Touring Menggunakan Ban Michelin Pilot Street Radial

IMG_2678

13 September 2013. Pada hari Selasa, 4 September 2013 yang lalu saya (Bro Ryam Garry) melakukan touring dari Jakarta – Lembang untuk menguji kembali ban Michelin Pilot Street Radial. Setelah sebelumnya mencoba di dalam Jakarta (artikel ini), kali ini saya mencoba perjalanan ke Lembang dengan tujuan Floating Market Lembang.

Pertama-tama persiapan yang saya lakukan adalah dengan menservice terlebih dahulu motor saya, mengganti oli, cek rem, menambah tekanan angin (nitrogen), dan tentu saja istirahat yang cukup agar fisik kuat karena perjalanan akan saya tempuh dalam 1 hari saja.

Berangkat pagi pada pukul 10.00 dan jalur yang saya pilih adalah Parung – Bogor – Puncak – Cipanas – Cianjur – Cimahi – Lembang dengan total jarak tempuh yang saya hitung dari berangkat sampai pulang kembali kerumah 330.6 Km. Jalur ini saya pilih karena pemandangannya yang bagus.

Dengan percaya diri  membawa motor saya Honda New Megapro, kecepatan rata-rata saya 70 – 100 Kmh. Kali ini saya tidak sendiri, ditemani dengan pacar saya sekaligus ingin mencoba disaat melewati jalur puncak yang mendaki karena ban yang saya gunakan ukuran besar, rantai standar pabrikan. Saat saya mencoba di jalan Jakarta, saya tidak merasakan berat saat berkendara maka dari itu saya ingin mencoba disaat melewati jalur puncak dan juga saat menuju Lembang dimana jalur dari Cimahi – Lembang sepanjang jalan menanjak.

IMG_2668

Jalur yang bisa saya lewati dengan kecepatan tinggi 90-110 Kmh adalah jalur Parung – Bogor dan Cianjur – Cimahi. Karena jalur ini tidak banyak kendaraan yang melewati sehingga saya bisa memacu motor saya. Yang saya rasakan ban ini, sangat stabil disaat berkendara dengan kecepatan tinggi. Dengan lapisan pengaman yang melingkupi bagian dalam ban, memberikan stabilitas yang baik saat berkendara dengan kecepatan tinggi, baik pada lajur lurus maupun saat berkelok-kelok.

Daya tarik dan cengkraman ban benar-benar saya rasakan sangat baik sepanjang saya riding. Lapisan rangka dan lapisan pengaman pada ban Michelin Pilot Street Radial ini disusun secara terpisah. Hal ini yang mampu mengoptimalkan ban. Saat ingin menyalip kendaraan, jalan yang berbelok-belok saya merasakan fleksibilitas sisi ban membuat kenyamanan saat berkendara.

Area kontak permukaan ban yang luas meningkatkan daya tarik dan cengkraman serta mengurangi tingkat keausan ban, hal ini membuat saya merasakan kenyamanan dan keamanan akan berkendara motor sepanjang jalan menuju Lembang.

Saat memasuki jalur Puncak, saya tidak memacu motor dengan kecepatan tinggi karena ingin menikmati keindahan alam perkebunan teh, gunung, dan udara yang dingin dan sejuk. Saya juga merasakan agak sedikit berat saat di jalur puncak terutama jalan yang mendaki. Mungkin dengan 2 penumpang, terutama badan saya yang sedikit gemuk, dan box yang full berisikan barang yang saya bawa, membuat berat saat dijalan.

Jujur, saya sangat merasakan ketangguhan, daya cengkraman grip ban Michelin Pilot Street Radial ini disaat menikung melewati jalan berbelok-belok dipuncak. Kondisi jalanpun tidak begitu mulus, tapi kekuatan grip bisa saya rasakan.

IMG_2709

Seperti yang saya bilang sebelumnya, dengan kecepatan tinggi ban bisa meredam tekstur permukaan jalan. Saya bisa melihat tekstur jalan agak sedikit tidak rata, bergelombang dan ini yang saya rasakan seperti melewati jalan mulus. Dan disaat masuk jalur Cianjur, saya mencoba lewat jalan yang sedikit berlubang dan wooww.. saya tidak merasakan seperti kena jalan berlobang, benar-benar tidak terasa, mantapp!

Sesampai di Lembang  pada pukul 16.00, saya langsung menuju tempat wisata Floating Market Lembang sekaligus beristirahat sekitar 2 jam, kemudian bergegas pulang pada pukul 18.00 agar tidak terlalu malam sampai rumah.

Perjalanan pulang saya lewat jalur yang sama, dan saat melewati jalur Cianjur dan Bogor kondisi jalan saat itu basah habis hujan. Grip ban saya rasakan sangat baik disaat melewati jalan berbelok-belok dan saat melakukan pengereman tidak licin terasa layaknya berkendara di jalan yang kering. Dengan design khusus pola tapak ban untuk mencengkram jalan dan mengalirkan air serta dengan menggunakan 100% komponen silica pada bahan baku ban.

Benar-benar ban Michelin Pilot Street Radial ini terbukti ketangguhannya, dan saya sendiri sudah merasakan langsung ketangguhan dari ban ini, baik didalam Jakarta maupun keluar Jakarta. Dengan menggunakan Ban Michelin Pilot Street Radial ini, kita tidak perlu khawatir lagi saat berkendara. Kita akan merasakan aman, nyaman dan ketahanan usia ban. Silahkan dibuktikan sendiri bro..

2 thoughts on “Touring Menggunakan Ban Michelin Pilot Street Radial

  1. […] 12 September 2013. Mendengar kata Pasar Apung pasti yang kita tahu adanya hanya di daerah Kalimantan ataupun di luar Indonesia yaitu di Thailand, Kamboja, dan Vietnam. Bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin menghabiskan waktu liburan di Bandung bisa berkunjung dan menikmati Floating Market Lembang, di Jl. Grand Hotel No. 33 E, Lembang. Floating Market Lembang ini memang menjadi tujuan touring saya dari Jakarta (artikel ini). […]

  2. bales ya gan says:

    pake velg ori bawaan pabrik gan? (1,85 x 2,50) , mungkin agak sedikit donat ya. ini michelin ga ngeluarin rekomendasi ukuran ban, padahal tiap merk ban punya dimensi berbeda dan rekomendasi ukuran yg berbeda juga -__-

Leave a Reply