13 mobil Presiden Soekarno hadir di pameran mobil klasik OICC-Show 2013

DSC_0119

Tampil berparade 13 Mobil Presiden Soekarno, RI-1 Presidential Limo bersama 43 klub mobil klasik, mendampingi ratusan koleksi mobil klasik di pameran mobil klasik “The 7th Indonesia Classic Car Show 2013” di PRJ Kemayoran, Jakarta.

Bagi Anda yang ingin melihat kemewahan mobil-mobil Presiden Republik Indonesia yang pertama ini rasanya perlu datang melihat langsung ke pameran mobil klasik di Hall B1-B2-C1-C2 JIExpo Kemayoran, Jakarta yang berlangsung hanya dua hari, Sabtu-Minggu 21-22 Desember 2013.

Berikut ini adalah nama atau merek ke-13 mobil kenegaraan sekelas limousine yang dipakai pada era kejayaan Presiden Soekarno yang secara khusus ditampilkan dalam ajang “The Biggest and The Largest International Classic Car Show in South East Asia”:

Chrysler Windsor Limo (1947), Chrysler Imperial Le Baron (1964), Buick Super Sedan (1949), Chrysler Imperial Crown Coupe (1953), Cadillac Fleetwood Series 75 Limo (1957), ZIL 111 Limo (1961), Imperial Crown 4 Doors Hdtp (1962), Cadillac Fleetwood Series 75 Limo (1964), Chrysler Crown Imperial Limo (1954), Imperial Crown Limo Ghia (1959), dan Oldsmobile 98 Sedan (1963).

Seorang classic enthusiast yang sudah menjelajah ke banyak pameran mobil klasik di berbagai pelosok dunia mendadak speechless, kehilangan kata-kata, saat mendengar “primadona” dalam The 7th Otoblitz Indonesia Classic Car Show 2013 (OICC-Show 2013) adalah 13 Mobil Kenegaraan Soekarno RI-1 Presidential Limo.

“Belum ada sebuah pameran yang mampu mengumpulkan begitu banyak mobil presiden. Saya kira, ini baru pertama kali dan satu-satunya di dunia. Amazing!” katanya, ketika akhirnya kembali bisa berkata-kata.

Indonesia memang “beruntung”, karena memiliki Soekarno, yang di era kepemimpinannya dapat menikmati beragam mobil kenegaraan berkualitas tinggi. Dan, sejauh ini, tak ada data pasti berapa banyak mobil kenegaraan yang pernah dimiliki atau pernah menjadi tunggangan Presiden Soekarno.

Namun, melalui pelacakan yang panjang dan lobby-lobby marathon ke beberapa classic enthusiast yang masih menyimpan dan merawat mobil-mobil tersebut, Azman Osman, selaku Konseptor OICC-Show, akhirnya berhasil mengumpulkan 13 Mobil Kenegaraan Soekarno RI-1 Presidential Limo, dan menghadirkannya dalam OICC-Show 2013.

Dikatakan Azman Osman, “Setelah enam tahun berturut-turut menebarkan virus dan demam mobil klasik ke seluruh masyarakat, serta mengungkap keberadaan mobil-mobil klasik collector items yang menjadi kekayaan bangsa Indonesia, maka sekaranglah saatnya masyarakat melihat langsung kedigdayaan mobil-mobil kenegaraan yang pernah dipakai presiden pertama kita, Soekarno.”

Kendaraan-kendaraan limousine yang dipastikan pernah dipakai Bung Karno dan paling disegani di masanya itu, tampil berdampingan dengan mobil-mobil dan sepeda motor Classic, Youngtimer, Retro, Modern Classic, Classic Sports Car, hingga Future Classic milik para kolektor Indonesia serta mancanegara.

Kehadiran 13 Presidential Limo tersebut memang pas betul dengan tema pameran yang hendak diangkat: Save Our Classic Heritage. “Mobil-mobil klasik yang ada di Indonesia merupakan kekayaan bangsa yang tak ternilai. Dan, kami sejak awal terpanggil untuk menjaga warisan tersebut, untuk kemudian bisa dilestarikan dan diwariskan kepada generasi mendatang,” tambah Azman Osman.

Event akbar ini digagas dan digelar oleh Otoblitz Media Synergy, bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, PPMKI (Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia), IMI (Ikatan Motor Indonesia), pabrikan (APM) otomotif dunia.

Momentum penghujung tahun, ketika masyarakat memasuki “holiday season”, kembali dijadikan saat paling tepat untuk menawarkan atraksi OICC-Show 2013 sebagai kegiatan mendukung program Visit Indonesia Year dan Enjoy Jakarta; di mana event ini selalu menjadi kunjungan rutin classic enthusiast dari mancanegara setiap akhir tahun.

Please follow and like us:

Leave a Reply