Fun Vii Smart Vehicle Mobility Sebagai Wujud Inovasi Teknologi Tanpa Batas

IMG_5576

23 September 2013. Sebagai wujud komitmen dalam hal inovasi pengembangan produk dan teknologi terbaik, Toyota mengembangkan mobil konsep, Fun Vii, yang dihadirkan sebagai special exhibit pada IIMS 2013 ini. Fun Vii merupakan mobil konsep yang memiliki panel eksterior yang berfungsi sebagai layar display digital, dan nuansa interiornya yang dapat disesuaikan dengan mood pengemudi.

Sebagian besar aspek dari Fun Vii ialah dapat berinteraksi dengan internet serta dikontrol melalui sebuah smartphone, tidak saja hanya karena layar LED raksasa di bagian eksteriornya yang bisa berubah – ubah penampilan, tapi Fun Vii juga dikembangkan untuk dapat terkoneksi dengan infrastruktur, panduan jalan, serta kendaraan lainnya.

IMG_5578

“Fun Vii merupakan sebuah kendaraan yang memadukan unsur sebuah mobil, smartphone, dan entertainment console, sehingga mampu menyajikan pengalaman berkendara yang sangat berbeda. Hal tersebut tergambar dari nama Fun Vii itu sendiri, yang berarti Fun Vehicle Interactive Internet,” ujar Johnny Darmawan.

Fun Vii memiliki beberapa teknologi unggulan, yang paling utama ialah kemampuannya untuk mengubah konten yang ditampilkan pada eksterior dan interior dengan kemudahan yang sama seperti saat mengunduh aplikasi sehingga memungkinkan kendaraan sebagai alat untuk menampilkan pesan atau informasi lainnya kepada orang lain.

IMG_5579

Fun Vii dilengkapi dengan layar LED di bagian eksterior sehingga memungkinkan pemiliknya mengubah warna atau tema sesuai yang diinginkannya. Selain itu, Fun Vii juga dapat digunakan sebagai media penerima gambar atau foto untuk ditampilkan secara langsung di body nya.

Seluruh bagian interior Fun Vii juga dapat digunakan sebagai alat untuk menampilkan pesan, dimana interiornya dapat disesuaikan secara bebas untuk menyesuaikan dengan suasana hati pengemudinya saat itu. Penggunaan augmented reality menjadikan konten seperti navigasi dapat dipadukan ke dalam interior. Selain itu, navigation concierge pada Fun Vii dapat menyediakan informasi dan panduan berkendara bagi pengemudi dan penumpang melalui vocal interface.

IMG_5583

Selain itu, sebuah fungsi update yang dimiliki oleh Fun Vii memastikan software untuk mengemudi, mengatur, dan sistem multimedianya selalu up to date. Fun Vii juga dapat terhubung dengan kendaraan dan infrastruktur di sekelilingnya, yang memungkinkan untuk mendeteksi kendaraan lain yang berpotensi berbahaya atau terhubung dengan teman – teman yang mengemudi di dekatnya.

Layaknya sebuah smartphone, Fun Vii akan melakukan verifikasi terlebih dahulu dengan cara pengenalan wajah sebelum Fun Vii dapat dikemudikan. Prosedur keamanan juga dilakukan untuk mencegah serangan malware atau upaya kejahatan lainnya.

IMG_5584

Dengan segala fitur canggih yang dimilikinya, pengoperasian Fun Vii tidak hanya terbatas dalam kendaraan itu sendiri, tapi juga melalui sebagian dari fungsi akses kendaraan yang dapat diakses secara jarak jauh melalui smartphone atau perangkat komunikasi lainnya.

ALBUM PHOTO

One thought on “Fun Vii Smart Vehicle Mobility Sebagai Wujud Inovasi Teknologi Tanpa Batas

  1. ramah lingkungan gak?

Leave a Reply