Pra-Event TACI Tanam Pohon – Touring & Charity 2014

TACI Tanam Pohon

Beberapa waktu lalu, sejumlah kecamatan di Kabupaten Bandung, sabtu (26/4/2014) terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur malam sebelumnya. Akibatnya warga mengungsi dan sejumlah akses jalan sempat terputus.

Banjir diantaranya merendam ribuan rumah warga di Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang akibat luapan Sungai Cisangkuy. Selain merendam rumah warga, banjir juga menyebabkan akses sejumlah jalan tersendat, diantaranya Jalan Dayeuhkolot – Baleendah, Dayeuhkolot – Banjaran dan Andir – Rancamanyar.

Di Kecamatan Dayeuhkolot, petugas tenaga kesejahteraan sosial kecamatan setempat, Dadang Hermawan mengungkapkan, sebanyak 5.722 Rumah di Desa Citeureup, Dayeuhkolot dan Cangkuangwetan terendam dengan ketinggian air berkisar 50 cm sampai 130 cm.

Pada tanggal 1 Mei 2014, Toyota Avanza Club Indonesia (TACI) mengunjungi daerah banjir tersebut dan memberikan langsung bantuan kepada korban banjir di Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Menurut  tokoh masyarakat setempat banjir memang sering terjadi bahkan pernah hingga 20 kali dalam sebulan, masalah ini salah satunya disebabkan karena bukit yang telah gundul dijadikan lahan garapan.

Tergerak rasa peduli akan kelestarian lingkungan, Toyota Avanza Club Indonesia (TACI) dengan mengajak mitra-mitra TACI kemudian berkolaborasi dengan Paguyuban Bandung Lestari Sobat Bumi dan Gerakan Nusantara Hijau (GNH) menyusun rencana untuk kegiatan TACI Tanam Pohon dengan mengambil tempat di Bukit Desa Mandala Haji, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung Selatan.

Lahan seluas kurang lebih 3 hektar tersebut nantinya akan ditanami sekitar 750 bibit pohon Gamedina (kayu jati putih) bantuan dari anggota TACI dan beberapa mitra TACI.

Kegiatan TACI TANAM POHON – Touring & Charity 2014 yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 31 Mei sampai 1 Juni 2014 ini mempunyai tujuan untuk mengajak seluruh anggota TACI, mitra TACI dan masyarakat untuk turut serta membantu secara langsung mencegah banjir dengan menanam pohon.

Hal ini juga sebagai tindakan nyata TACI dalam turut serta mensukseskan program penghijauan dan pelestarian lingkungan hidup dari pemerintah. Semoga kegiatan ini bisa memberi manfaat dan berkah kepada masyarakat luas dan lingkungan sekitarnya.

Leave a Reply