Clio Clarissa Tjonadi, pembalap wanita raih kemenangan di Honda Jazz Speed Challenge

IMG_7984

Clio pembalap wanita kembali berkibar pada balapan penutup Indonesia Series of Motosport (ISOM) 2013. Ia berhasil meraih podium ketia di kelas Rising Star Honda Jazz Challenge. Yang menarik dari Clio adalah bahwa ia merupakan seorang pembalap wanita yang turun dan bersaing ketat dengan para pembalap pria. Wuih.. seorang cewek bro!

Masih berusia 18 tahun dan tentunya punya masa depan yang cerah dalam dunia balap di Tanah Air yang masih minim dengan pembalap wanita. Prestasinya dalam dunia balap ia mulai dari jalur balap gokart.

Wanita kelahiran Jakarta, 25 Juni 1995 yang ditemui SL.com berujar bahwa ia saat ini masih kuliah di Malaysia sebagai mahasiswi di The Otomotif College (TOC) Malaysia dengan mengambil jurusan Motorsport Technology. Memulai balap dari usia 9 tahun di gokart dan sampai saat ini sudah banyak kejuaraan yang diikuti oleh Clio.

“Banyak sih kejuaraan yang sudah saya ikuti, dari kecil hingga usia 16 tahun berlaga di gokart. Balapan tidak hanya di dalam negeri tetapi saya juga banyak berlaga di luar negeri seperti Malaysia, Maccau, dan di Eropa juga pernah saya ikuti,” jelas Clio halaman parkir Sirkuit Sentul Bogor pada Minggu 17/11/13.

Ketika ditanya mengapa ia bisa terjun dalam dunia balapan, iapun mengatakan bahwa orang tuanya dulunya juga pernah mengikuti balapan gokart. “Papa sama kakek dulunya juga pembalap gokart, jadi aku ditawarin juga ikut balapan gokart,” katanya.

Kemenangan Clio di ajang balap Honda Jazz Speed Challenge bukanlah hal yang mudah, iapun harus bersaing ketat dengan pebalap pria. “Tadi balapan seru dan sangat ketat. Aku sempat di posisi kedua, kemudian keambil dengan pebalap lain. Aku berusaha jagat jarak takut kenapa-kenapa dan sempat masuk diposisi kedua lagi. Tapi yang namanya balap memang ketat akhirnya aku kali ini finish diposisi ketiga,” jelasnya.

Dari obrolan singkat, Clio berujar bahwa ia sangat berharap bisa belajar banyak dari pembalap senior, bukan tidak mungkin kedepannya pembalap wanita ini akan diperhitunkan jika selalu meraih prestasi. “Target aku adalah meraih juara nomor satu disetiap balapan. Di balapan Honda Jazz ini cuma aku sendiri pembalap wanita, dan ini seru! Aku pengen juga bisa selevel dengan pembalap pria,” ujarnya dengan semangat.

 

Leave a Reply