Toyota Avanza, Vios, dan Yaris Raih ICSA Award 2013

Toyota ICS Award 2013

Toyota Avanza, Vios, dan Yaris meraih index kepuasan pelanggan tertinggi dalam ajang tahunan ICSA Award 2013 atau Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2013 yang digelar oleh SWA Sembada dan FRONTIER. Penghargaan pada 2013 menjadi lebih spesial karena Toyota Avanza berhasil mempertahankan predikat kendaraan dengan index kepuasan pelanggan tertinggi dalam segmen MPV selama 3 tahun berturut-turut.

Toyota Avanza berhasil mendapatkan index kepuasan pelanggan paling tinggi untuk kategori Mobil MPV, Toyota Vios dalam kategori Mobil Sedan Kelas Menengah, sedangkan Toyota Yaris untuk kategori Mobil City Car.

Dalam siaran persnya, Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Rahmat Samulo, menyebutkan pelanggan merupakan aset yang tidak ternilai. Oleh karena itu, Toyota berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi pelanggan.

“Kami bersyukur upaya kami mendapat apresiasi oleh beberapa pihak, salah satunya dalam bentuk penghargaan bagi Toyota melalui Toyota Avanza, Vios, dan Yaris yang meraih index kepuasan pelanggan tertinggi. Tentunya, Toyota berterima kasih atas kepercayaan pelanggan dan masyarakat terhadap ketiga produk ini,” kata Samulo.

Toyota mendapatkan penghargaan di 3 kategori ICSA 2013 setelah melalui beberapa tahap penilaian. SWA Sembada dan FRONTIER yang bekerja sama dengan SWANETWORK melakukan riset di 6 kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Riset yang berlangsung dalam periode Agustus—September 2013 tersebut dilakukan terhadap sekitar 100 kategori produk, termasuk otomotif di dalamnya, dan melibatkan lebih dari 7.500 responden.

Dari hasil riset tersebut, Toyota memperoleh index kepuasaan pelanggan tertinggi yang terkalkulasi melalui Indonesian Customer Satisfaction Index yang dihasilkan berdasarkan kepuasan pelanggan. Berdasarkan survey kepuasan pelanggan tersebut, penilaian dilakukan dengan pendekatan Quality-Value-Image-Expectation, dan menghasilkan sebuah angka yang diukur dalam bentuk index.

Toyota selalu menjunjung tinggi kepuasan pelanggan melalui beberapa program yang dipayungi oleh strategi Total Best Ownership Experience. Strategi ini merupakan upaya Toyota untuk memberikan pelayanan terbaik dari tahap pembelian hingga ketika pelanggan memiliki dan menggunakannya. Salah satunya, dengan program-program layanan purna jual sehingga pelanggan tidak hanya merasa puas ketika membeli kendaraan Toyota, tetapi juga setelah memiliki dan menggunakannya.

Leave a Reply