Si kekar Ford New Everest disukai kaum wanita…

IMG_7387

Selama 4 hari di akhir bulan Oktober 2013, kembali SL.com mendapat pinjaman mobil milik PT Ford Motor Indonesia, yaitu Ford New Everest XLT warna Sparkling Gold produksi tahun 2013. New Everest ini dijual dengan harga Rp 356.800.000 (On The Road DKI Jakarta) mengusung mesin diesel 2.5L TDCi dengan transmisi manual 4×2. Bagaimana kesan SL.com atas mobil ini?

Tidak banyak yang bisa diungkapkan pasalnya SL.com menggunakan mobil ini hanya di dalam kota saja, dan kebanyakan melewati jalanan macet di Ibukota Jakarta. Yang pasti mobil ini terasa bongsor alias besar juga tinggi. Terasa berbeda ketika mobil berada di parkiran pada beberapa lokasi gedung, yakni mobil terlihat agak sedikit lebih panjang dan lebih lebar dibandingkan dengan mobil-mobil lainnya.

Nah.. enaknya mengemudikan mobil Ford New Everest di jalan raya terasa lebih jantan, hal ini membuat pengemudi lebih percaya diri. Awalnya takut-takut akan menyenggol pengguna jalan raya yang lain, terutama menghadapi seliweran sepeda motor, tapi lama-lama rasa percaya diri akan semakin meningkat dan mengemudikan mobil inipun semakin lega dan bebas. Ngga percaya silahkan dicoba.. 🙂

New Everest bisa dikategorikan sebagai mobil keluarga SUV (sport utilty vehicle) yang dapat memuat 7 penumpang (2-3-2) khususnya bagi mereka menginginkan mobil lega atau rasa lapang. Pasalnya mobil memiliki dimensi Overall Length (mm) 5,060; Overall Width (mm) 1788; Overall Height (mm) 1826; Wheelbase (mm) 2860.

Generasi Ford Everest di Indonesia sudah beredar sejak tahun 2002 berbarengan dengan berdirinya Agen Tunggal Pemilik Merek (ATPM) Ford di Indonesia melalui perusahaan PT Ford Motor Indonesia. Saat itu Ford mulai mengukuhkan dirinya sebagai pemain mobil asal Amerika, selain memasarkan Everest juga Ranger yang mana keduanya sampai saat ini masih eksis di pasar otomotif nasional.

Desain Kekar

Menurut SL.com bodinya kini semakin semakin fresh dibandingkan model lama yang masih kotak-kotak bersiku. Pada bagian depan seperti headlamp, grill dan bumper kini sudah banyak lengkungan. Perubahan ini tentunya menunjukkan New Everest semakin modern mengikuti perubahan jaman walaupun masih tersirat nama Everest yang sudah cukup lama.

Kesan kekar terlihat dari bodinya yang tinggi, sedangkan kesan semok (padat berisi) dapat dilihat dari siluet bodi samping. Sosoknya dari belakang juga kelihatan kokoh, besar dan tinggi, terpasang ban cadangan dipintu yang sudah menjadi ciri khas Everest dari generasi sebelumnya. Spoiler yang terpasang di bagian atap menambah kesan sporty dan modern.

Ketika SL.com masuk kedalam kabin, tampilan dashboardnya terasa kurang modern dibandingkan dengan varian Ford lainnya seperti New Focus, New Fiesta dan New Ranger. Head unit maupun panel AC dibagian tengah pun terkesan biasa-biasa saja atau bisa dibilang kurang atraktif.

Namun kelebihannya pada kursi baris kedua, penumpang dimanjakan sistem audio video dengan layar LCD 7 inchi yang terpasang di bagian belakang headrest kursi depan. Hal ini tentu saja dapat menghibur para penumpangnya. Kemewahan lainnya adalah joknya sudah dilapisi bahan kulit, demikian pula bagian setir dan door trim.

Ketika duduk sebagai pengemudi, maupun sebagai sebagai penumpang didepan atau belakang, yang paling dirasakan oleh SL.com adalah kelegaan dan rasa lapang. Benar-benar terasa sebagai mobil Amerika yang memang pas diperuntukkan bagi penumpang yang memiliki badan besar (diatas rata-rata badan orang Indonesia).

Bagi pengemudi yang menyukai musik, bakal puas menikmati lagu-lagu pilihan pasalnya sistem audionya bisa dipairingkan dengan smartphone dengan koneksi bluetooth. Selain itu ada colokan USB Flash Disk di sistem audinya untuk melengkapi kebutuhan tambahan koleksi lagu yang kini semakin nge-trend. Belum lagi ada tuas volume dan penyetelan lainnya di bagia setir yang akan memberikan kenyamanan pengemudinya.

Layar audio akan membantu pengemudi ketika tuas persneling dipindahkan ke-posis R (rear) atau mundur. Soalnya New Everest ini dilengkapi dengan rear camera dan sensor parkir yang berbunyi memberikan tanda. Ketika bergerak mundur maka pengemudi dibantu dengan layar untuk melihat bagian belakang, jangan kuatir sensor parkir juga akan ikut membantu memberikan peringatan jika ada benda yang sudah dekat dengan bodi mobil.

Performa dan Tenaga

Bicara soal performa mesin dan tenaga New Everest ini, tak perlu disangsikan lagi. Mengusung mesin Turbodiesel Duratorq TDCi dengan kapasitas 2.500 cc dan mampu menyemburkan tenaga 143 dk dengan torsi 330 Nm. Walupun yang dipakai oleh SL.com adalah tipe XLT M/dengan transmisi 5-speed manual, tapi dapat dirasakan tenaganya yang cukup responsif dan siap melaju dengan kencang.

Berhubung lebih banyak melintas di jalanan macet, dan bermain di rpm rendah, SL.com merasakan tarikan mesin lumayan bagus, spontan dan menyentak. Saat masuk di  jembatan layang arteri Prapanca-Cipete-Cilandak sempat digeber hingga kecepatan 120 km/jam walaupun injakan gas masih bisa ditekan lagi. Jalan layang baru tersebut bergelombang sehingga ayunan mobilpun sangat terasa.

Kekurangan dari New Everest ini adalah tuas rem tangan yang masih model lawas, berbentuk tongkat yang terpasang dibawah dashboard. Ini mengigatkan SL.com pada jaman naik Toyota Kijang di era tahun 1980 an. Tuas rem tangan terasa menyulitkan pengemudi ketika digunakan, yaitu harus lebih dulu diputar dan ditarik. Demikian pula ketika mau dilepas dimana badan pengemudi pun harus maju dan menunduk.

Ngomong-ngomong, biar kata dibilang ini mobil besar ternyata New Everest sangat disukai kaum wanita! Sosok wanita disini, bukan saja menjadi penumpangnya, tapi mereka malah lebih suka menjadi pengemudinya. Salah satunya adalah istri SL.com sendiri yang mendominasi pemakaian New Everest dalam uji coba selama 4 hari. Katanya sih keren.. 🙂

IMG_7392

 

ALBUM FACEBOOK

Ford New Everest
Seri Transmisi Price (on the road – Jakarta) IDR
New Everest TDCi 4×2 MT XLT Manual Rp. 356.800.000
(On the road – Jakarta)
New Everest TDCi 4×2 AT XLT Automatic Rp. 371.700.000
(On the road – Jakarta)
New Everest TDCi 4×2 AT LTD Automatic Rp. 388.500.000
(On the road – Jakarta)
New Everest TDCi 4×4 MT 10-S Manual Rp. 435.500.000
(On the road – Jakarta)
Please follow and like us:

Leave a Reply