Rally of Celebes 2014: Duel Tim Sulsel vs Kaltim, Subhan Aksa ditantang yunior

IMG_6145

Status sebagai pereli dunia WRC2 membuat Subhan Aksa dengan sendirinya jadi unggulan dalam seri pertama Kejuaraan Nasional Rally of Celebes 2014 di Makassar, 10-11 Mei 2014. Tapi, sangat jelas, status itu tak menjaminnya jadi juara dengan banyak alasan. Antara lain performa pereli muda yang semakin mengancam.

Meski tuan rumah dan sangat paham karakter perkebunan tebu Takalar yang menjadi venue lomba, Ubang tetap wajib waspada. Terlebih tahun lalu ia gagal di trek itu.

“Saya tak boleh mengulangi kesalahan tahun lalu. Sejak awal balapan saya akan camkan hal itu. Publik Makassar bisa malu kalau gelar juara lari ke daerah lain,” ujar Ubang saat jumpa pers Jumat (9/5).

Menarik juga menunggu aksi Ubang bersama navigator Hade Mboi karena sudah cukup lama tak bersama di dalam kokpit. Pacuan yang sekarang dipakai pun bukanlah Mitsubishi Evo X yang andalan, tapi beralih ke Evo IX.

“Tak ada masalah. Karakter lintasan masih sama seperti tahun lalu. Kalaupun ada yang berubah, tak lebih dari 10%. Yang harus kami antisipasi adalah potensi hujan pada hari pembuka Sabtu (10/5) yang membuat trek sangat licin,” tambah Hade.

Jika hujan maka sangat sulit memprediksi segala sesuatunya karena mayoritas lintasan adalah tanah kebun yang dalam sekejap bisa jadi lumpur kala dilindas mobil-mobil reli. Jumat sore saat scrutineering berlangsung, hujan sudah menghampiri dan imbasnya tentu masih akan terasa pada Sabtu pagi di lokasi lomba.

Tarung dengan bendera FBRT (Firna Bosowa Rally Team) Sport, tantangan khusus datang dari pereli muda yang notabene yunior Ubang di kancah reli nasional. Rival terdekat adalah Akbar Hadianto yang juga anggota tim FBRT Sport yang turun dengan Evo X. Sebagai juara nasional 2013, motivasi Akbar pun tengah menggelegak untuk mempertahankan gelar tahun ini.

“Soal peluang tentu selalu ada. Soal besar dan kecilnya sangat tergantung situasi pada saat lomba nanti. Intinya saya akan berjuang keras sejak awal,” tegasnya.

Selain duel sesama pereli tuan rumah Sulsel, event kejurnas ini sepertinya juga akan menyajikan perlawanan seru dari BRM Motorsport asal Kalimantan Timur yang digawangi kakak beradik Ryan dan Glenn Nirwan. Khususnya Ryan, kehadirannya tak bisa diabaikan tuan rumah lantaran performanya yang terus meningkat. Apalagi ia pun dikelilingi para mekanik berpengalaman untuk menyeting Subaru-nya sesuai driving style Ryan yang cenderung bertipe fighter.

“Mobil sudah oke, pacenote rapi. Saya siap pol-polan untuk hasil maksimal,” tandas Ryan.

Tercatat 22 mobil yang akan meramaikan garis start di trek Perkebunan Gula Takalar, Makassar, pada Sabtu (10/5). Selain tuan rumah dan Kaltim, peserta juga berdatangan dari DKI Jakarta, dan Sumatera Utara. Lomba menempuh 13 SS (Special Stage) dan berakhir Minggu (11/5).

Please follow and like us:

Leave a Reply