat terlihat saat pengecatan telah dilakukan. Saat hal ini telah terjadi di Paint Shop, maka semua sudah terlambat. Panel dari high-precision dies kami harus sudah dalam kondisi sempurna, “kata Rahmat.

Untuk memastikan kualitas permukaan, tim manufacturing telah menambahkan proses baru ke pilar Surface Quality. Proses baru menempatkan panel, yang ditutupi dengan minyak, di bawah pencahayaan berintensitas tinggi. Kemilau dari minyak akan mengekspos permukaan yang tak terlihat dengan mata telanjang.

Panel yang telah selesai dipindahkan ke Body Shop di mana mereka akan dilas bersama-sama untuk menciptakan monocoque Captiva – struktur pendukung di bawah panel bodi. Welding adalah pilar kualitas yang paling penting di Body Shop, karena memberikan kontribusi terhadap keamanan kendaraan karena integritas struktural yang tinggi, serta kebisingan rendah selama operasi dan perjalanan superior, serta dinamika handling yang baik.

Captiva dikenal dengan kemampuannya quite ride nya, yang berasal dari kombinasi monocoque kaku, penggunaan bahan sound-deadening yang berlimpah, termasuk kaca tebal untuk kaca depan dan jendela. Sebuah bingkai kaku memungkinkan para teknisi untuk menyempurnakan dan memperbaiki daerah lain serta mengurangi kebisingan, getaran dan guncangan, tanpa mengorbankan handling.

Monocoque kaku dari Captiva yang memungkinkan para teknisi untuk menyesuaikan bar anti-roll dan tuned suspension berdiameter besar. Suspensi disetel dengan menggunakan MacPherson struts di depan secara independen dan setup multi-link independen di belakang untuk memungkinkan dinamika berkendara yang superior.

Interior yang sunyi juga meningkatkan performa sistem audio delapan-speaker sistem audio Captiva (varian LT saja) yang menggunakan teknologi tahapan suara secara tiga-dimensi, yang memang dirancang untuk memberikan audio yang high-definition untuk seluruh penghuni di kabin.

“Pelatihan akan memungkinkan kita untuk mencapai kualitas yang lebih baik,” kata Rahmat. “Ini adalah bagian penting dari proses kualitas, yang memungkinkan anggota tim untuk membiasakan diri, dan memiliki kontrol yang baik dari proses produksi.”

Baru-baru dilaksanakan pelatihan lanjutan dalam pengelasan dilakukan oleh para ahli dari GM Amerika Utara. Lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan personil dari GM Global Welding Standard, khususnya di dua daerah termasuk ‘Joining’ dan ‘Dispense’.

Ini adalah proses yang digunakan untuk merakit satu bagian ke bagian yang lain dan sangat penting karena langsung mempengaruhi kepuasan dan keselamatan konsumen. Kualitas Superior Joining and Dispense memberikan kontribusi untuk kendaraan yang lebih kuat, kaku dan konstruksi yang lebih tahan lama dan interior lebih tenang.

“Masing-masing varian memiliki aplikasi sendiri. Captiva adalah ‘city vehicle’ dan pemilik menuntut interior tenang demi pengalaman berkendara yang positif. Colorado dan Trailblazer juga memerlukan konstruksi yang sangat kaku tapi prioritas model tersebut adalah ketangguhan. Terlepas dari itu, kami menerapkan prinsip-prinsip kualitas yang sama untuk setiap pembangunan, terlepas dari model atau varian,” Rahmat mengakhiri diskusi.

 

Leave a Reply