Mark Fields Akan Jabat President & CEO Ford Motor Company

MARK FIELDS

Mark Fields Akan Jabat President & CEO Ford Motor Company Pada Juli 2014 Mendatang

Ford Motor Company mengumumkan penggantian Alan Mulally, President & CEO Ford Motor Company. Beliau telah memutuskan untuk pensiun dari perusahaan pada 1 Juli 2014, dan Mark Fields akan ditunjuk sebagai president dan chief executive officer Ford.

“Sejak hari pertama kami mendiskusikan transformasi Ford delapan tahun lalu, Alan dan saya sepakat bahwa mengembangkan pemimpin generasi selanjutnya dan memastikan suksesi CEO yang tertib merupakan satu di antara prioritas utama kami. Mark telah mentransformasi beberapa operasi kami di seluruh dunia menjadi bisnis yang jauh lebih kuat selama 25 tahun karirnya bersama Ford. Sekarang, Mark siap untuk memimpin perusahaan kami menuju masa depan sebagai CEO.” kata Executive Chairman, Bill Ford dalam siaran persnya.

Alan Mulally (68), telah berkarir selama 45 tahun, dan memimpin Ford selama hampir 8 tahun. Mulally telah memimpin perubahan Ford dan memperkuat kedudukan perusahaan sebagai salah satu pabrikan mobil global terdepan dunia. Di bawah kepemimpinan Mulally melalui program One Ford, Ford telah meraih keuntungan selama 19 kuartal secara berturut-turut, mengembangkan jajaran produk terkuat selama sejarah Ford serta memulai ekspansi global perusahaan paling ambisius dalam setengah abad terakhir.

“Alan sudah sepantasnya akan dikenang untuk waktu yang lama karena merancang salah satu perputaran bisnis paling sukses dalam sejarah. Di bawah kepemimpinan Alan, Ford tidak hanya selamat dari krisis ekonomi global, namun juga bangkit menjadi salah satu perusahaan otomotif terkuat dunia. Kami akan selalu berterima kasih pada Alan atas kepemimpinan, visi yang kuat dan jasanya memupuk budaya working together yang akan melayani perusahaan kami untuk puluhan tahun mendatang,” kata Bill Ford.

“Alan dan saya merasa yakin kalau Mark dan seluruh tim kepemimpinan sudah sangat siap untuk memimpin Ford ke depan, dan sekarang adalah waktunya untuk memulai transisi,” kata Bill Ford, yang merekrut Mulally dari perusahaan pembuat pesawat Boeing pada 2006.

Mark Fields (53) menjabat sebagai chief operating officer Ford sejak Desember 2012. Sebelum menjabat sebagai COO, Fields bekerja sebagai executive vice president dan president – The Americas sejak Oktober 2005. Ia telah memimpin seluruh operasi bisnis global Ford dan sebagian besar tim ahli, termasuk pengembangan produk, manufaktur, pembelian, dan pemasaran, penjualan dan servis.

Peran Fields sebagai COO termasuk memimpin pertemuan mingguan Business Plan Review perusahaan, yang diciptakan Mulally untuk memantau progres dari rencana One Ford dan memonitor bisnis global serta lingkungan persaingan. Pertemuan setiap hari Kamis tersebut dilakukan dengan mendorong proses yang dapat diandalkan dan transparan dalam menjalankan operasi global Ford serta memungkinkan kepemimpinan senior Ford untuk bekerja sama secara dekat dan bertindak tegas terhadap rencanaperusahaan.

“Merupakan sebuah kebanggaan untuk dapat melayani dan berkontribusi dalam menciptakan perusahaan yang tumbuh layak dan menguntungkan untuk kebaikan semua orang yang berhubungan dengan Ford Motor Company,” kata Mulally. “ Dengan bekerja bersama dengan seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) kami di seluruh dunia, kami sekarang terus mempercepat visi asli dari Henry Ford ‘membuka jalan untuk semua umat manusia (‘open the highways to all mankind’).

“Merupakan sebuah kebanggaan untuk memimpin perusahaan yang hebat dan tim berbakat ini menuju masa depan,” kata Fields. “Di bawah kepemimpinan Alan, kami telah melihat kekuatan dari One Ford dan apa yang dapat dicapai dari budaya kepemimpinan positif dan working together. Komitmen saya adalah untuk membangun dari sukses itu dengan mempercepat langkah kemajuan kami. Kami semua di Ford berkomitmen untuk memberikan lebih banyak lagi produk dan inovasi hebat yang akan mengantarkan pertumbuhan dan menentukan perusahaan kami kedepannya.”

Leave a Reply