Driving Experience Ford New Fiesta – Semakin Lincah

IMG_4424

16 September 2013. Ford New Fiesta sebagai mobil terbaru milik PT Ford Motor Indonesia (FMI) baru akan resmi diluncurkan hari Kamis, 19 September 2013 di ajang pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 di Jakarta Expo Kemayoran, Jakarta. Beruntung SL.com telah mencoba New Fiesta wara-wiri di Jakarta hingga menjajal ke Sentul Bogor diakhir pekan (Jumat-Sabtu-Minggu, 13-15 September 2013).

New Fiesta adalah generasi kedua dari Ford Fiesta yang sudah dikenal oleh masyarakat luas sejak pertama kali diperkenalkan pada IIMS 2010. Sukses penjualan Fiesta di banyak negara termasuk Indonesia membuat perusahaan asal Amerika Serikat ini terus berinovasi dan menciptakan model-model terbaru yang dilengkapi dengan perangkat-perangkat teknologin terkini.

Perubahan utama dari New Fiesta ini adalah tampilan bodi pada bagian depan yang lebih keren, dimana grill depan kini semakin besar dan lebar dibandingkan dengan generasi sebelumnya. SL.com memberikan istilah tampang New Fiesta ini seperti ikan hiu yang sedang mangap atau menganga (membuka mukut besar-besar).

IMG_4423

New Fiesta yang dipakai SL.com dibekali mesin 1.5Liter Ti-VCT yang mampu memberikan tingkat konsumsi yang memuaskan, baik perjalanan di dalam kota dan luar kota. Singkat kata irit, namun sayang SL.com tidak mengukur secara akurat, tapi hanya melihat dari jarum ukur di panel instrument sesuai isian 25 liter bensin dibandingkan dengan jarak tempuh.

Sekedar info, biasanya Ford menggelar acara Fuel Efficiency untuk setiap produk terbarunya bersama para wartawan. Pada generasi Fiesta pertama pernah dilakukan kegiatan uji keiritan (full efficiency) menempuh jarak dari Jakarta – Semarang dengan hasil 23.19 km/liter. Nah.. semoga New Fiesta ini akan di uji coba apakah hasil uji keiritan akan lebih baik, atau sebaliknya.

Performance mesin New Fiesta ini bisa dibilang sangat memuaskan. Bicara soal tarikan dengan mesin otomatisnya terasa mantap. Mobil lari kencang dengan lincahnya. Sekali-kali SL.com meng-gas lebih dalam untuk menjauhi mobil belakang yang ingin mendekat, apalagi saat di jalan tol sangat terasa tarikan mobil yang begitu cepat dan lincah.

IMG_4417

Keunggulan Fiesta sejak generasi pertama adalah memiliki fasilitas audionya dengan voice command. Dengan adanya smartphone yang kini semakin canggih, maka New Fiesta ikut pula menyesuaikan diri dengan sistim audio yang memungkinkan pengemudi bisa menyetel musik secara hands-free.

New Fiesta memiliki sambungan untuk music player, iPod, atau USB drive. SYNC™ yang kompatibel dengan semuanya. Pengemudi hanya Search, Play berdasarkan nama artis, nam album atau track, atau Shuffle. Atau kebiasaan SL.com bersama keluarga adalah menggunakan bluetooth dan pairing device (tanpa kabel) dan lagu-lagu pilihan yang ada di smartphone dapat diputar sesukanya.

Fitur baru New Fiesta ini adalah dibekali dengan Hill Launch Assist yang membantu pengemudi melewati tanjakan. Tak perlu kuatir di tanjakan, karena fitur Hill Launch Assist ini akan mencegah kendaraan meluncur turun. Gas dan pedal rem bisa dilepas saat tanjakan/turunan, sementara secara otomatis fitur ini akan bekerja.

IMG_4431

Yang tak kalah menarik, New Fiesta ini memiliki Keyless Entry dengan Push-button Start, artinya pintu Fiesta Anda akan langsung terbuka ketika kita menarik gagangnya (sambil jempol tekan tombol hitam di gagang pintu), selama kunci remote (key fob) berada di saku atau tas kita. Selanjutnya kita hanya tinggal menginjak pedal rem, menekan tombol start dan jalankan mobil.

Ketika hujan mulai turun, mendadak wiper bekerja. Ternyata New Fiesta sudah dilengkapi dengan sensor hujan yang akan bekerja secara otomatis dan menyesuaikan kecepatan sapuan tergantung tingkat curah hujan. Auto Headlights juga akan hidup secara otomotis jika sensor merasa tidak ada cukup cahaya sehingga kita bisa melihat dengan jelas apa yang ada di depan.

Ya.. SL.com dapat memberikan kesimpulan bahwa fitur-fitur baru New Fiesta adalah turunan dari All New Focus. Yang belum ada hanya fiitur Car Parking Assistnya. Namun demikian New Fiesta memiliki sensor-sensor warning (peringatan) ketika kita mundur atau benda yang sudah mendekat ke New Fiesta.

IMG_4435

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

One thought on “Driving Experience Ford New Fiesta – Semakin Lincah

  1. […] SL.com tidak lagi membahas segi teknik dari kendaraan New Fiesta, sebab pada artikel ini sudah cukup dijelaskan beberapa kelebihannya. Dan pada halaman ini SL.com hanya berbagi cerita atau […]

Leave a Reply