Ford Indonesia gelar preview mesin EcoBoost 1.0 liter 3 silinder

IMG_9325

Bertempat di Ice Palace Lotte Shopping Avenue Karet Kuningan Jakarta, PT Ford Motor Indonesia (FMI) hari Selasa, 17/12/13 menggelar acara preview smart technology mesin EcoBoost 1.0 liter berkapasitas 3 silinder. Pastinya mesin ini akan disematkan pada New Fiesta mulai awal 2014, dan oleh karena itu FMI giat melakukan pengenalan mesin EcoBoost ini kepada kalangan media.

Sementara itu SL.com sudah merasakan sendiri bagaimana kehebatan mesin EcoBoost ini dalam ajang test drive New Fiesta mesin EcoBoost 1.0L dengan 3 silinder. Bagaimana selengkapnya pengalaman SL.com dapat disimak melalui artikel ini. Namun demikian SL.com mengulas kembali tentang mesin yang banyak mendapat penghargaan di seluruh dunia, dimana mesin tiga silinder ini memberikan new Fiesta kombinasi ideal dari performa dengan penghematan bahan bakar dan respons yang mulus.

“Mesin EcoBoost 1.0L yang telah dipatenkan, dan telah ianugerahi 2013 International Engine of the Year dan memenangkan penghargaan tersebut sebanyak dua tahun berturut-turut. Mesin tiga silinder ini menggabungkan direct fuel injection, turbocharging dan variable valve timing untuk menurunkan konsumsi bahan bakar tanpa mengorbankan tenaga,” ujar Bagus Susanto, Managing Director PT FMI.

IMG_9307

Bagus Susanto, Managing Director PT FMI

“Mesin ini memang yang terkecil di kelasnya – dan cukup kecil untuk muat di kompartemen bagasi overhead pesawat terbang – tetapi dengan tenaga sebesar 125 PS (92 kW) dan torsi puncak 170 Nm. Mesin ini dapat menyaingi tenaga dan performa mesin bensin 1.6 liter tradisional. Dan torsi puncak tersedia di 1.400 sampai 4.500 rpm, sehingga pengendara dapat memajukan kendaraan dan mendahului kendaraan di depan dengan mudah,” beber Bagus Susanto dalam presentasinya.

“EcoBoost 1.0 liter pada Ford Fiesta dipasangkan dengan transmisi otomatis Ford PowerShift enam percepatan yang canggih. Hal ini menghasilkan penghematan bahan bakar hingga 18,9 km/L dan emisi karbon dioksida hanya 121 g/km,” jelas Bagus.

EcoBoost 1.0 liter menambah anggota keluarga mesin EcoBoost global Ford yang terus bertumbuh, yang meliputi varian empat silinder 1.5, 1.6 dan 2.0 liter, serta dua varian V6 3.5 liter. Teknologi Ford EcoBoost memungkinkan perampingan mesin untuk mendapatkan penghematan bahan bakar hingga 20 persen dibandingkan mesin yang lebih besar tanpa kehilangan performa.

“EcoBoost 1.0 liter adalah mesin tiga silinder pertama Ford dan dirancang di pusat penelitian dan pengembangan perusahaan di Aachen dan Merkenich, Jerman serta Dunton, Inggris. Salah satu fitur yang membedakan mesin ini adalah bagaimana tim teknik dengan cerdik mengatasi getaran yang tidak menyenangkan yang berasal dari jumlah silinder yang ganjil di dalam mesin,” ungkap Rowan S Suhendy, Product & Pricing Strategy Manager yang juga memberikan presentasi kedua.

IMG_9308

Cara tradisional untuk mengurangi daya getaran pada mesin berukuran kecil adalah dengan memasang poros penyeimbang yang berputar berlawanan arah di dalam motor yang menghilangkan sebagian besar getaran. Namun, poros penyeimbang ini berat, mahal, dan mengurangi penghematan bahan bakar.

“Tim Ford dengan sengaja membuat katrol dan roda gila (flywheel) tidak seimbang dengan bobot yang ditempatkan tepat untuk melawan daya getar alami mesin dan mendorong energi ke arah yang kurang sensitif. Pemasangan mesin juga dirancang untuk memisahkan serta menyerap daya getar mesin.¬†Hal ini menghasilkan salah satu mesin paling halus dan paling senyap di jajaran mesin global Ford. Mesin ini hampir tak bersuara dan bebas getaran saat idle,” kata Rowan Suhendy.

EcoBoost 1.0 liter juga menampilkan secara perdana banyak teknologi baru seperti:

  • Turbocharger super-kecil dan berkecepatan tinggi: Mesin ini berputar sampai 248.000 rpm untuk menghasilkan dorongan yang hampir seketika, menjadikan New Fiesta cepat dan menyenangkan untuk dikendarai.
  • Sistem “split-cooling”: Metode ultra-efisien untuk mengelola suhu mesin memungkinkan pendingin mesin untuk mengikuti dua jalur – satu ke blok silinder dan satu ke kepala silinder. Mesin menjadi lebih cepat panas, menghemat bahan bakar, dan mengurangi emisi.
  • Pompa minyak variabel: Pelumasan berdasarkan kecepatan dan beban mesin menghemat energi dengan hanya memberikan jumlah pelumas seperlunya, berbeda dari mesin biasa yang memberikan pelumas pada tingkat yang telah ditetapkan. Pengurangan energi yang terbuang menghasilkan penghematan bahan bakar yang lebih baik.
  • Offset crankshaft: Piston diposisikan dalam silinder untuk efisiensi yang optimal, mengurangi gesekan mesin. Pengendara merasakan respons yang lebih baik dan akselerasi yang lebih cepat untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar.
  • Timing belt mesin yang direndam dalam pelumas: Hal ini mengurangi gesekan dan menurunkan kebisingan dibandingkan dengan sabuk kering. Bagian dalam mesin tersegel erat yang juga berfungsi untuk mengurangi kebisingan. Hal ini menghasilkan mesin yang berjalan lebih senyap bagi pelanggan dan sabuk tidak pernah perlu diganti, sehingga menurunkan biaya kepemilikan.
  • Exhaust manifold terintegrasi: Manifold ini dicetak ke kepala silinder, bukan sekadar ditempelkan seperti pada sebagian besar mesin, sehingga mengurangi berat hampir satu kilogram. Hal ini memastikan campuran bahan bakar dan udara yang optimal dan membantu pemanasan mesin yang lebih cepat. Semua ini meningkatkan penghematan bahan bakar dan mesin yang lebih responsif bagi pelanggan.
  • Sistem pemasangan mesin yang dioptimalkan: Komponen logam dan karet yang menghubungkan mesin ke bodi mobil merupakan hak cipta dan telah dipatenkan. Sistem ini melindungi kerangka kendaraan dari daya getar mesin, menghasilkan kemulusan ekstrem pada semua kecepatan.

IMG_9316

Mesin EcooBoost menghasilkan kesenyapan mesin yang terkemuka di kelasnya. Sebagai contoh, struktur blok besi cor yang sangat kecil dan sangat kaku dan bingkai pemasangan mesin terintegrasi sangat penting dalam menyerap energi suara. Selain merendam timing belt karet bergigi mesin dalam pelumas, fuel injector terisolasi dikendalikan secara elektronis untuk soft landing dan mesin yang dilapisi busa secara kolektif membantu mencegah kebisingan dan getaran agar tidak sampai ke pengendara.

EcoBoost 1.0 liter mendapatkan nilai tertinggi dalam sejarah penghargaan International Engine of the Year tahun ini. Juri dari 87 jurnalis otomotif dari 35 negara di seluruh dunia juga menggelari mesin ini sebagai “Best Engine Under 1.0-liter”. Ford adalah satu-satunya dari tiga produsen mobil yang mencatatkan kemenangan beruntun dalam 15 tahun sejarah penghargaan tersebut.

Please follow and like us:

Leave a Reply