2014 Toyota – Technical Education Program Bertambah 5 SMK

DSC_1940

Guna memajukan perkembangan dunia pendidikan Indonesia, khususnya di bidang otomotif, pada tahun ini melalui program CSR-nya, Toyota Indonesia kembali menambah 5 institusi Toyota – Technical Education Program (T-TEP) di Indonesia.

Program CSR bidang pendidikan Toyota ini telah diluncurkan semenjak 1991, saat ini sudah terdapat 57 institusi T-TEP yang tersebar dari Sumatera hingga Papua. Pada 2014 ini, Toyota akan menambah 5 institusi lagi, sehingga total menjadi 62 institusi T-TEP.

“Pendidikan merupakan salah satu pilar penting yang menjadi pendukung kemajuan suatu bangsa. Begitu pula dengan generasi muda. Oleh karena itu, Toyota membuat beberapa program yang berkaitan dengan pendidikan bagi generasi muda sebagai wujud dukungan Toyota bagi kemajuan bangsa,” ucap Johnny Darmawan, Presiden Direktur pada penandatanganan MOU T-TEP yang berlangsung siang tadi di SMKN 1 Cibinong, Jawa Barat.

DSC_1932

Tidak hanya tahun ini saja, dalam kurun waktu 5 tahun ke depan, Toyota Indonesia berenacana akan menambah 5 institusi T-TEP setiap tahunnya sekaligus meningkatkan mutu keterampilan bidang otomotif di SMK. Total akan ada 25 institusi T-TEP dari yang diimplementasikan di berbagai wilayah di Tanah Air dalam 5 tahun mendatang.

“Di masa depan, Toyota Indonesia tetap berkomitmen untuk memperluas penyelenggaraan institusi T-TEP, meningkatkan mutu keterampilan di bidang otomotif di SMK, serta meningkatkan daya serap lulusan institusi T-TEP dalam industri otomotif nasional,” tambah Johnny Darmawan.

Sejalan dengan penambahan jumlah institusi T-TEP, Toyota juga berencana meningkatkan jumlah penyerapan tenaga kerja dari lulusan institusi T-TEP. Penyerapan lulusan T-TEP adalah untuk memenuhi kompetensi tenaga terampil dalam industri otomotif yang terus berkembang.

Tingkatkan Kualitas Institusi
Selain itu, tahun ini Toyota juga akan ada peningkatan kualitas empat institusi T-TEP, yaitu SMKN 1 Cibinong (Jawa Barat), SMKN 2 Surabaya (Jawa Timur), SMK Tunas Pelita Binjai (Sumatera Utara), dan SMK Bunda Satria Wangon (Jawa Tengah).

Dengan peningkatan kualitas empat institusi tersebut, sudah ada 13 institusi T-TEP yang dilengkapi dengan alat peraga berupa kendaraan Toyota. Ketigabelas institusi tersebut adalah SMKN 2 Pekanbaru, SMKN 1 Pulogadung, SMKN 26 Jakarta, SMKN 6 Bandung, SMKN 7 Semarang, SMKN 2 Depok Sleman, SMKN 5 Surabaya, SMKN 2 Manado, SMKN 5 Makassar, SMKN 1 Cibinong, SMKN 2 Surabaya, SMK Tunas Pelita Binjai, serta SMK Bunda Satria Wangon.

Fasilitas Alat Peraga
Dalam program ini Toyota memberikan beberapa fasilitas bagi Sekolah Menengah Kejuruan terpilih yang menjadi institusi T-TEP. Fasilitas yang disediakan untuk institusi T-TEP antara lain berupa training manual, pengembangan kurikulum terbaru, pelatihan untuk guru, buku panduan teknis Toyota, kesempatan mendapat latihan kerja di Toyota, serta fasilitas alat peraga berupa 1 unit kendaraan Toyota di masing-masing institusi T-TEP.

DSC_1926

Toyota – Technical Education Program (T-TEP) merupakan program kerjasama antara Toyota Motor Corporation (TMC), PT Toyota Astra Motor, dealer resmi Toyota, dan pemerintah, dalam mengembangkan dan mempersiapkan sumber daya manusia SMK yang lebih siap memasuki industri otomotif.

Program T-TEP ini merupakan suatu kebanggaan bagi Toyota karena dapat menjembatani institusi pendidikan dan industri otomotif, serta memberikan dan berbagi teknologi terkini kepada institusi pendidikan sehingga mampu menguasai teknologi otomotif yang semakin berkembang.

Please follow and like us:

Leave a Reply