Banyak Konsumen di Asia Pasifik Menginginkan Mesin EcoBoost

Ford-EcoBoost-1point0_Engine_01

Pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ford Motor Company merayakan perbedaan besar yang didapatkan dari mesin yang lebih kecil. Di seluruh wilayah Asia Pasifik, tuntutan konsumen dan tumbuhnya kesadaran lingkungan mempercepat penjualan kendaraan dengan mesin canggih dari lini Ford EcoBoost, yang mengurangi emisi dan meningkatkan efisiensi bahan bakar tanpa mengorbankan tenaga.

Hasilnya berbicara sendiri dalam hal ini: Dengan peningkatan total penjualan kendaraan Ford di Asia Pasifik yang impresif sebesar 30 persen dalam empat bulan pertama tahun ini, penjualan kendaraan dengan mesin EcoBoost naik dengan pesat sebesar 164 persen pada periode yang sama. Penjualan tersebut didorong oleh kendaraan-kendaraan seperti new Ford Fiesta dengan mesin 1.0L tiga silinder EcoBoost yang agresif dan hemat bahan bakar.

“Di seluruh wilayah, semakin banyak pelanggan yang memilih EcoBoost karena kombinasi tak tertandingi dari tenaga, efisiensi dan emisi rendah,” kata Dave Schoch, president, Ford Asia Pasifik.

“Dengan memilih EcoBoost daripada mesin tradisional, konsumen membuat dampak positif yang nyata dalam konsumsi bahan bakar dan emisi, di seluruh wilayah, sambil menghemat uang bensin. Kesuksesan EcoBoost adalah sebuah ilustrasi tentang bagaimana kami bekerja keras untuk membawa teknologi ramah lingkungan yang terjangkau dan telah terbukti, dengan keuntungan lingkungan yang nyata, untuk pelanggan di pasar yang sangat berbeda di seluruh wilayah ini.”

Teknologi EcoBoost dari Ford, yang memegang lebih dari 125 paten, menggunakan kombinasi dari turbocharging, direct injection, dan variable valve timing guna mengurangi perpindahan volume mesin sekaligus meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi CO2 dibandingkan dengan mesin tradisional dengan performa setara.

Mesin 1.0-liter EcoBoost pada Ford Fiesta – yang mendapatkan gelar International Engine of the Year selama dua tahun berturut-turut di tahun 2012 dan 2013 – dengan jelas menunjukkan pendekatan EcoBoost. Cukup kecil untuk masuk di kompartemen bagasi kabin pesawat, mesin tersebut tetap menghasilkan tenaga 125 PS (92 kW) dan torsi puncak 170 Nm, menyaingi tenaga dan performa dari mesin bensin 1.6-liter tradisional. Di pasar ASEAN, mesin mencapai ekonomi bahan bakar pada 18,9 km/L dan emisi karbon dioksida hanya 121 g/km.

Di antara bulan Februari dan April, keunggulan-keunggulan tersebut meyakinkan lebih dari 27 persen pembeli new Fiesta di Taiwan dan lebih dari 15 persen di Indonesia untuk memilih model yang dilengkapi dengan EcoBoost. Di antara bulan Januari dan April, lebih dari 37 persen dari pembeli new Fiesta di Vietnam, lebih dari 31 persen di Filipina dan 30 persen pembeli di Thailand juga memilih mesin 1.0-liter ini.

Antusiasme untuk EcoBoost meluas di lini kendaraan One Ford global yang terus bertumbuh di seluruh wilayah. Di Jepang, 68 persen dari total penjualan kendaraan adalah untuk model yang dilengkapi dengan EcoBoost, diikuti oleh 60 persen dari total penjualan di Korea Selatan.

Di Cina, di mana lebih dari 23 persen kendaraan Ford baru dijual dengan mesin EcoBoost, sebanyak 95 persen dari pelanggan memilih mesin EcoBoost untuk crossover Ford Edge. Dan di Filipina, lebih dari 60 persen pelanggan Ford Explorer memilih EcoBoost.

“Kami sangat bangga melihat permintaan yang luar biasa untuk mesin EcoBoost di seluruh lini produk yang tersedia di Asia Pasifik – apakah itu mesin 1.0-liter, 1.5-liter, 1.6-liter atau 2.0-liter,” kata Trevor Worthington, vice president, Product Development, Ford Asia Pasifik. “Walaupun mesin-mesin tersebut tersedia di dalam kendaraan yang berbeda, semua kendaraan tersebut memberikan hal-hal yang penting bagi pelanggan kami: efisiensi bahan bakar dunia nyata yang unggul, value for money dan performa yang luar biasa.”

Mesin EcoBoost hanyalah salah satu cara Ford bekerja untuk mengurangi dampak lingkungan dari kendaraan di seluruh dunia. Dengan mengurangi berat kendaraan sebanyak 250 hingga 750 pon, Ford mampu mengurangi kebutuhan bahan bakar dan memungkinkan penggunaan mesin yang lebih kecil. Selain itu, solusi ramah lingkungan yang pintar seperti transmisi canggih, teknologi Auto Start-Stop serta electric power-assisted steering menambah peningkatan efisiensi bahan bakar yang signifikan, emisi CO2 yang lebih rendah dan pengalaman berkendara yang lebih baik.

“Di wilayah yang beragam dan bertumbuh dengan pesat ini, teknologi seperti EcoBoost memungkinkan kami untuk memberikan manfaat lingkungan dan penghematan bahan bakar bagi pelanggan kami dengan cepat dan fleksibel,” kata Schoch. “Dengan bekerja untuk mencapai tujuan kami dalam menawarkan mesin EcoBoost di 20 lini kendaraan di seluruh wilayah ini pada pertengahan dasawarsa, kami memberikan kesempatan kepada lebih banyak konsumen untuk merasakan sendiri keuntungan-keuntungan tersebut.”

Please follow and like us:

Leave a Reply