BMW rayakan produksi kendaraan BMW ke-50,000 di Indonesia

DSC_0141

Pada hari Rabu, 30 April 2014 bertempat di BMW Production Network 2 Gaya Motor Sunter Jakarta Utara, BMW Group Indonesia merayakan produksi kendaraan BMW ke-50,000 yaitu BMW 528i terbaru.

Peristiwa penting dalam sejarah BMW Indonesia ini disaksikan oleh Klaus Meissner, Head of Production Network Quality and Production, BMW AG; Sergio Solero, Managing Director BMW Group Asia; Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia; Prijono Sugiarto, Presiden Direktur, PT Astra International Tbk; Sudirman M.R, Direktur PT Astra International Tbk yang juga merupakan Ketua Umum GAIKINDO.

Perayaan ini menandai perjalanan yang sukses sejak dimulainya produksi kendaraan BMW di Indonesia pada tahun 1976. Kendaraan BMW pertama yang diproduksi di Indonesia adalah BMW 520i. Saat ini, perakitan kendaraan BMW di Indonesia berpusat pada jaringan produksi 2, PT Gaya Motor, yang merupakan anak perusahaan dari mitra strategis BMW Indonesia sejak lama yaitu PT Astra International Tbk.

“BMW Group Indonesia telah meningkatkan kegiatan produksi di Indonesia sejak tahun 2011 dengan memberikan investasi sebesar lebih dari Rp 100 miliar untuk dapat lebih banyak lagi memproduksi kendaraan BMW di Indonesia. Sebagai produsen kendaraan premium paling sukses di dunia, BMW Group Indonesia hari ini merayakan produksi kendaraan BMW ke-50,000. Bagi BMW, ini merupakan prestasi yang luar biasa dan menunjukkan kepemimpinan BMW dalam menghadirkan kendaraan premium bagi pelanggan di Indonesia,” kata Sergio Solero, Managing Director BMW Group Asia.

“Perayaan hari ini merupakan tonggak penting bagi BMW dan menunjukkan bahwa kendaraan BMW yang diproduksi secara lokal diterima dengan sangat baik oleh pelanggan di Indonesia yang tentunya memiliki ekspektasi tinggi. Kerjasama strategis kami dengan Astra Group melalui dua anak perusahaan Astra yaitu PT Tjahja Sakti Motor dan PT Gaya Motor sangat menguntungkan dan produktif, karena PT Gaya Motor selalu menerapkan standar yang tinggi untuk  proses,  pengendalian kualitas dan prosedur keselamatan di pabriknya,” kata Klaus Meissner, Head of Production Network Quality and Production, BMW AG.

“Hal tersebut memberikan jaminan bahwa semua kendaraan BMW yang diproduksi di Indonesia telah memenuhi persyaratan ketat dari kendaraan premium berkualitas serta sesuai dengan harapan pelanggan di Indonesia,” tambah Klaus.

Pada tahun 2011, BMW Group menanamkan investasi sebesar lebih dari Rp 100 miliar di Indonesia untuk memperluas kegiatan produksinya. Investasi ini digunakan untuk modernisasi fasilitas produksi dan memasang peralatan baru di fasilitas produksi Gaya Motor, Sunter.

“Investasi yang ditanamkan di tahun 2011 telah memungkinkan BMW untuk meningkatkan jumlah kendaraan yang diproduksi secara lokal, dan hal ini merupakan salah satu faktor yang mendukung keberhasilan BMW di Indonesia. Hasilnya, BMW merupakan satu-satunya brand kendaraan premium yang berhasil mencapai pertumbuhan dua digit setiap tahun, sejak 5 tahun yang lalu. Hal ini juga memungkinkan BMW untuk menjadi pemimpin kendaraan premium di Indonesia pada kuartal pertama tahun ini,” kata Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.

BMW mulai diproduksi di Indonesia sejak tahun 1976, dan pada tahun 1993 mitra produksi di Indonesia menjadi PT Astra International (melalui anak perusahaannya yaitu PT Tjahja Sakti Motor dan PT. Gaya Motor). PT BMW Indonesia didirikan pada tahun 2001, dan produksi BMW di Indonesia terus ditangani oleh PT Astra International Tbk.

“Fasilitas produksi BMW di Indonesia mendapatkan manfaat dari keahlian sejumlah pakar dari pabrik BMW di Jerman. Selama jangka waktu yang panjang, mereka telah memberikan pelatihan mengenai proses-proses perakitan dan persyaratan untuk mempertahankan kualitas. Dengan demikian, karyawan Gaya Motor sangat mampu untuk memahami dan menerapkan produksi BMW yang memiliki standart yang sangat tinggi,” kata Prijono Sugiarto, Presiden Direktur PT Astra International Tbk.

Kunci keberhasilan dari produksi kendaraan  BMW di Indonesia adalah interaksi yang lancar antara karyawan Gaya Motor dengan pakar produksi dari BMW Jerman. Kami merasa bangga, karena karyawan Gaya Motor telah menerima banyak pujian dari rekan-rekan BMW asal Jerman. Hal ini didorong dengan kemampuan mereka untuk memahami dan menerapkan pengetahuan yang diberikan kepada mereka. Pabrik Gaya Motor secara konsisten telah memenuhi standar tinggi BMW, yang berlaku di seluruh dunia, untuk produksi dan jaminan kualitas,” tambah Prijono.

One thought on “BMW rayakan produksi kendaraan BMW ke-50,000 di Indonesia

  1. […] pasar otomotif di Indonesia, dan pada hari Rabu, 30 April 2014 BMW Indonesia merayakan produksi kendaraan BMW ke-50,000 yaitu BMW 528i terbaru. Mungkin banyak pembaca OTOSL.com ingin tahu, sebenarnya BMW tipe apa saja […]

Leave a Reply