Daihatsu Ekspor LCGC Berbasis Toyota Agya ke Filipina

DSC_1722

PT Astra Daihatsu Motor (ADM), produsen Low Cost Green Car (LCGC) merk Astra Daihatsu Ayla akan mengekspor LCGC berbasis Astra Toyota Agya ke Filipina. Nantinya, Toyota Agya berganti nama menjadi Toyota Wigo yang akan dijual kisaran 448 ribu Peso – 530 ribu Peso atau Rp 120 – 140 juta.

“Kami (Pemerintah) sangat senang dengan ekspor mobil LCGC ini. Ini merupakan mobil yang diprogramkan pemerintah yang akhirnya bisa diekspor,” kata Menteri Perindustrian RI, Muhammad S. Hidayat, pada hari ini (03/02/2014) sesaat sebelum melepas truk gandeng di Pabrik Daihatsu Ayla dan Toyota Agya yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

Pada pelepasan ekspor perdana LCGC bernama Toyota Wigo ini, M. S Hidayat turut didampingi oleh Prijono Sugiarto, Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Tatsuya Kaneko, Executive Vice President Daihatsu Motor Company, Hiroyuki Fukui, Managing Officer Toyota Motor Corporation (TMC), Sudirman MR, Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor, dan Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor.

“Ekspor ini membuktikan bahwa program LCGC yang dicanangkan pemerintah berjalan baik, mampu memenuhi kebutuhan pasar domestic maupun ekspor. Pencapaian ini semakin mengukuhkan bahwa kualitas produk ADM diterima di pasar international,” ungkap Sudirman MR.

Target 6 .000 unit
Jumlah LCGC Toyota Wigo (Agya) yang diekspor ke Filipina ditargetkan 500 unit / bulan atau 6.000 unit / tahun.

Produk Lokal Yang Mendunia
Pada kesempatan ini, membuktikan bahwa kendaraan yang diproduksi ADM secara lokal hasil kreasi anak bangsa Indonesia telah mendunia. Hal ini dapat dilihat dengan ditunjuknya Indonesia sebagai basis produksi.

“Toyota Group telah mempercayakan Indonesia sebagai basis produksi global. Tahun lalu ekspor Toyota dan Daihatsu dari Indonesia mencapai 138.000 unit pada tahun 2013 lalu. Kami mengekspor ke lebih 80 negara, baik dalam bentuk  CBU, CKD, mesin, dan komponen,” jelas Managing Officer TMC, Hiroyuki Fukuo.

Please follow and like us:

Leave a Reply