AHM bangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Buleleng Bali

AHM_01

Foto menunjukkan Bupati Buleleng (kanan), Putu Agus Suradnyana, ST didampingi Pimpinan Project PLTMH Kab. Buleleng (kiri) dari Universitas Udayana, DR I Made Widiyarta dan Head of Corporate Communication AHM, Kristanto (tengah) sedang menandatangani prasasti kerja sama pembangunan PLTMH di Desa Tamblang, Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali (13/11).

AHM kembali mengimplementasikan komitmennya dalam pemberdayaan masyarakat dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 20.000 watt untuk masyarakat Bali.

Pembangunan PLTMH ini dilakukan dengan memanfaatkan aliran sungai O’ot. AHM membangun saluran pipa pembawa air yang bermuara di sebuah rumah turbin. Di lokasi ini, air menggerakkan turbin yang menghidupkan generator sehingga menghasilkan listrik yang disalurkan ke unit-unit usaha kecil menengah yang ada di Desa Tamblang.

Sumber listrik energi alternatif Pulau Dewata ini merupakan PLTMH ke-4 yang dibangun AHM setelah PLTMH di Kasepuhan Ciptagelar, Sukabumi, dan Pekon Tuguratu serta Banding Agung, di Lampung Barat. PLTMH di Kubutambahan Bali ini dikembangkan oleh AHM bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana.

Peresmiannya dilakukan oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST berlangsung pada Selasa, 12 November 2013, disaksikan jajaran Muspida setempat dan manajemen AHM.

Head of Corporate Communication AHM Kristanto menyatakan upaya mengembangkan energi terbarukan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsiblity (CSR) yang dilakukan dalam upaya kegiatan pemberdayaan masyarakat sekitarnya.

Melalui pembangunan PLTMH ini, AHM berharap dapat mendorong masyarakat di sekitar lokasi pembangkit listrik dapat melakukan aktivitas produktif guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan. Selain itu, masyarakat setempat diharapkan mempunyai rasa kebersamaan dalam pengelolaan dan pemeliharaan PLMTH sebagai aset daerah yang berharga.

“Kami berharap masyarakat lokal dapat memanfaatkan PLTMH ini sebagai sarana menuju kehidupan yang lebih baik, lebih produktif dan mandiri dalam usahanya meraih kesejahteraan. Jika selama ini mereka masih menggunakan energi berbahan bakar fosil namun sekarang sudah menggunakan sumber energi terbarukan dengan Mikrohidro” ujar Kristanto.

Donasi Motor

Sementara itu, pada hari yang sama, AHM juga memberikan donasi 2 unit sepeda motor kepada BLK (Balai latihan Kerja) Yayasan Widya Shanti Dharma – Vishada Ashram di Bedugul. Dengan bantuan unit ini, praktik dan pengembangan keahlian teknik otomotif. para peserta pelatihan di lembaga ini dapat berjalan lebih baik.

Selain bantuan terhadap BLK ini, dalam rangka mengantarkan anak muda agar lebih siap memasuki dunia kerja, AHM telah mendonasikan 62 unit sepeda motor sepanjang tahun ini. Donasi motor ini diberikan kepada SMK yang telah mengimplementasikan kurikulum teknik sepeda motor (KTSM) Honda yang tersebar di hampir setiap provinsi di Indonesia.

Please follow and like us:
Tagged with 

Leave a Reply