Mantap.. review Mazda6 dengan desain KODO Soul of Motion

DSC_4749

Mazda6 warna Red Soul Metallic milik PT Mazda Motor Indonesia dipakai selama beberapa hari oleh OTOSL.com. Mobil keluaran tahun 2013 tersebut juga sempat dinikmati oleh anggota keluarga dan bagi mereka yang pernah menumpang Mazda6 ini menyatakan sangat puas ditambah acungan 2 jempol sambil berujar.. mantap!

Mazda6 bermesin SKYACTIV Technology berkapasitas 2500 cc ini dijual OTR DKI Jakarta dengan harga antara Rp. 561 juta – Rp 565 juta memiliki desain yang jauh lebih menarik dari para kompetitornya seperti Honda Accord, Toyota Camry dan Nissan Teana.

Pada bagian eksteriornya khususnya pada bagian depan menganut desain KODO – Soul of Motion (garis dinamis di keseluruhan lekuk bodi yang menyatu dengan daya tarik emosional untuk membangkitkan kesan modern dan elegan yang sesuai dengan ciri khas Mazda) yang kini menjadi ciri khas dari Mazda yang unik. Lihat photo gallerynya di halaman ini.

Inilah membedakan Mazda6 dengan mobil sedan yang lainnya. Sedangkan lekukan bodi pada bagian belakang menunjukkan karakter sebagai mobil sport premium, dan inipun menjadi khas dari Mazda6. Dalam acara sesi photo, sang photographer pun menyatakan puas dengan tampang mobil Mazda6, dan iapun meminta beberapa sudut pemotretan diulang berkali-kali.

Singkat kata Mazda6 dapat dikatakan masuk sebagai sedan premium luxury namun memiliki jiwa sport. Keunikan dari desai ini membuat Mazda6 masuk sebagai sedan mewah tapi masih jarang beredar di jalan raya. Akibatnya penampakan Mazda6 sepanjang diperjalanan selalu menarik perhatian masyarakat untuk sejenak melirik mobil ini.

Dari pengalaman OTOSL.com saat mengendarai maupun saat parkir di beberapa gedung perkantoran dan shopping mall di Jakarta, Mazda6 ini benar-benar telah mencuri perhatian banyak orang. Demikian pula saat melintas di jalanan, mobil berwarna Red Soul Colur ini selalu diberikan jalan ketika akan mendahului, sepertinya masyarakat ingin melihat sosok Mazda6.

DSC_4748

Dari literatur yang ada, disebutkan bahwa Mazda6 telah mendapatkan penghargaan tertinggi yakni lima bintang dalam new car assessment program (NCAP) yang diselenggarakan oleh US National Highway Traffic Safety Administration. Mazda6 mengadopsi teknologi terdepan Mazda dengan rangka ringan dan kokoh, SKYACTIV-Body, sehingga bisa meraih penghargaan keselamatan tertinggi dari Jepang, Amerika, dan Eropa.

Di Indonesia Mazda6 menjadi pemenang majalah MobilMotor “Indonesian Car of the Year 2013”. Menurut para juri ICOTY 2013 dan hasil pengujian serta pengukuran yang dilakukan, Mazda6 terbukti memiliki desain yang dinamis dengan teknologi terkini, seperti teknologi mesin, keselamatan, dan entertainment. Hal inilah yang membuatnya mengungguli mobil-mobil lain yang ada di Indonesia saat ini.

Selain memiliki teknologi terdepan dengan sebutan SKYACTIV Technology, Mazda6 juga dilengkapi oleh teknologi baru Mazda untuk mendukung penghematan bahan bakar yaitu i-STOP dan i-ELOOP, serta fitur keselamatan terbaru, i-ACTIVSENSE.

Menurut Mazda, mobil sedan Mazda6 telah dikembangkan untuk memaksimalkan efisiensi penggunaan bahan bakar dengan keunggulan dari i-STOP, yang secara otomatis menghidupkan dan mematikan mesin dalam waktu 0.35 detik ketika kendaraan berhenti.

Dengan teknologi i-STOP dan i-ELOOP diharapkan dapat meningkatkan penghematan bahan bakar sampai dengan 10% berdasarkan hasil pengukuran Mazda. Sedangkan i-ACTIVSENSE adalah teknologi keamanan kelas atas yang didesain untuk mendukung proses mengemudi yang aman, melalui sistem pengawasan dan penjagaan yang komprehensif.

Bicara soal dapur mesin Mazda6, mobil ini memiliki mesin dengan bahan bakar bensin SkyActiv-G 2.500 cc 4 silinder segaris DOHC 16 valve direct injection yang mampu menyemburkan daya sebesar 187 PS pada 5.700 rpm dengan torsi maksimal 250 Nm pada 3,250 rpm ke roda depan melalui  transmisi 6-speed SkyActiv-Drive dengan Adaptive Shift Aktif & Paddle Shift.

Jangan heran mobil ini bisa langsung merespons kecepatan yang diinginkan oleh pengemudinya, suara mesinnya halus dan senyap, bahkan OTOSL.com ketika melintas di jalan tol sering tidak sadar bahwa kecepatan mobil sudah diatas 120 KM/jam padahal gas masih bisa ditekan lebih dalam lagi. Untuk sistem transmisi otomatisnya dengan sangat mudah dioperasikan dengan sistim manual lewat sepasang Paddle Shift di balik roda kemudinya.

Bicara soal interior, Mazda6 memiliki kemewahan yang tak kalah dengan sedan premium lainnya. Kursi pengemudi yang dilapisi dengan bahan jok kulit sudah serba elektris. Ketika OTOSL.com duduk diruang pengemudi, sangat mudah menyesuaikan posisi kemudi yang pas. Kemudipun dapat dengan mudah di stel, posisi naik-turun atau ditarik maupun ditekan kedalam.

Dilengkapi panel dashboard yang lengkap dan canggih. Belum perlengkapan sistem audionya yang mewah mampu menyemburkan alunan musik yang sedap didengar. OTOSL.com sepanjang perjalanan hanya menyematkan USB yang dipasangkan pada console tengah, dan seluruh alunan musik di kontrol melalui tombol yang sudah tersedia di kemudi,

Soal handling dan suspensi.. hal ini tak perlu dibahas secara detail. Sudah pasti Mazda6 nyaman banget.. nikung juga tidak terasa. Yups.. Mazda6 memang mantap!

Berikut ini berapa fitur unggulan Mazda6 antara lain:

Smart City Brake Support(SCBS) System.  Sistem pada pengereman ini akan bekerja secara otomatis ketika penemudi akan menghindari benturan dengan mobil di depan pada kecepatan rendah antara 4-30 km/jam. Fitur ini sangat bermanfaat di tengah kemacetan. Terutama saat pengemudi sedang lengah, sistem ini akan mengaktifkan rem secara otomatis, namun sentakkannya akan membuat si pengemudi sedikit kaget, yang secara reflek akan menginjak rem, sehingga akan membuat mobil benar-benar berhenti.

Lane Departure Warning System (LDWS).  Sistem ini bertujuan sebagai peringatan saat mobil berpindah lajur pada kecepatan 60 km/jam keatas jika pengemudi tidak mengaktifkan lampu sein. Fitur LDWS akan mengeluarkan sinyal bunyi cukup keras di dalam kabin serta indikator pada panel instrumen menyala. Sistem bekerja disaat lampu indicator LDWS menyala hijau, jika kuning berarti tidak bekerja karena kecepatan dibawah 60 km/jam atau kamera tidak mendeteksi marka jalan.

Rear Vehicle Monitoring (RVM) System. Fitur ini dapat mendeteksi dan menginformasikan ke pengemudi jika ada mobil mendekat dari jarak 50 m di belakang kiri dan kanan yang ditandai adanya lampu peringatan di kaca spion samping. Jika pengemudi menyalakan sein sementara ada mobil di belakang di samping kanan atau kiri sesuai dengan arah sein pengemudi, maka alarm akan berbunyi. Fitur ini bekerja pada kecepatan 30 km/jam atau lebih tinggi. Yang bikin sering berbunyi ketika mendeteksi sepeda motor yang sudah mendekat mobil dari sisi belakang dalam jarak 50 meter.

Please follow and like us:

6 thoughts on “Mantap.. review Mazda6 dengan desain KODO Soul of Motion

  1. wow muantep yaaaa….jadi ngiler kang majdi 😀

  2. Keren ,elegant ,cocok bgt buat yg tampil modis nih. Mantep bgt riviewnya om.

  3. ane miara mbahnya di rumah, familia 97

  4. mantabbb, keren & canggih 😉

Leave a Reply