Dealer Ford yang pertama di Myanmar resmi dibuka

Ford Myanmar Exterior 2

4 Oktober 2013. Ford Motor Company rayakan pembukaan resmi dealer pertama Ford di Myanmar. Terletak di Yangon, pusat komersial Myanmar, fasilitas canggih baru ini secara resmi menetapkan kehadiran merek dan kendaraan global Ford di negara yang berkembang pesat ini.

Pada bulan April, Ford menjadi produsen mobil global pertama yang mengumumkan masuknya Ford secara resmi ke Myanmar melalui kesepakatan dengan RMA Group, pakar pasar berkembang yang beroperasi di Asia dan Afrika, dan Capital Automotive Ltd., anak perusahaan dari konglomerat terkemuka Myanmar, Capital Diamond Star Group.

“Bersama dengan RMA Group and Capital Automotive, kami sangat senang dan berkomitmen untuk melayani pelanggan di Myanmar dengan kendaraan Ford kelas dunia dan pengalaman kepemilikan yang tak tertandingi,” kata David Westerman, Regional Manager, Asia Pacific Emerging Markets Group, Ford Motor Company.

Dibangun berdasarkan standar desain dan operasional global Ford, fasilitas baru seluas 2.600 meter persegi ini mencakup showroom berisikan 12 kendaraan dan kemampuan servis untuk 12 kendaraan. Dealer ini terletak di Insein Road di pusat kota Yangon.

“Setiap aspek dari fasilitas ini telah dirancang dan dibangun untuk memberikan pengalaman pelanggan yang terkemuka di industrinya – yang sangat penting bagi Ford, terutama di sini di Myanmar, yang bagi banyak orang, sebuah kendaraan Ford baru akan menjadi kendaraan pertama yang pernah mereka miliki,” jelas Westerman.

Acara pembukaan ini memamerkan kendaraan Ford yang telah tersedia di Myanmar, termasuk pemenang penghargaan, all-new Ranger dan model ikonis Amerika Serikat, seperti Taurus dan Explorer.

“Dalam beberapa bulan mendatang, pelanggan Myanmar akan melihat showroom penuh mobil, truk dan SUV global Ford, yang mewakili semua segmen kendaraan,” jelas Westerman.

Kendaraan ini akan diambil dan diimpor dari fasilitas produksi global Ford, termasuk Amerika Utara, Eropa dan Thailand.

“Kami berencana untuk memperluas dengan fasilitas di pasar lain di seluruh negeri ini bersamaan dengan pertumbuhan bisnis, dengan tujuan untuk dengan cepat membangun keberadaan penjualan, servis dan suku cadang nasional,” kata Ko Ko Gyi, pemilik sekaligus Managing Director Capital Diamond Star Group.

Ford Tawarkan Garansi Terkemuka di Industrinya
Hari ini Ford juga mengumumkan bahwa garansi dasar produsen untuk seluruh kendaraan Ford yang dijual di Myanmar akan menjadi yang terdepan di industrinya, yaitu lima tahun/100.000 kilometer.

“Tingkat jaminan yang belum pernah ada ini memperkuat komitmen Ford untuk memberikan pengalaman kepemilikan terbaik kepada konsumen. Hal ini benar-benar menunjukkan bahwa kami membawa kendaraan Ford global kami ke Myanmar,” ujar Westerman.

Memberikan Pelatihan Keterampilan
Sejak mengumumkan masuknya Ford ke Myanmar pada bulan April lalu, Ford telah menekankan komitmennya untuk berinvestasi dalam melatih sumber daya dan mendatangkan tenaga ahli teknis untuk memberikan pelatihan keterampilan bagi karyawan teknisi, penjualan dan layanan.

Untuk mendukung upaya ini, 25 tahun pengalaman otomotif RMA Group dimanfaatkan dengan bekerja sama dengan Ford untuk menyediakan sumber daya pelatihan kelas dunia untuk membangun sebuah tim yang dipersiapkan untuk keberhasilan jangka panjang di pasar ini.

Hal ini termasuk pengiriman calon teknisi untuk program kerja Teknisi Ford selama sebulan penuh di fasilitas pelatihan canggih RMA Academy di Laem Chabang, Thailand.

“Bersama dengan RMA Group dan Capital Automotive, Ford berkomitmen untuk mengembangkan tenaga kerja teknisi otomotif, manajemen dan penjualan terampil,” jelas Westerman. “Dibimbing oleh para ahli kami di Ford dan RMA Group, karyawan ini merupakan awal yang fantastis untuk Ford di Myanmar.”

Kurikulum Akademi mencakup berbagai macam layanan dan keterampilan, mulai dari mempelajari cara melaksanakan servis rutin sampai kebutuhan perbaikan yang lebih canggih yang ditemui pada pekerjaan. Para calon teknisi ini juga dilatih dalam elektronik dan pengukuran yang diperlukan teknisi otomotif.

Selain itu, Ford baru-baru ini mengirimkan pelatih manajemen dan penjualan yang berpengalaman dari Amerika Serikat untuk menyediakan pelatihan kepada staf tentang standar layanan pelanggan global Ford.

“Kami berencana untuk melakukan investasi berkelanjutan yang membantu mendukung pembangunan ekonomi dan sosial di Myanmar, yang meliputi pelatihan keterampilan profesional dan pengembangan karier bagi karyawan kami. Bersamaan dengan bertumbuhnya bisnis, kami memperkirakan kenaikan permintaan atas karyawan dan teknisi yang lebih berkualitas, dan lebih banyak karier yang akan bermunculan,” kata Kevin Whitcraft, CEO RMA Group. “Jenis kontribusi yang berarti ini akan membantu mendorong potensi dan kesempatan yang luar biasa di Myanmar.”

Peluang ASEAN
Masuknya Ford ke Myanmar akan membantu mendukung strategi pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan untuk kawasan ASEAN, yang mewakili populasi gabungan sebesar 600 juta.

“Hal ini merupakan langkah terbaru dalam ekspansi agresif Ford Motor Company di Asia Pasifik, dan akan membantu kami untuk semakin mewujudkan kesempatan di kawasan ASEAN,” kata Matt Bradley, Presiden Ford ASEAN.

Ford saat ini mengalami ekspansi industri terbesar dalam lebih dari 50 tahun dan mengantisipasi bahwa sekitar 60-70 persen dari pertumbuhan global pada tahun 2020 akan terjadi di kawasan Asia Pasifik.

Please follow and like us:

Leave a Reply