Volvo FMX Product Experience Day di Korea Selatan

IMG_4811

Hari Kamis,15/5/14 merupakan pengalaman baru bagi OTOSL.com mengikuti rangkaian acara “VOLVO Truck Range Experience Day” tepatnya di Pyeongtaek Korea Selatan. OTOSL.com hadir bersama sejumlah awak media dan para pengusaha tambang batubara memenuhi undangan PT Volvo Indonesia.

Dari 3 produk terbaru Volvo Trucks yang diperkenalkan pada Rabu malam (14/5/14) beruntung OTOSL.com mendapat grup experience day khusus untuk tipe/model Volvo FMX. Truk ini dikenal bagi kalangan pengusaha tambang batubara sehingga grup Volvo FMX ini lebih banyak diikuti oleh para pengusaha asal Kalimantan.

Volvo Trucks meluncurkan Volvo FMX terbaru untuk pertama kalinya pada ‘Bauma Exhibition 2013’ di Munich, Jerman. Truk konstruksi terbaru ini dilengkapi dengan inovasi yang bermanfaat bagi perusahaan angkutan dan pengemudi.

Sesi Volvo Truck Experience Day yang diikuti OTOSL.com bersama para pengusaha tambang terbagi dalam 7 station, antara lain Uptime, Productivity, Driver Appeal, Safety and Security, Driving Theory and Driving Instructions, Driving Experience, dan Fuel Efficiency. Semua materi diberikan langsung oleh para instruktur Volvo.

IMG_4726

“Volvo FMX memberikan identitas yang jelas bagi segmen pertambangan dan konstruksi. Kini kami mengambil langkah maju yang lebih besar ke area-area paling penting, yaitu- ketahanan, penanganan dan disain. Semua telah dikembangkan dengan efesiensi dan produktifitas pengemudi dengan fokus yang mendalam,” kata Pierre Jean Verge Salamon, President Director PT Volvo Indonesia.

Pengemudi menjadi fokus utama dari truk Volvo FMX ini, sehingga interior kabin didesain ulang dengan tambahan beberapa inovasi untuk membantu pekerjaan pengemudi menjadi lebih aman dan efisien.

Diantara fitur-fitur baru adalah mobilitas untuk pandangan kedepan yang jelas. Volvo Truck juga menawarkan paket pelatihan bagi pelanggan yang dirancang khusus bagi para pengemudi pertambangan dan konstruksi.

“Sebagian besar fitur-fitur terbaru dirancang untuk meningkatkan produktivitas truk dan ketahanan yang merupakan inti bagi pelanggan kami dalam segmen ini,” kata PJ sebutan akrab President Director Volvo Indonesia.

Kabin Volvo FMX terbaru terbuat dari baja high-tensile. Semua komponen pada struktur bagian depan telah dirancang ulang – dan sebagian besar komponen dipindahkan agar Volvo FMX terbaru terlihat lebih tangguh di lingkungan proyek konstruksi.

“Dengan rangkaian produk dan pelayanan kami yang dirancang khusus secara komprehensif, Volvo FMX terbaru tidak lain merupakan jenis truk konstruksi terbaik di pasaran,” kata PJ yang mampu berbicara Bahasa Indonesia ini.

IMG_4666

Selama lebih dari tiga dekade, Volvo Trucks di Indonesia telah menyediakan solusi transportasi yang berkualitas, aman dan effisien bagi pertumbuhan usaha di Indonesia.

“Truk Volvo yang kami perkenalkan merupakan hasil dari salah satu periode paling intensif dan paling menarik dalam sejarah Volvo Truks. Salah satu model truk Volvo FMX adalah truk yang modern dan inovatif, serta memiliki kemampuan luar biasa untuk membantu pelanggan khususnya pengusaha tambang dan konstruksi demi meningkatkan produktifitas dan profitabilitas,” jelas PJ kepada OTOSL.com.

Posisi kabin terletak lebih rendah dibandingkan dengan rangka yang menyediakan area pintu masuk dan keluar yang mudah dan juga keunggulan jarak pandang atau visibilitas close-up. Hal ini mengurangi resiko kerusakan kendaraan dan meningkatkan keamanan untuk orang-orang yang bekerja di sekitar truk.

Sama halnya seperti Volvo FH dan FM, emblem besi Volvo yang klasik telah dipindahkan ke posisi barunya, yakni dibawah kaca depan. Pada truk konstruksi emblem besi lebih besar dan tiang diagonal lebih tebal dengan warna yang dicocokan untuk keserasian dengan latar belakang hitam. Gagang pintu yang praktis terintegrasi dengan desain grille.

IMG_4647

Berikut beberapa contoh yang menjadi pendorong kekuatan dan ketangguhan:

  • Bemper memiliki disain yang lebih gagah. Dengan unit three-piece dengan bagian tengah yang terbalik diapit oleh dua sudut tangguh yang terbuat dari baja setebal 3-mm.
  • Bagian tengahnya berfungsi sebagai tempat melangkah yang praktis dan terbuat dari bahan yang tidak dapat retak untuk menghindari dampak kecepatan rendah dengan lebih baik daripada solusi sebelumnya.
  • Di atas bemper terdapat tempat menarik (towing eye) yang terbuat dari besi cor, dirancang untuk menarik beban hingga 32 ton.
  • Lampu sorot depan yang telah di disain ulang dengan garis-garis miring yang kini lebih tangguh dan menawarkan performa lampu yang ditingkatkan. Disain ini memperlihatkan hubungannya dengan truk Volvo lainya.

“Pengoperasian lampu dibuat lebih mudah berkat semua fungsi lampu sorot depan, lampu indikator dan lampu daytime running lights yang diciptakan dalam satu unit yang sama. Kedua pancaran sorot lampu utama dan lampu untuk jarak dekat lebih baik dari sebelumnya,” kata salah satu instruktur Volvo pada sesi Productivity.

Interior kabin Volvo FMX terbaru telah sepenuhnya didesain ulang, dengan fokus kepada pengemudi untuk memberikan tempat kerja yang nyaman dan ergonomis. Kabin memiliki lebih banyak ruangan bagi pengemudi dan tempat penyimpanan yang lebih banyak dibandingkan dengan model sebelumnya.

Pengemudi mendapatkan lebih banyak manfaat pada muka kemudi yang baik. Kursi dapat dimiringkan ke depan empat derajat lebih maju dan sandaran punggung 10 milimeter lebih ramping dari sebelumnya.

Roda kemudi dilengkapi dengan tombol pengaturan yang terintegrasi untuk beragam fungsi, termasuk cruise control, telepon, sistem navigasi dan sebaginya. Panel instrumen baru yang berwarna hitam kini dimiringkan dan cenderung lebih kearah pengemudi.

“Hal ini membuat pengemudi lebih terstruktur, dengan lingkungan kerja yang sesuai dimana semua tombol, pengaturan dan fungsi-fungsi tombol yang mudah dijangkau. Hal ini meningkatkan produktivitas pengemudi dan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.” jelas instruktur Volvo.

Dalam rangka untuk memberikan lebih banyak ruangan untuk kaki, kunci starter dipindahkan ke atas dashboard. Di sebelah kanan kunci terdapat fitur-fitur penting seperti tampilan (display) informasi yang terintegrasi dan diposisikan untuk akes yang lebih mudah.

Di bagian sebelah kanan dimiringkan dan terdapat modul serbaguna yang dapat menyimpan beragam tombol pengaturan. Kontrol cuaca mudah digunakan dan unit ini lebih efisien dengan fungsi defroster yang ditingkatkan.

ALBUM FACEBOOK

Please follow and like us:

3 thoughts on “Volvo FMX Product Experience Day di Korea Selatan

  1. […] Sebuah pengalaman OTOSL.com yang tidak akan terlupakan adalah mengikuti sesi Test Drive Volvo Trucks pada hari Kamis, 15/5/14 yang berlangsung di kawasan industri Pyeongtaek atau 2 jam perjalanan kearah Selatan dari kota Seoul Korea Selatan. Berikut ini ada dua buah video yang dapat disajikan OTOSL.com dari acara “VOLVO Truck Range Experience Day”. […]

  2. […] video diperlihatkan oleh salah satu crew Volvo Product Range Experience Day di Pyeongtaek Korea Selatan pada Kamis 15/5/14 pada station Uptime. Volvo memiliki produk yang […]

  3. […] OTOSL.com mengikuti rangkaian acara Gala Premier New Volvo Trucks (Rabu malam, 14/5/14) dan Volvo Product Range Experience Day (Kamis, 15/5/14). Disamping itu OTOSL.com bersama rekan-rekan media yang berjumlah 10 orang juga […]

Leave a Reply