Tata Motors perkenalkan 18 kendaraan di Auto Expo 2014 India

Tata-prima-racing-truck

Siaran pers dari Tata Motors menyebutkan bahwa perusahaan asal India ini memperkenalkan 18 deretan produk terbaru mobil penumpang (passenger vehicle) dan mobil komersial (commercial vehicle) pada Auto Expo 2014 India sebagai wujud nyata dari langkah strategi pengembangan, Horizonext.

Seluruh pengembangan produk kendaraan penumpang terbaru Tata Motors ini telah mengacu kepada tiga pilar strategis, DesigNext, DriveNext, dan ConnectNext. Sementara itu tiga pilar strategis untuk produk kendaraan komersial Tata Motors adalah, DesigNext, PerformanceNext, dan FuelNext. Tata Motors juga menampilkan untuk pertama kalinya hatchback premium BOLT dan sedan kompak dinamis berdimensi panjang 4 meter, ZEST.

Selain itu, Tata Motors juga menampilkan secara perdana tiga kendaraan komersial yaitu, Prima CX 1618 T dengan desain yang akan menjadi acuan di segmen medium commercial vehicle, Ultra 614 dengan kabin yang lebih ramping untuk kemampuan manuver yang lebih baik, dan LPS 4923 LA – yang merupakan traktor pertama di India dengan lift axle dengan kemampuan jelajah yang lebih baik, usia pakai gardan yang lebih lama, dan usia pakai ban yang juga menjadi lebih lama.

Selain itu, Tata Motors juga menampilkan mobil konsep dengan teknologi masa depan yang diterapkan pada mobil penumpang dan mobil komersial. Mobil Design Concept NEXON –sebuah SUV ringkas yang sporty – mengilustrasikan konsep garis desain Tata Motors dan kecanggihan generasi terbaru Human Machine Interface (HMI).

Sementara itu, mobil ConnectNext Concept mendemonstrasikan teknologi konektivitas di masa depan lewat interior canggih yang dapat membantu penumpangnya untuk terhubung dengan jaringan bisnis ataupun personal dengan mudah dan cepat.

Tata Motors juga memamerkan kendaraan komersial generasi mendatang yang rendah emisi dan ramah lingkungan sebagai moda transportasi publik di masa yang akan datang. Salah satunya adalah Magic Iris Electric – kendaraan komersial ringkas bertenaga listrik tanpa emisi yang dilengkapi dengan atap berteknologi panel surya yang berguna untuk mengisi ulang daya baterainya. Tampil juga Starbus Urban FE-Parallel Hybrid Bus,dengan air-cooled engine, sebagai salah satu pilihan moda transportasi publik yang ramah lingkungan.

Mr. Ravi Pisharody, Executive Director, Commercial Vehicles, Tata Motors, mengatakan, “Kami telah membawa strategi Horizonext selangkah lebih maju, memperkuat fokus utama pengembangan produk kami untuk memperkenalkan kendaraan komersial dengan desain estetika yang bisa diterima secara global, meningkatkan kenyamanan dan produktivitas, meningkatkan performa, dan yang terpenting juga komitmen jangka panjang kami yaitu menuju bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan.”

“Dan kami sangat bangga bisa menunjukkan ketiga elemen tersebut – DesigNext, PerformanceNext, dan FuelNext pada Auto Expo 2014 ini. Produk-produk ini menawarkan keuntungan bisnis yang sangat baik yaitu, biaya kepemilikan yang rendah, kenyamanan pengemudi, performa tinggi, dan teknologi yang terbaik di kelasnya,” tambah Pisharody.

Pada kesempatan yang sama, Mr. Ranjit Yadav, President, Passenger Vehicle, Tata Motors, mengatakan, “Untuk passenger vehicle, kami mengambil langkah agresif dengan fokus pada tiga pendekatan: DesigNext, DriveNext, dan ConnectNext. Pendekatan DesigNext dilakukan dengan mendesain mobil-mobil kami dengan pahatan beauty-in-motion yang dinamis.”

“Sementara itu DriveNext dengan meningkatkan performa kendaraan yang ditunjukkan lewat digunakannya generasi terbaru mesin bensin REVOTRON series dan teknologi F-Tronic dengan Automatic Manual Transmission (AMT) yang terbaik di kelasnya. Dan ConnectNext adalah penerapan Human Machine Interface (HMI) yang menawarkan keunggulan teknologi yang dapat menghubungkan mobil dengan dunia,” kata Yadav.

DNA Baru Mobil Penumpang Tata Motors

DesigNext: Tata Motors memperkenalkan bahasa desain baru –DesigNext– yang berhasil memberikan ekspresi paduan sempurna sleek, smart styling, dan enhanced comfort yang dapat meningkatkan produktivitas. Bahasa desain baru ini adalah kumpulan elemen-elemen desain otomotif terbaik yang dipahat agar sesuai untuk konsumen modern di India dan seluruh dunia.

Tim desain Tata Motors yang berpusat di UK, Torino, dan India, telah berhasil memberikan DNA khas yang unik pada setiap produk-produk Tata Motors sehingga dapat bersaing pada pasar global. Mobil Design Concept NEXON – SUV kompak yang sylish, Nano Twist Active Concept – smart city car yang memiliki desain futuristik, ADDVenture Concept – mobil van yang nyaman dan menyenangkan, semuannya mengilustrasikan gambaran desain masa depan (Next) yang diciptakan oleh Tata Motors.

DriveNext: Adalah pendekatan baru untuk meningkatkan kedinamisan berkendara yang memberikan pengemudinya kendali penuh terhadap mobil yang responsif – mulai dari kemudi yang presisi hingga keseimbangan dan respons mesin, Tata Motors menampilkan teknologi yang menjadi tolok ukur di pasar mobil penumpang dengan cara meredefinisi kualitas pengendaraan dan pengendalian seperti yang ditunjukkan oleh Safari Storme Ladakh, Sumo Extreme, dan Nano Twist F-Tronic.

ConnectNext: Tata Motors mengumpamakan ‘Connected World’ lewat mobil konsep ConnectNext yang menawarkan sistem HMI berteknologi tinggi dan terbaik di kelasnya dan interior canggih agar penumpangnya tetap dapat terhubung dengan internet setiap saat.

DNA Baru Kendaraan Komersial Tata Motors

DesigNext: Tata Motors tidak hanya memperhatikan elemen desain pada mobil penumpang saja, namun juga pada kendaraan komersial agar dapat diterima secara global dengan tetap memperhatikan elemen utama desain kendaraan – fungsi desain sebagai penumbuh kenyamanan pengemudinya yang dapat meningkatkan produktivitas.

Mulai dari Prima CX 1618 T – yang didesain khusus secara unik, Ultra 614 – yang atraktif dengan kabin yang lebih ramping untuk kemampuan manuver yang terbaik di kelasnya, hingga Ace Zip XL – dengan eksterior yang stylish, interior yang nyaman, dan bak muatan yang lebih panjang, Tata Motors terus berupaya menyatukan kepraktisan fungsi dan desain yang atraktif pada setiap produknya.

PerformanceNext: Ditujukan untuk memenuhi standar teknologi yang inovatif. PerformanceNext berupaya untuk memenuhi seluruh keinginan konsumen dengan meningkatkan tingkat performa yang baru.

LPS 4923 LiftAxle misalnya, adalah kendaraan berat pertama di India yang dilengkapi dengan teknologi lift axle, sekaligus traktor pertama di India yang berbobot 49 ton gross vehicle weight (GVW) yang memakai penggerak 6×2. Berkurangnya beban pada gardan memberikan kemampuan berkendara yang lebih baik, usia pakai gardan yang lebih lama, dan usia pakai ban yang juga menjadi lebih lama.

Truk balap, Prima 4038 S Truck, yang juga ditampilkan memiliki tenaga besar 370 Bhp @ 2.100 RPM dan telah dimodifikasi agar sesuai dengan standar kejuaraan balap truk internasional baik itu untuk faktor keselamatan maupun performanya.

FuelNext: Dengan FuelNext Tata Motors telah berupaya dan berkontribusi untuk menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan bersih, menciptakan moda transportasi yang efisien dan nyaman dikemudikan.

Magic Iris Electric adalah mobil penumpang komersial ramah lingkungan pertama di kategorinya yang telah dilengkapi dengan solar charger.

Starbus Urban FE – Parallel Hybrid Bus  menjanjikan kadar emisi, biaya perawatan dan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah. Bus dengan konfigurasi mesin di depan yang mengkonsumsi bahan bakar ramah lingkungan ini menawarkan kemudahan untuk moda transportasi perkotaan.

Prima 4032 S LNG memberikan opsi alternatif yang lebih hijau dibanding bus bermesin diesel, dan bahkan memberikan tingkat efisiensi bahan bakar yang lebih baik dari bus bertenaga Compressed Natural Gas (CNG).

Starbus Urban 9/18 FE – Articulated Bus, bus satu lantai dengan dua ruangan terpisah ini dapat membawa lebih banyak penumpang, namun tetap memberikan kemampuan manuver yang dapat diandalkan di perkotaan. FE Articulated bus adalah salah satu solusi mengatasi kepadatan lalu-lintas.

Please follow and like us:

Leave a Reply