Sentuhan Cynthia Tan dalam Busana Zoom-Zoom Girl Mazda di IIMS 2013

Sentuhan Tangan Cynthia Tan dalam Busana Zoom Zoom Girl Mazda-23 September 2013-1

23 September 2013. PT Mazda Motor Indonesia (MMI) dengan bangga menghadirkan salah satu desainer muda Indonesia yang merupakan young and vibrant designer Mazda, Cynthia Tanujaya atau lebih dikenal dengan panggilan Cynthia Tan, untuk turut memeriahkan perhelatan acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013.

Khusus untuk hajatan akbar otomotif ini, Cynthia Tan mempersembahkan rancangannya bagi Zoom-Zoom Girl Mazda melalui konsep tiga dimensi dengan menggabungkan tiga warna netral – putih, hitam, dan abu-abu.

Menurutnya, konsep desain yang dipilih kali ini merupakan hasil perpaduan dari karakteristik Mazda yang sama-sama mengedepankan elemen-elemen futuristik dan modernitas, seperti terefleksi dalam produk-produk Mazda yang identik dengan kecanggihan teknologinya.

Adapun materi busana yang digunakan adalah duchess dan kulit (leather) yang dijahit dengan teknik topstitching. Duchess digunakan untuk menampilkan tekstur kain yang mengkilap, sementara materi kulit berfungsi untuk memberikan kenyamanan maksimal, seperti performa yang selalu dipersembahkan oleh produk Mazda bagi penggunanya.

Sentuhan Tangan Cynthia Tan dalam Busana Zoom Zoom Girl Mazda-23 September 2013-2

Memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengan MMI pada acara berskala besar ini memberikan kesan tersendiri bagi Cynthia Tan. Sebagai seorang desainer yang terbiasa merancang pakaian sesuai pesanan (made by order), ia mengakui bahwa merancang dan memproduksi 34 buah kostum, yang terdiri dari 17 buah dress dan 17 buah jumpsuit, dalam waktu dua minggu adalah sebuah pengalaman baru yang menantang baginya.

Meski demikian, tantangan ini berhasil dilaluinya, terbukti dari kesuksesannya menyelesaikan seluruh busana yang dikenakan Zoom-Zoom Girl selama IIMS berlangsung. Cynthia mengatakan bahwa dirinya sangat senang dapat menjadi satu dari tiga young and vibrant designers yang dipilih oleh MMI.

“Ini merupakan suatu kesempatan yang berharga karena dengan demikian karya saya sebagai desainer muda di industri fashion Indonesia dapat lebih dikenal publik melalui bantuan rekan-rekan media,” lanjutnya.

Terkait dengan hal ini, Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager PT. Mazda Motor Indonesia menjelaskan bahwa terlibatnya Cynthia Tan dalam acara ini merupakan bentuk komitmen Mazda dalam mengembangkan industri fashion Indonesia, sejalan dengan fokus utama Mazda yang selalu menampilkan desain cutting edge dalam setiap detil produknya.

Profil singkat Cynthia Tan

Cynthia Tanujaya merupakan desainer muda yang lulus dari sekolah desain ternama, Esmod Jakarta. Pada tahun 2011, ia mengikuti Lomba Perancang Mode dan berhasil meraih posisi second runner up. Pada Jakarta Fashion Week 2013, ia terpilih sebagai salah satu young and vibrant designer PT Mazda Motor Indonesia.

Lebih lanjut, desainnya yang futuristik dan berkualitas dengan ciri khas penggunaan materi kulit berhasil mengantarkannya dalam meraih Golden Needle Award, suatu penghargaan khusus dari Esmod Paris bagi siswa terbaik dalam hal desain, pola, dan sebagainya) pada Esmod Graduation Show.

Leave a Reply